Anda pengunjung ke :
47660730
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S2

Nama Prodi :S2 Ilmu Komunikasi
Ketua Prodi: Dra. Prahastiwi Utari M.Si.,Ph.D
Website : komunikasi.pasca.uns.ac.id
Email : s2komunikasi@pasca.uns.ac.id

Pengantar

Arus informasi yang cenderung mengglobal telah menciptakan perubahan dan paradigma baru dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara termasuk kesadaran akan hak-hak politik (berserikat dan menyatakan pendapat) serta mencapai kehidupan yang lebih layak. Dalam hubungan ini perubahan yang terjadi seringkali sulit diramalkan, sementara transformasi budaya politik menuju demokrasi tidak menampakkan akseleasi yang signifikan. Kondisi yang demikian menuntut ketersediaan dan keterlibatan para peneliti komunikasi serta ahli manajemeen komunikasi. Disinilah letak urgensi didirikannya lembaga pendidikan untuk mencetak ahli profesional di kedua bidang tersebut.

Prodi Ilmu Komunikasi PPs UNS merupakan lembaga pendidikan yang bertujuan untuk menghasilkan ahli-ahli ilmu komunikasi setingkat Magister yang memiliki kompetensi akademik dan praktis, untuk dapat berperan memberikan kontribusi bagi pemecahan masalah terkait bidang komunikasi dan media. Didirikan sejak tahun 2001, Prodi Ilmu Komunikasi PPs UNS telah menghasilkan ratusan lulusan yang sekarang berkiprah di dunia akademik sebagai pengajar/peneliti dan di lembaga/industri sebagai praktisi.

Perkembangan situasi domestik maupun global semakin menunjukkan arti penting dari upaya pengumpulan, pemrosesan dan penyebarluasan informasi untuk berbagai tujuan penting termasuk pemasaran, penjualan, memenangkan kompetisi, penumbuhan dan pengembangan citra, serta tujuan mencapai kepentingan-kepentingan politik. Sebagai konsekuensinya dibutuhkan sumber daya manusia yang dapat bekerja secara profesional dan memiliki integritas serta reputasi yang membanggakan, baik di bidang riset maupun manajemen. Atas dasar pemikiran demikian maka program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta (PPs UNS) membuka Program Studi Magister Ilmu Komunikasi berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No: 22/Dikti/Kep/2001, tertanggal 18 Januari 2001. Program Studi Magister Ilmu Komunikasi PPs UNS telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Peringkat Akreditasi B, berdasar SK BAN-PT Nomor 165/SK/BAN-PT/Ak-XI/M/VIII/2013.

Berbekal ilmu pengetahuan, pengalaman belajar, interaksi dengan dosen dan civitas akademika lain, mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi PPs UNS disiapkan untuk menjadi Magister Ilmu Komunikasi yang kompeten, berdedikasi, dan menjunjung tinggi norma dan etika.

Salam Komunikasi,

Dra. Prahastiwi Utari, M.Si., Ph.D.
Kepala Program Studi

Visi

Mewujudkan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sebelas Maret, yang unggul dan berdaya saing global, yang mampu mencetak lulusan yang cerdas, professional dan berkarakter, serta menghasilkan karya-karya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan bernilai ekonomis tinggi.

Misi

Misi Program Studi Magister Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran secara profesional untuk menghasilkan tenaga-tenaga ahli ilmu komunikasi, khususnya bidang teori komunikasi dan manajemen komunikasi, yang unggul, cerdas, professional, berkarakter, dan berdaya saing global;
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang komunikasi yang berkualitas dan bernilai ekonomis tinggi, yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu komunikasi, pengembangan industri kreatif, dan pemecahan berbagai persoalan komunikasi yang dihadapi oleh masyarakat luas;
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang komunikasi yang berkualitas dan bernilai ekonomis tinggi, yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu komunikasi, pengembangan industri kreatif dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  4. Mengembangkan sikap ilmiah mahasiswa yang memiliki karakter hasrat ingin tahu dan belajar terus menerus; daya analisis yang tajam; kejujuran; rasa tanggungjawab yang tinggi; keterbukaan terhadap pendapat baru, pendapat yang berbeda, dan kritis; sikap bebas dari prasangka; orientasi masa depan; dan sikap mengharagai nilai, norma, kaidah dan tradisi.
  5. Mengembangkan sikap keahlian atau profesional mahasiswa agar memiliki keinginan untuk mencapai tingkat keahlian yang lebih tinggi; kemandirian dan kemahiran sesuai minat ilmu, bakat dan kemampuan serta arah profesinya; etika profesi yang tinggi; dan kesejawatan yang tinggi.

Fasilitas

Untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, Program Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNS menyediakan berbagai fasilitas sebagai berikut:

  • Staf pengajar dengan latar belakang pendidikan minimal Doktor (S-3), beberapa di antaranya memiliki jabatan fungsional Guru Besar (Profesor).
  • Ruang kelas yang memadai dan mendukung proses pembelajaran.
  • Perpustakaan dengan koleksi buku dan jurnal ilmiah yang lengkap, termasuk koleksi buku elektronik dan akses kepada jurnal internasional online.
  • Ruang baca/belajar, ruang diskusi, dan laboratorium komputer yang terhubung dengan internet dan dengan koleksi perpustakaan digital.

Profil Pengajar

Pengajar di Program Magister Ilmu Komunikasi keseluruhan berpendidikan S3 Ilmu Komunikasi yang terdiri dari 5 Guru Besar dan 10 doktor.

Kerjasama

Sejak tahun 2013, Program Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNS dipercaya untuk menjalin kerjasama dengan Balitbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menjadi penyelenggara Program Beasiswa S2 Dalam Negeri di bidang Ilmu Komunikasi. Melalui program ini, Program Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNS memberikan kontribusi yang signifikan bagi peningkatan kapasitas PNS dari seluruh Indonesia di bidang komunikasi, khususnya Government Public Relations. 

Lapangan Kerja

- Dosen

- Peneliti

- Praktisi Humas dan lain-lain

 

Alumni

PROFIL LULUSAN

Program Studi Ilmu Komunikasi Pascasarjana Universitas Sebelas Maret diselenggarakan dengan sasaran mahasiswa tamatan Sarjana Strata 1 (S-1) untuk dikembangkan/ditingkatkan menjadi tamatan Sarjana Strata 2 (S-2) dengan gelar Magister Ilmu Komunikasi (M.I.Kom) dengan karakter yang meliputi :

1.        Profil dasar. Hal ini menyangkut karakter umum yang diharapkan dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi Pascasarjana Universitas Sebelas Maret yaitu:

§   Karakter pribadi manusia yang beriman kepada Tuhan yang Maha Esa, memiliki rasa cinta-kasih yang mendalam terhadap sesama, jujur, ulet, disiplin, dan gemar bekerja keras.

§   Karakter manusia sebagai warga masyarakat yang peduli serta menjunjung tinggi nilai-nilai kepribadian, memiliki kepedulian terhadap lingkungan masyarakat sekitar, masyarakat profesi, dan masyarakat bangsa.

§   Karakter manusia sebagai warganegara Indonesia yang loyal terhadap idiologi bangsa, menjunjung tinggi hukum, dan berdedikasi tinggi terhadap bangsa dan negara. Dalam profesi yang ditekuninya, serta setia kepada ideologi negara, menjunjung tinggi kaedah-kaedah hukum, dan dan filsafat bangsa yaitu Pancasila.

 

Karakter tersebut dikembangkan melalui keteladanan, hubungan antara dosen dan mahasiswa serta proses belajar mengajar yang partisipatif yang dilakukan selama masa studi dan terus ditindak lanjuti dengan pertemuan dan ikatan alumni.

 

2.        Profil Ilmuwan. Hal ini menyangkut karakter berkenaan dengan integritas dan dedikasi tamatan Program Magister Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Sebelas Maret sebagai ilmuwan, terutama terkait dengan ilmu komunikasi, yang meliputi lima hal pokok sebagai berikut .

§   Terus-menerus belajar dan mengembangkan wawasan

§   Terus-menerus meneliti dan mengembangkan diri

§   Terus-menerus aktif ikut ambil bagian dalam forum ilmiah, baik sebagai panitia penyelenggara, pembicara maupun sebagai peserta.

§   Terus-menerus mengembangkan kerjasama dan membina kemitraan dengan kalangan/institusi lain.

§   Terus-menerus berkarya dan mempublikasikan karya-karya yang dihasilkan, baik dalam bentuk artikel jurnal ilmiah maupun buku. 

 

3.        Profil Peneliti, yaitu ditunjukkan melalui :

§   Pelaksanaan penelitian yang terus menerus

§   Penugasan dan metoda penelitian dan teknik-teknik analisa data yang dilakukan

§   Publikasi hasil-hasil penelitian melalui beragam kesempatan dan media (pertemuan ilmiah publikasi, jurnal ilmiah dan lain-lain).

§   Pengembangan hasil-hasil kegiatan penelitian pada kegiatan penelitian terapan dan pengujian-pengujian.

§   Penyampaian hasil-hasil penelitian kepada masyarakat luas selaku penggunanya.

§   Penerapan hasil-hasil penelitian pada kegiatan-kegiatan nyata

 

4.        Profil Pendidik. Hal ini menyangkut karakter tamatan Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret berkenaan dengan upaya pewarisan, penyebarluasan, serta pengembangan Ilmu Komunikasi khususnya dalam konteks penyelenggaraan pendidikan yang meliputi:

§   Sikap terbuka dan menghargai perbedaan-perbedaan.

§   Pengembangan metode belajar partisipatip (share learning)

§   Mendorong dan memfasilitasi munculnya pemikiran-pemikiran innovatif dalam proses belajar-mengajar.

§   Evaluasi dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu dan mengutamakan proses dari hasil belajar.

§   Senantiasa mengupayakan pembaruan (up-date) materi dan metode dari tahun ke tahun berikutnya.

 

5.        Profil praktisi komunikasi. Hal ini menyangkut karakter tamatan Program Magister Ilmu Komunikasi  Universitas Sebelas Maret berkenaan dengan profesi, dunia praktek dan/atau realitas kehidupan masyarakat, yang meliputi :

§   Dedikasi dan komitmen yang tinggi terhadap profesi yang ditekuni.

§   Senantiasa mengembangkan diri dan memperluas wawasan berkenaan tugas-tugas atau profesi.

§   Senantiasa aktif terlibat dalam aktivitas yang dilaksanakan oleh organisasi profesi.

§   Senantiasa membina jalinan hubungan dengan kalangan profesional di bidang komunikasi dan bidang-bidang lain yang berkaitan.

§   Memiliki rasa bangga dan memiliki terhadap profesinya sebagai praktisi komunikasi.

 

Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusa  Program Magister Ilmu Komunikasi UNS ini sesuai dengan tiga minat utama (konsentrasi). Peminatan itu yaitu: (1) Riset dan Pengembangan Teori Komunikasi; (2) Manajemen Komunikasi (Reguler); dan (3) Manajemen Komunikasi (Program Beasiswa Kementerian Kominfo). Gelar akademik yang diberikan adalah Magister Ilmu Komunikasi (M.I.Kom).

a. Riset dan Pengembangan Teori Komunikasi

Kompetensi yang dikembangkan dalam peminatan ini meliputi kemampuan penelitian yaitu dasar-dasar teori dan metodologi komunikasi serta perkembangannya di bidang komunikasi sosial budaya, komunikasi politik, jurnalistik dan komunikasi pembangunan. Sehingga diharapkan lulusan peminatan ini memiliki kompetensi dalam melakukan pengembangan teori dan penelitian ilmu komunikasi dengan pendekatan multi perspektif.

b. Manajemen Komunikasi

Kompetensi yang dikembangkan dalam peminatan ini yaitu kemampuan manajerial dalam organisasi bidang komunikasi. Kemampuan manajerial meliputi analisis organisasi dan menyusun strategi (perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi) dalam program komunikasi pemasaran dan komunikasi organisasi. Sehingga diharapkan lulusan peminatan ini memiliki kemampuan dan sikap profesional yang dibutuhkan dalam industri bisnis media atau perusahaan lainnya.

c. Manajemen Komunikasi (Beasiswa Kominfo)

Melalui program ini, Prodi Ilmu Komunikasi PPs UNS memberikan kontribusi yang signifikan bagi peningkatan kapasitas PNS dari seluruh Indonesia di bidang komunikasi, khususnya Government Public Relations.

Prestasi Mahasiswa

-



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda