Anda pengunjung ke :
47657161
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S3

Nama Prodi :S3 Ilmu Kedokteran
Ketua Prodi: Prof. Dr. Suradi.,dr. Sp.P(K) MARS.
Website : http://s3ilmukedokteran.fk.uns.ac.id
Email : s3ilmukedokteran@fk.uns.ac.id

Pengantar

PSIK (S-3) Pascasarjana UNS adalah program akademik jenjang strata tiga (S-3) yang bertujuan menghasilkan lulusan dengan karakter berintegritas tinggi sebagai seorang ilmuwan, bersikap terbuka dan selalu tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan terutama yang terkait dengan ilmu kedokteran, serta mampu menguasai teori dan keterampilan khusus yang diperlukan untuk menghasilkan temuan baru melalui telaah dan riset. Oleh karena itu, PSIK (S-3) Pascasarjana UNS berorientasi pada pencapaian dan pengendalian mutu (quality control) akademik yang tinggi, dan mempunyai landasan pengembangan instrumen proses pendidikan doktor dengan tiga karakteristik utama:

  1.   Atribut lanjut (advanced).
  2.   Atribut terfokus (a discrete body of knowledge).
  3.  Atribut kecendekiawanan (scholarly).

Visi

Menjadi Program Studi Jenjang Doktor (S-3) Ilmu Kedokteran Bereputasi nasional dan Internasional, Menghasilkan Lulusan yang Memiliki Unggulan Kompetitif di Bidang IPTEKDOK dan Berahlak Mulia dalam Kemanusiaan

  1. Melaksanakan program studi S3 yang relevan dan akuntabel sesuai dengan perkembangan ilmu kedokteran dan kebutuhan masyarakat yang berazaskan good governance
  2. Menyelenggarakan program studi S3 yang bermutu tinggi dan menghasilkan lulusan yang berorientasi IPTEKDOK dan mempunyai kemampuan manajerial.
  3. Mengembangkan Ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran melalui penelitian dasar, klinik, dan komunitas untuk menunjang pengabdian dalam rangka peningkatan kesehatan masyarakat.

Fasilitas

  1. Gedung dan Ruangan
    • Gedung Pascasarjana UNS dimanfaatkan untuk ruang pengelola, ruang kuliah, laboratorium komputer, perpustakaan, ruang dosen, ruang administrasi dan ruang lainnya.
    • Mahasiswa PPs UNS juga dapat ruang kuliah /laboratorium di fakultas atau di UPT Laboratorium terpadu UNS untuk keperluan penyelesaian studinya dengan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.
  2. Sarana Pembelajaran
    • Setiap ruang kuliah harus tersedia fasilitas sarana dan prasarana, minimal, yakni kursi kuliah, AC, LCD, dan jaringan Wifi.
    • PerpustakaanPPs UNS minimal menyediakan koleksi buku, layanandi intergrasikan ke pusatE-Books dan E-Journal, meja baca dan jaringan wifi.
  3. Laboratorium
    • Mahasiswa dapat mengakses layanan di UPT laboratorium terpadu UNS dan laboratorium Program Studi /fakutas, lab komputer multi media, laboratorium Ilmu komunikasi, laboratorium sistem belajar mandiri, laboratorium uji kualitas perairan, laboratorium meteo klimatologi, laboratorium bahasa, laboratorium biokimia, fisiologi, anatomi, histologi, parasitologi, patologi klinik, dan patologi anatomi, dll. di lingkugnan UNS sesuai kebutuhan dalam rangka penyelesaian tesis dan disertasi
    • Ijin penggunaan fasilitas hanya diberikan pada mahasiswa aktif atau yang telah menyelesaikan kewajiban administrasi dan akademiknya.
  4. Hotspot areaHotspot area di lingkungan PPs UNS dapat diakses 24 jam dan digunakan secara bebas oleh mahasiswa

Kompetensi Utama:

 

Kompetensi Utama lulusan adalah menjadi pakar dalam bidang ilmu kedokteran yang bereputasi internasional, kompeten di bidangnya dan berakhlak mulia dalam kemanusiaan (kompetensi yang dimiliki  sesuai dengan peminatan masing-masing mahasiswa yang mana untuk Prodi PSIK (S3) Pascasarjana mempunyai lima peminatan yaitu 1) Manajemen Penyakit Tropik dan Infeksi, 2) Psikoneuro-imunologi, 3) Patobiologi dan Patomekanisme, 4) Kedokteran Komunitas, 5) Herbal Medicine).

Penilaian kurikulum dilihat dari perkembangan IPTEK dan permasalahan penelitian dilihat dari masalah yg ada di masyarakat. Proses pelaksanaan dan persyaratan kelulusan calon Doktor PSIK, persyaratan penguasaan bahasa Inggris (TOEFL= 500/ IELT= 60, TPA= 450).

Kompetensi calon Doktor juga ditunjang oleh kompetensi pembimbing calon Doktor (Promotor dan ko-promotor).

Ujian kualifikasi calon doktor juga menentukan kompetensi calon lulusan sehingga cara dan mutu soal ujian tertulis materinya mencakup seluruh substansi inti bidang studi ilmu kedokteran.

Kompetensi Pendukung:

  1. Direncanakan hasil penelitian calon Doktor  disajikan dalam seminar internasional / nasional.
  2. Direncanakan hasil penelitian disertasi calon Doktor wajib dipublikasikan dalam jurnal internasional / nasional.
  3. Direncanakan penulisan disertasi calon Doktor menunjukkan luasnya atau kedalamannya penelitian dan kemampuan calon Doktor untuk meneliti permasalahan secara mandiri sesuai kaidah ilmunya.

Kompetensi lainnya:

  1. Jumlah maksimal calon Doktor yang dibimbing oleh seorang dosen Promotor berdasarkan expert judgement artinya seorang Promotor maksimal membimbing 3 (tiga) mahasiswa calon Doktor per tahun
  2. Seluruh dosen pembimbing  utama adalah Guru Besar tetap yang keahliannya adalah sesuai dengan bidang studi ilmu kedokteran.

           Catatan: Pengertian tentang kompetensi utama, pendukung, dan lainnya dapat dilihat pada Kepmendiknas No. 045/U/2002.

Prestasi Mahasiswa

No.

Nama Mahasiswa

Jenis Prestasi

Kegiatan, Waktu, dan Tempat

Tingkat (Lokal, Wilayah, Nasional, atau Internasional)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

1

Muh. Eko Irawanto

Juara 1 Lomba Makalah Ilmiah Penelitian (Presentasi Oral)

Judul: Hubungan Interferon Gamma dengan IgM anti M. Lepra pada Kasus Infeksi Kusta Subklinis

Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Perdoski IX Surabaya Tahun 2007

Nasional

2

Yusuf Alam Romadhon

Penghargaan Internet Sehat Blog Award (ISBA)

ISBA Award Jakarta, Juli 2009

Nasional

3

Yusuf Alam Romadhon

Penulisan Buku Doctors, Market Yourselves dengan ISBN. 9789793302925

Diterbitkan oleh Tiga Serangkai tahun 2007

Nasional



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda