Anda pengunjung ke :
47660700
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S3

Nama Prodi :S3 Ilmu Komunikasi
Ketua Prodi: Prof. Drs. Pawito Ph.D
Website : pasca.uns.ac.id/s2ilkom
Email : pawito_palimin@staff.uns.ac.id

Pengantar

Program Studi S-3 (Program Doktor) Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta memiliki kekhasan antara lain sebagai berikut.

1. Kurikulum

Kurikulum dikembangkan dengan mengambil fokus pada tiga peminatan bidang riset untuk disertasi: (a) Komunikasi strategik, (b) Jurnalisme, dan (c) Komunikasi dan Perubahan Sosial-kultural. Masing-masing dari tiga bidang peminatan riset untuk disertasi ini didukung oleh matakulaih (subyek) dengan nama seperti itu.

2. Variabel budaya

Variabe budaya sangat dianjurkan untuk dihadirkan dalam setiap riset untuk disertasi.

3. Metodologi

Paradigma multiple-method berpeluang untuk digunakan (tetapi tidak diharuskan) dalam setiap riset untuk disertasi sebagai konsekuensi dari saran kuat untuk menghadirkan variabel budaya dalam riset.

Visi

Program Studi S-3 Ilmu KomunikasiISI FISIP Universitas Sebelas Maret dikembangkan dengan visi yang kuat yakni:

Menjadi sebuah lembaga penyelenggara program pendidikan doktor ilmu komunikasi yang memiliki reputasi dan peringkat tinggi di tingkat nasional maupun internasional dengan kekhasan pentingnya menghadirkan nilai-nilai budaya nasional dalam penyelenggaraan pendidikan maupun penelitian (research).

Misi

Sebagai konsekuensi dari visi sebagaimana dikemukakan di atas maka Program Studi S-3 Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sebelas Maret dikembangkan dengan misi sebagai berikut.

1. Menjelenggarakan pendidikan Ilmu Komunikasi untuk Tingkat/Jenjang S-3 (Tingkat Doktoral) yang memiliki reputasi tinggi dalam hal pengembangan keilmuan serta dalam hal pemenuhan kebutuhan masyarakat (pengguna).

2. Menyelenggarakan penelitian (research) dan pengabdian kepada masyarakat serta publikasi hasil penelitian dengan mengutamakan segi kualitas serta reputasi untuk upaya pengembangan ilmu komunikasi (baik dalam hal teori maupun metodologi), serta keikutsertaan dalam upaya-upaya mendorong perubahan dan kemajuan dalam masyarakat.

3. Mengembangkan tata-kelola lembaga yang profesional, akuntabel, dan memiliki nuansa dan wawasan kebudayaan.

Fasilitas

  • Ruang kelas yang memadai dan mendukung proses pembelajaran.
  • Perpustakaan dengan koleksi buku dan jurnal ilmiah yang lengkap, termasuk koleksi buku elektronik dan akses kepada jurnal internasional online.
  • Ruang baca/belajar, ruang diskusi, dan laboratorium komputer yang terhubung dengan internet dan dengan koleksi perpustakaan digital.

Profil Pengajar

Staf pengajar dengan latar belakang pendidikan minimal Doktor (S-3), beberapa di antaranya memiliki jabatan fungsional Guru Besar (Profesor).

Kerjasama

Kendati Program Studi S-3 Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sebelas Maret baru dibuka pada Tahun Ajaran 2016-2017, namun telah dilakukan banyak kegiatan penting untuk menjalin kerjasama dan hubungan dengan universitas lainnya di antaranya sebagai berikut.

1. Workshop penulisan untuk publikasi jurnal internasional

(November 2016).

2. Penyelenggaraan Kuliah Pakar

(Menghadirkan Prof. Dr. Ben Arp dari Universitas Leinden Negeri Belanda mengenai Javanese Communication and Culture: A Search of Understanding – Januari 2017).

3. Lokakarya Kurikulum Pendidikan S-3 Ilmu Komuikasi

(Menghadirkan Dr. Atwar Bajari dari UNPAD – Februari 2017).

Lapangan Kerja

Peluang kerja sangat tinggi bagi lulusan (dengan gelar Doktor) Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sebelas Maret karena belum banyak program studi seperti ini dibuka di Indonesia, dan jumlah doktor ilmu komunikasi di Indonesia masih sangat kurang.

Tamatan Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sebelas Maret (dengan gelar Doktor) akan memasuki bidang kerja sebagai peneliti, konsultan, dan staf pengajar untuk ilmu komunikasi pada pendidikan tinggi.

Alumni

Profil lulusan, dengan mencermati 8 orang mahasiswa yang diterima pada angkatan masuk pertama, terutama adalah para dosen dan/atau peneliti dan konsultan baik terkait dengan dunia kehumasan, pemasaran, dan politik.

Kompetensi Lulusan

dosen dan/atau peneliti dan konsultan baik terkait dengan dunia kehumasan, pemasaran, dan politik.

Prestasi Mahasiswa

-



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda