Anda pengunjung ke :
47660698
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S2

Nama Prodi :S2 Manajemen
Ketua Prodi: Prof. Dr. Asri Laksmi Riani, MS.i
Website : http://mm.uns.ac.id
Email : mm@fe.uns.ac.id

Pengantar

Prodi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret merupakan program pendidikan pada tingkat pascasarjana yang dibuka pada tahun 1999. Program ini merupakan program pendidikan manajemen yang berjenjang S-2. Program Studi MM FEB Universitas Sebelas Maret didirikan berdasarkan SK Ditjen Dikti Depdikbud RI Nomor 128/DIKTI/Kep/1999, tentang Pembentukan Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Binsnis Universitas Sebelas Maret tanggal 7 April 1999. Prodi Magister Manajemen telah memperoleh akreditasi A dari BAN-PT sejak tahun 2010. Pada re-akreditasi terakhir tahun 2015, MM UNS kembali memperoleh akreditasi A berdasarkan SK dari BAN-PT No. 1152/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2015. Prodi Magister Manajemen terakreditasi Internasional ABEST21 (The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st Century Organization). Sertifikat akreditasi internasional tersebut diserahkan langsung oleh Prof. Fumio Itoh (Presiden ABEST21) kepada Dr. Hunik Sri Runing Sawitri, MSi (Dekan FEB UNS) pada hari Rabu, tanggal 8 Maret 2017 di Sony University, Tokyo, Jepang. ABEST21 memberikan apresiasi kepada Prodi MM FEB UNS yang mempunyai keunggulan good practice ‘Case-Based Teaching and Learning’. ABEST21 yang berpusat di Tokyo menggunakan konsep continous improvement dalam proses akreditasi dan pemeliharaan akreditasi. Ketika suatu program studi sudah terakreditasi ABEST21, setiap tahun harus mengirimkan Kaizen Report (laporan continous improvement) yang telah dilakukan.

Visi

Visi Prodi S-2 Magister Manajemen FEB Universitas Sebelas Maret (MM FEB UNS) adalah menjadi Prodi Magister Manajemen yang unggul di tingkat nasional dan internasional.

Visi prodi MM ini konsisten dengan Visi Universitas Sebelas Maret, yaitu menjadi pusat pengembangan ilmu, teknologi, dan seni yang unggul di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.Universitas Sebelas Maret bertekad menjadi World Class University pada tahun 2023. Visi prodi MM FEB Universitas Sebelas Maret tersebut juga sejalan dengan Visi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (FEB UNS), yaitu menjadi pusat pengembangan ilmu ekonomi dan bisnis yang berkinerja tinggi dan berkelanjutan di tingkat nasional dan internasional berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya lokal.FEB UNS merupakan anggota The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) sejak tahun 2010. Untuk merealisasikan visi tersebut, Prodi MM melakukan berbagai program, antara lain berupaya untuk memperoleh pengakuan di tingkat internasional yaitu akreditasi internasional dari ABEST21.

Saat ini Prodi MM UNS telah memperoleh akreditasi ABEST21 dan merupakan prodi pertama di UNS yang memperoleh akreditasi internasional. Selain itu MM FEB UNS juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa institusi bereputasi di luar negeri antara lain dengan University of La Rochelle, Perancis (double degree), University of Twente, Belanda (double degree), Pusat Studi Ekonomi Islam Shalih Kamil Universitas Al Azhar Cairo, Mesir (double degree), Purdue University Calumet USA (riset dan pertukaran dosen) dan University of Limoges, Perancis (riset kolaborasi). Mendatangkan visiting professor dari perguruan tinggi di luar negeri serta mengirimkan dosen dan mahasiswa untuk mendiseminasikan karya ilmiah di pertemuan ilmiah di level internasional juga merupakan program regular MM FEB UNS.

Program Studi MM FEB UNS menerbitkan Jurnal Bisnis dan Manajemen 2 kali dalam setahun sebagai media diseminasi hasil penelitian. Untuk mendukung program internasionalisasi MM FEB UNS, telah memiliki jurnal internasional dengan nama ‘Sebelas Maret Business Review’ dengan fokus pada karya berupa business and management cases.

Misi

Misi Prodi MM FEB Universitas Sebelas Maret, antara lain:

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dan profesional dalam bidang manajemen untuk menghasilkan magister manajemen yang handal dan berwawasan global;

2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang manajemen yang dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu dan pemecahan masalah  bisnis; dan

3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang bermanfaat bagi pengembangan dunia usaha.

 

 

Fasilitas

Sarana dan prasarana serta manajemen infrastruktur

1. Peralatan Ruang Kuliah

Peralatan ruang kuliah di Prodi MM FEB Universitas Sebelas Maret sangat memadai. Di samping tersedia peralatan utama seperti meja kursi baik untuk mahasiswa dan dosen, papan tulis beserta alat tulis dan penghapus, setiap ruang kuliah dilengkapi dengan LCD beserta layar, jam dinding, dan air conditioner (AC). Di samping itu, di ruang kuliah yang luas (aula) disediakan peralatan sound systems yang memadai untuk memberikan kenyamanan kepada mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

2. Peralatan Kantor

Untuk menunjang pelaksanaan tugas-tugas dalam pengelolaan Prodi MM FEB Universitas Sebelas Maret, setiap ruang kantor baik untuk pengelola (pimpinan) maupun staf administrasi difasilitasi dengan peralatan kantor yang memadai. Peralatan yang tersedia di setiap ruang kantor meliputi: meja, kursi, komputer, printer, papan tulis, lemari arsip, AC, telepon, dan jam dinding. Ruang pimpinan juga difasilitasi meja-kursi tamu, meja-kursi untuk rapat, dan faximile.

3. Bahan Pustaka dan Sarana lainnya

Perpustakaan yang dapat diakses oleh mahasiswa Program Studi Magister Manajemen FEB UNS di dalam lingkungan kampus antara lain: Ruang baca dan berbagai fasilitas buku-buku di FEB UNS (buka dari jam 08.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB), dan perpustakaan pusat universitas. Terdapat beberapa koleksi seperti text book, jurnal ilmiah, free e-journal. Perpustakaan fakultas dan universitas memiliki 8002 judul buku dan 19.828 eksemplar, 4 jurnal nasional terakreditasi, 54 jurnal internasional, 9 proceeding, 2327 tesis, dan 12 disertasi. Selain itu mahasiswa juga dapat mengakses koleksi pustaka di perpustakaan pusat UNS yang menyediakan fasilitas digital library yang dapat diakses melalui http://digilib.uns.ac.id/ dan penelusuran katalog dengan sistem komputerisasi. Sarana pendukung lainnya antara lain: ruang diskusi, aula MM, pojok Bursa Efek Indonesia, ruang sidang 1 dan ruang sidang 2, ruang sidang gedung IV, alumni lounge, gedung Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), musholla, toilet, lahan parkir, taman, dan sarana keamanan. Pojok BEI merupakan sarana penunjang kegiatan akademik. Fasilitas ini menyediakan buku-buku yang berkaitan dengan pasar modal dan laporan-laporan keuangan perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Ruang sidang digunakan oleh dosen dan mahasiswa dalam melakukan kegiatan rapat, workshop, seminar, perkuliahan dan pelatihan. Alumni lounge merupakan ruang yang didesain untuk mengembangkan jalinan kerjasama antara FEB UNS, mahasiswa, dan alumni FEB UNS. Gedung UKM merupakan gedung yang digunakan oleh organisasi kemahasiswaan di bawah FEB UNS.

4. Peralatan Laboratorium

Magister Manajemen FEB UNS menyediakan laboratorium sebagai fasilitas pendukung antara lain laboratorium komputer dan teleconference, laboratorium ekspor impor, laboratorium simulasi perbankan, dan pojok Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai galeri investasi.

Prasarana untuk mendukung proses belajar-mengajar

1. Gedung Ruang Kuliah Saat ini Program Studi Magister Manajemen FEB UNS memanfaatkan 8 dari 33 ruang kelas yang tersedia di FEB dan 1 aula (gedung 3) yang dimanfaatkan secara bersama-sama dengan program studi magister lainnya di FEB UNS. Selain itu, juga terdapat ruang diskusi yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan belajar Program Studi Magister Manajemen FEB UNS. Semua ruang kelas telah dilengkapi AC yang sangat mendukung suasana belajar di dalam kelas. Seluruh ruangan telah dipasang fasilitas multimedia lengkap berupa LCD dan komputer. Di samping itu, FEB UNS juga menyediakan internet gratis melalui wifi (hot spot) dan LAN yang dapat diakses di luar maupun di dalam gedung perkuliahan.

2. Gedung Perkantoran Layanan administrasi dan pengelola Prodi MM Universitas Sebelas Maret berada Lantai I gedung IV FEB UNS yang terdiri dari ruang pimpinan, ruang administrasi akademik dan ruang administrasi keuangan.

3. Gedung Perpustakaan Ruang baca dan Perpustakaan MM UNS terintegrasi dengan perpustakaan FEB UNS yang berada di Gedung V FEB UNS. Perpustakaan FEB UNS telah dilengkapi dengan sistem pencarian katalog dan scanner serta digital library. Dengan fasilitas digital library, mahasiswa dapat mencari artikel atau jurnal ilmiah melalui jaringan intranet.

4. Fasilitas Kesejahteraan (Ibadah, Kesehatan, Olah Raga, Seni) Fasilitas umum dan fasilitas sosial yang disediakan oleh Prodi MM FEB Universitas Sebelas Maret, meliputi: (a)1 ruangan ibadah; (b) 1 aula serbaguna; (c) lapangan basket; dan (d) satu ruangan untuk student lounge. Fasilitas kesehatan memanfaatkan fasilitas Medical Center Universitas Sebelas Maret dengan pendekatan resource sharing. Selain itu di tingkat universitas terdapat fasilitas ibadah berupa Masjid UNS, Gereja Kristen Protestan UNS, Gereja Kristen Katolik UNS, Pura UNS dan Vihara UNS serta fasilitas-fasilitas olahraga seperti lapangan sepakbola.

Profil Pengajar

Prodi Magister Manajemen FEB Universitas Sebelas Maret memiliki 13 ( tiga belas ) staf pengajar semuanya memiliki gelar akademik Doktor baik dari dalam maupun luar negeri, dan 5 ( lima ) orang dosen memiliki jabatan akademik profesor. 

 

 

 

 

 

 

Kerjasama

Prodi MM FEB Universitas Sebelas Maret telah melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri antara lain dengan University of La Rochelle, Perancis ( Double degree ) , University of Twente, Belanda ( double degree ) , University of Limoges, Perancis ( riset kolaborasi ), Purdue Univesity Calumet USA ( riset dan pertukaran dosen serta Universitas Al Azhar Cairo, Mesir ( double degree

Lapangan Kerja

Lulusan Prodi MM FEB UNS memiliki kesempatan kerja yang luas baik sektor bisnis maupun sektor publik untuk mengisi posisi - posisi sebagai Manajer, Asisten Manajer, Analis Bisnis , Analisis Invesitasi , Konsultasi Bisnis

Alumni

Alumni MM FEB UNS telah terserap di pasar baik di sektor publik . Sebagian alumni juga berkarya dengan menjadi wirausahawan. Lebih dari 60 % dari lulusan MM FEB UNS telah menduduki jabatan pada level manager dan diatas nya.

Kompetensi Lulusan

Kemampuan di bidang pekerjaan

1. Mampu menyusun analisis strategi bisnis

2. Mampu menjalankan fungsi-fungsi manajemen (pemasaran, keuangan, operasi dan sumber daya manusia) pada level strategis

3. Mampu mengambil keputusan-keputusan strategis yang sesuai dalam suatu organisasi bisnis atau non-bisnis

4. Mampu menganalisis alternatif-alternatif pemecahan masalah-masalah bisnis dan manajemen

5. Mampu melakukan riset bisnis terapan untuk pengambilan keputusan manajemen

6. Mampu melakukan komunikasi bisnis secara efektif

7. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dalam dunia bisnis

Penguasaan Pengetahuan

1. Menguasai pengetahuan bisnis secara komprehensif melalui integrasi pemasaran, operasi, sumber daya manusia, dan keuangan

2. Menguasai analisis dan aplikasi strategi bisnis

3. Menguasai kepemimpinan dan perkembangan dari praktek-praktek kepemimpinan dalam suatu organisasi bisnis maupun non-binis

4. Menguasai analisis pemecahan kasus-kasus bisnis dan manajemen

5. Menguasai metode penelitian bisnis baik dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif

6. Menguasai etika-etika dan peraturan-peraturan bisnis baik dalam konteks bisnis lokal, nasional dan global

Prestasi Mahasiswa

Mahasiswa MM FEB UNS memiliki berbagai prestasi baik dalam skala nasional maupun internasional baik prestasi keilmuan maupun non - akademik. Diantaranya dipublikasikan artikel mahasiswa Prodi MM FEB UNS Setyawan pada European Journal of Business and Social Science ( EJBSS ) Volume 3 No 6, pp 126 - 135 , September 2014 dan International Conference in Organizational Inovation di Thailand 2 - 4 Juli 2013 oleh Danas Avianto Nugroho. 



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda