Anda pengunjung ke :
47660692
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S2

Nama Prodi :S2 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Ketua Prodi: Dr. EVI GRAVITIANI, S.E., M.Si
Website : http://mesp.uns.ac.id
Email : mesp@mesp.uns.ac.id

Pengantar

Dunia telah memasuki abad 21 dengan perubahan-perubahan yang telah dan sedang terjadi seperti globalisasi dan liberalisasi perdagangan dunia yang mengikutinya. Demikian juga dengan tatanan dunia baik dari segi kekuatan ekonomi dan regional keamanan. China dan India sekarang menjadi kekuatan ekonomi dunia yang baru dan siap menggantikan kekuatan yang sebelumnya menguasai dunia.

Pada tahun 1998, Indonesia telah lepas dari krisis ekonomi dan krisis multidimensi dengan dimulainya era demokrasi. Ada tuntutan perubahan di segala bidang, khususnya tuntutanotonomi daerah yang menguat sejak tahun 2001. Hal ini telah mendorong tingkat persaingan yang makin ketat, yang pada gilirannya menuntut pula tingginya tingkat efisiensi, transparansi, dan profesionalisme di segala bidang. Di sisi lain, perubahan tersebut menimbulkan kebutuhan yang mendesak terhadap sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, yang memiliki pengetahuan dan keterampilandalam pengelolaan pembangunan di berbagai tingkatan kehidupan masyarakat. Prodi S-2 Magister Ekonomi dan Pembangunan. Universitas Sebelas Maret berusaha mengantisipasi perkembangan tersebut dengan menanamkan komitmen terhadap profesionalisme, kepedulian yang tinggi terhadap pembangunan daerah disertai peningkatan kualitas aparatur pemerintah serta rensponsif terhadap berbagai permasalahan pembangunan yang ada. Prodi S-2 Magister Ekonomi dan Pembangunan. Universitas Sebelas Maret memiliki etika akademik dan selalu berusaha menanamkan nilai-nilai luhur budaya nasional sebagai salah satu landasan berpikir, bersikap, dan berperilaku dalam kehidupan, baik di dalam maupun di luar kampus.

Prodi S-2 Magister Ekonomi dan Pembangunan. Universitas Sebelas Maret diselenggarakan dengan selalu berupaya dapat memberikanmanfaat yang optimal kepada stakeholders. Untuk itu, prodi ini berupaya menyiapkan tenaga-tenaga yang memiliki pengetahuan teoretik dan aplikatif secara luas dan mendalam dalam bidang ekonomi pembangunan serta memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan pembangunan sehingga dapat memberikan kontribusi dalam perumusan kebijakan dan upaya pemecahan masalah-masalah pembangunan.

Prodi S-2 Magister Ekonomi dan Pembangunan. Universitas Sebelas Maret  telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan predikat Sangat Baik (A Prodi S-2 Magister Ekonomi dan Pembangunan. Universitas Sebelas Maret   merupakan Program Pascasarjana dalam arah akademik sehingga  gelar  yang akan disandang oleh lulusan program ini adalah Magister Sain (M.Si).

Pengenalan dan promosi prodi ini kepada masyarakat dilakukan melalui kegiatan road show ke berbagai instansi pemerintah daerah di kawasan Subosukowonosraten(Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Klaten), promosi melalui media masa, pengiriman leaflet ke berbagai instansi pemerintah, swasta dan alumni Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret serta masyarakat luas. Di samping itu dilakukan melalui website: http://mesp.uns.ac.id

Visi

Menjadi program studi magister di bidang ekonomi pembangunan yang unggul pada bidang perencanaan pembangunan dan keuangan daerah di tingkat nasional dan internasional

Misi

Prodi MESP FE UNS menetapkan tiga misi untuk mencapai visi, yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dalam bidang ekonomi, menajemen, dan akuntansi yang menuntut pengembangan diri dosen dan kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, ketrampilan, sikap dan pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat.
  2. Menyelenggarakan penelitian ilmiah dan terapan yang berkualitas dalam bidang ekonomi, manajemen, dan akuntansi serta mendesiminasi hasil–hasil penelitian.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas yang berorientasi pada upaya pemberdayaan masyarakat.

SASARAN

Sasaran MESP FEB UNS berdasarkan misi kesatu, menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas pada derajat magister di bidang Ekonomi Pembangunan baik keilmuan maupun terapan untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif dan mampu berkontribusi di tingkat nasional dan internasional adalah:

  1. Pengembangan kurikulum yang sesuai dengan pengembangan keilmuan dan kebutuhan pasar tenaga kerja.
  2. Meningkatkan hardskill dan softskill mahasiswa.
  3. Meningkatkan peran aktif mahasiswa dalam berbagai kegiatan di tingkat nasional.
  4. Staff development plan.

Sasaran MESP FEB UNS berdasarkan misi kedua: menyelenggarakan penelitian yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dan kehidupan masyarakat berdasarkan etika ilmiah adalah:

  1. Peraihan hibah penelitian kompetitif nasional maupun internasional
  2. Terwujudnya publikasi ilmiah baik di tingkat nasional maupun internasional
  3. Terwujudnya kerjasama penelitian antar lembaga nasional maupun internasional
  4. Terwujudnya hasil penelitian sebagai rujukan pengembangan ilmu dan kebijakan

Sasaran MESP FEB UNS berdasarkan misi ketiga: menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dan berorientasi pada upaya pemberdayaan masyarakat atas dasar penerapan dan pengembangan Ekonomi Pembangunan adalah:

  1. Penerapan hasil-hasil penelitian melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Terwujudnya peningkatan kapasitas masyarakat dan pengambil kebijakan melalui kegiatan pelatihan dan pengabdian.
  3. Terwujudnya Peraihan hibah pengabdian kompetitif nasional

 

TUJUAN

Prodi MESP FEB UNS menetapkan tiga tujuan yaitu:

  1. Menghasilkan lulusan yang kompetitif dan mampu berkontribusi di tingkat nasional dan internasional.
  2. Mewujudkan penelitian yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dan mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat secara riil berdasarkan etika ilmiah.
  3. Menghasilkan sinergitas kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dan berorientasi pada upaya pemberdayaan masyarakat atas dasar penerapan dan pengembangan Ekonomi Pembangunan.

Fasilitas

Fasilitas

Ketersediaan dan kualitas gedung, ruang kuliah, laboratorium dan perpustakan dan lain-lain di lingkungan FEB UNS, yang merupakan sharing fasilitas tersedia dengan cukup, terawat baik dan milik sendiri. Monitoring dan evaluasi terhadap kondisi gedung yang ada di lingkungan FEB dilakukan secara periodik oleh Subbagian Umum dan Perlengkapan FEB. Ketersediaan sarana dan prsarana akademik di FEB UNS sebagai berikut :

  1. Ketersediaan gedung di FEB UNS ada 5 gedung. Gedung 1 untuk perkantoran (Dekanat, Jurusan, Diploma, layanan administrasi dan ruang dosen). Gedung 2 untuk kegiatan perkuliahan. Gedung 3 adalah aula untuk kegiatan perhelatan ilmiah yang diselenggarakan prodi/fakultas dan kegiatan kemahasiswaan. Gedung 4 untuk kegiatan perkuliahan serta layanan administrasi pendidikan program pascasarjana, perpustakaan dan laboratorium (computer). Gedung 5 untuk kegiatan perkuliahan dan layanan administrasi pendidikan serta laboratorium Ekspor Impor dan perbankan). Gedung kemahasiswaan diperuntukkan untuk perkantoran UKM. Kesemuanya dalam kondisi terawat dengan baik.
  2. Ruang kuliah di FEB ada di gedung 2, 4 dan 5 dalam kondisi bersih dan terawat baik. Semua prasarana dalam ruang kuliah selalu dilakukan pemeliharaan sehingga selalu dalam kondisi baik. Ketersediaan prasarana di dalam ruang kuliah meliputi peralatan utama seperti meja kursi, baik untuk mahasiswa dan dosen, papan tulis beserta alat tulis dan penghapus, komputer, LCD proyektor yang terpasang permanen, jam dinding, dan air conditioner (AC)/pendingin ruangan.
  3. Laboratorium di FEB adalah laboratorium komputer yang terdiri dari 180 unit komputer yang terbagi dalam enam ruang (sharing facility). Laboratorium komputer terbuka untuk mahasiswa dan dosen di lingkuan FEB dari jam 07.00 sampai jam 21.00 WIB dan 6 hari kerja seminggu. Laboratorium komputer dapat dihubungkan dengan intranet maupun internet. Software yang terpasang di setiap komputer sangat lengkap baik software standar berupa aplikasi Microsoft Office maupun software-software khusus seperti software statistik (SPSS dan Eviews). Semua prasarana tersebut senantiasa dilakukan pemeliharaan secara berkala, sehingga selalu dalam kondisi baik, termasuk software juga selalu di up date. Kualitas laboratorium menjadi tanggung jawab Pusikom FEB UNS.

Perpustakaan di FEB didesain dengan menarik, terbagi dalam beberapa ruang yang dipagari dengan dinding kaca. Perpustakaan dilengkapi dengan air conditioner (AC)/pendingin ruangan. Perpustakaan FEB UNS juga menyediakan akses langsung ke internet untuk mendownload Jurnal Internasional. Prasarana seperti AC dan peralatan lainnya dalam perpustakaan selalu dilakukan pemeliharaan secara berkala. Dengan kondisi seperti itu maka pengguna perpustakaan akan merasa nyaman.  Monitoring dan evaluasi kualitas perpustakaan menjadi tanggung jawab pengelola perpustakaan. Hasil monitoring dan evaluasi dilaporkan ke fakultas.

 

Profil Pengajar

Profil pengajar

Kerjasama

Kerjasama

1.

Lapangan Kerja

Lapangan Kerja

Lulusan Prodi Magister Ekonomi dan Studi Pembangunan (MESP) Universitas Sebelas Maret dapat  dan mampu  bekerja pada  berbagai lembaga pemerintahan dan perusahaan swasta, baik di lingkup internasional maupun nasional terutama lembaga yang membutuhkan kemampuan dan kompetensi di bidang analisa dan pengelolaan pembangunan, perencanaan pembangunan, pengelolaan keuangan sektor publik/daerah, pengelolaan keuangan, dan perbankan, moneter.

Alumni

Profil Alumni

Para Alumni program studi Magister Ekonomi dan Studi Pembangunan (MESP) sebagian besar (lebih dari 80 %) telah bekerja,  baik sebagai wirausahawan, staf /pimpinan usaha, Tenaga Pendidikan/Dosen, ataupun pada sektor publik /pemerintahan. 

Kompetensi Lulusan

Kompetensi yang diharapkan dari Prodi S-2 Ilmu Ekonomi PPs. Universitas Sebelas Maret mencakup kompetensi umum dan kompetensi khusus.  Kompetensi umum meliputi: (1) lulusan memiliki wawasan berpikir yang luas dan pengetahuan yang memadai; (2) lulusan memiliki penguasaan konseptual, perangkat analisis dan pendekatan praktis; dan (3) lulusan memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri secara profesional sesuai dengan bidangnya.  Kompetensi khusus meliputi: (1) lulusan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan pembangunan; (2) lulusan mampu mengidentifikasi peluang-peluang  dan kendala-kendala pembangunan baik di tingkat lokal, regional,nasional dan internasional serta merumuskan berbagai alternatif solusi/kebijakan; (c) lulusan memiliki keahlian dalam perencanaan pembangunan dan manajemen keuangan pemerintah serta sektor publik; dan (d) lulusan mempunyai keahlian di bidang industri perbankan, moneter dan keuangan. Proses pelatihan etika ilmiah/profesi dirancang pada waktu yang akan datang dalam bentuk worskhop penulisan tesis dan berbagai pelatihan penunjang peningkatan skill dan kompetensi lulusan.

Prestasi Mahasiswa

adadd



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda