Anda pengunjung ke :
47657144
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S3

Nama Prodi :S3 Ilmu Hukum
Ketua Prodi: Prof. Dr. Hartiwiningsih,SH.,M.Hum
Website : www.doktor.hukum.uns.ac.id
Email : s3.hukumuns@gmail.com

Pengantar

Perkembangan hukum di Indonesia mengalami perubahan besar, cepat dan kompleks. Globalisasi menyebabkan perubahan hukum di bidang bisnis, menimbulkan institusi-institusi hukum baru, pergeseran kekuasaan yang sentralistik ke desentralistik menyebabkan perubahan tingkah laku kebijakan birokrasi baik di pusat maupun di daerah yang merubah dari paradigma lama ke paradigma baru. Perubahan ketatanegaraan negara yang ditandai dengan amandemen UUD 1945, perubahan peran MPR, timbulnya DPD, Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial, sengketa tanah antara rakyat dan pengembang, supremasi hukum, tenggelam karena kekuasaan dan politik, aturan hukum di bidang perburuhan, investasi, pertanahan yang tidak memihak rakyat.

Negara Indonesia adalah negara hukum, artinya melalui hukum semua keadaan yang diakibatkan perubahan tersebut dapat diatasi. Untuk itu dibutuhkan tenaga profesional di bidang hukum yang mampu mengikuti perkembangan dan mampu memberi saran, solusi demi tegaknya supremasi hukum.

Menghadapi hal tersebut perlu pendidikan hukum yang menyiapkan tenaga profesional yang memiliki kemampuan sebagaimana diharapkan tersebut di atas.

Program Doktor Ilmu Hukum Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret yang berdiri berdasarkan SK. Dirjen Dikti Depdiknas RI No. 2109/D/T/2007 ingin mengantarkan lulusannya dapat menyesuaikan diri dan memberi solusi atas perubahan tersebut di atas.

Program Doktor ini dengan konsentrasi Ilmu Hukum dimana minat mahasiswa pada bidang hukum tertentu akan difasilitasi.

 

 

 

Visi

Melahirkan Doktor Ilmu Hukum sebagai legal scientist yang mampu menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas dan memiliki intergritas moral tinggi, keunggulan dan daya kompetitif di bidangnya pada tataran nasional maupun internasional

Misi

1. Menyelenggarakan metode pembelajaran yang menekankan pada keterlibatan individu mahasiswa dan dosen secara aktif dalam suatu komunitas kesejawatan intelektual, dimana dosen mampu membimbing, membuka wawasan dan menginspirasi mahasiswa untuk berpikir progresif dan multi disipliner dalam bidang hukum

2. Menyelenggarakan metode penulisan yang kontemporer dalam rangka memecahkan masalah penulisan untuk menghasikan rekomendasi penelitian yang mampu memperkaya/mengembangkan teori-teori hukum yang sudah ada, bisa memberi solusi terhadap masalah-masalah hukum yang dihadapi bangsa dan mampu mengembangkan budaya dan masyarakat.

3. Mendinamisasi pendidikan hukum yang terbuka dalam rangka membudayakan iklim akademis dan penciptaan ilmuwan hukum yang memiliki integritas dan cara pandang luas serta peka terhadap permasalahan-permasalahan hukum yang dihadapi masyarakat.

 

Fasilitas

1.      Ruang Kuliah, Setiap ruang perkuliahan dilengkapi AC, alat bantu/media pembelajaran yang terdiri meja kursi dosen, kursi belajar yang mencapai 20 s.d. 30 unit, whiteboard, overhead projector, microphone cable and wireless, sound system, aplikasi program powerpoint presentations, flash macro media, maupun multimedia dan sejenisnya, laptop berfasilitas wifi guna akses internet via hot spot area dan LCD Projector.

2.      Peralatan Ruang Kantor, Peralatan kantor tersedia sangat lengkap dan modern antara lain berupa pendingin ruangan (AC), personal computer (PC) yang terhubung dengan modem untuk akses internet, mesin faximile, printer multifungsi (print, scan, copy), scanner, mesin foto kopi, kursi dan meja tamu, almari arsip (file keeper), telepon dan lain-lain.

3.      Bahan Pustaka dan Sarana Lainnya, Perpustakaan Fakultas Hukum tersedia koleksi Buku Text 4600 judul, jumlah eksemplar sebanyak 13.849 buah dalam bahasa asing maupun Indonesia. Jurnal ilmiah 28 judul 355 eksemplar, Buletin/Majalah ilmiah 5 judul 415 eksemplar, Tesis 195 judul 195 eksemplar, Skripsi 2416 judul 2416 eksemplar, Buku Teks 4600 judul 13.849 eksemplar, CD 33 judul 361 eksemplar. Di samping itu tersedia jurnal elektronik on line (westlaw) yang menampung ratusan jurnal internasional bidang hukum.

4.      Mahasiswa dapat mengakses ke perpustakaan di luar perpustakaan  UNS di atas yaitu, Perpustakaan Kota Surakarta, Provinsi Jateng,  Mahkamah Agung RI, Mahkamah Konstitusi, UII Jogjakarta, Ikatan Notaris Indonesia Pusat, UNDIP, UGM, UI, BPHN.

5.      Perpustakaan yang berada di UNS memiliki sarana yang sangat lengkap seperti CCTV untuk keamanan koleksi, pendingin ruangan, meja kursi diskusi maupun personal, 5 unit personal computer (PC) yang terhubung internet, printer multi fungsi (print, scan, copy) dan hot spot area yang memudahkan mahasiswa terkoneksi internet.

6.      Peralatan Laboratorium, Program Doktor Ilmu Hukum  memiliki laboratorium yang sangat lengkap modern mutakhir serta sangat sesuai dengan kebutuhan untuk mendukung proses pembelajaran, penelitian, dan kegiatan akademik lainnya. Selain itu tersedia sarana ruang video conference dan peralatan pendukung IT dengan kapasitas 50 orang hasil kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi. Sarana Video Conference dapat dipergunakan untuk perkuliahan jarak jauh oleh dosen tamu (expert) dan mengikuti praktek persidangan. Sarana Video Conference berfungsi sangat baik karena peralatan yang tersedia dalam kondisi baru dan secara intensif digunakan dalam proses pembelajaran. Dalam rangka pemeliharaan dan peningkatan mutu peralatan dialokasikan dana secara khusus oleh program studi dan hibah dari Mahkamah Konstitusi. Ruangan Video Conference memiliki luas 150 meter persegi, sarana AC (air conditioning), pengamanan yang memadai dan didukung teknisi yang sangat terampil.

7.      Fasilitas Komputer, Fasilitas komputer di Lab. Komputer dapat dimanfaatkan sebagai self access terminal oleh dosen dan mahasiswa pada jam kerja (pukul 08.00 – 16.00), tanpa dipungut biaya. Di samping itu tersedia fasilitas hot spot yang dapat dimanfaatkan untuk akses internet 24 jam bagi dosen dan mahasiswa.

Profil Pengajar

1.      Dosen Tetap

Prof. Dr. H. Setiono, SH., MS

Prof. Dr. Adi Sulistiyono, SH., MH

Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH., M.Hum

Prof. Dr. Hartiwiningsih, SH., M.Hum

Prof. Dr. Supanto, SH., MHum

Prof. Dr. RB. Soemanto, MA

Prof. Dr. I. Gusti Ayu Ketut Rachmi H, SH., MM

Dr. Hari Purwadi, SH., MHum

Dr. Djoko Wahju Winarno, SH, MS

Dr. M. Hudi Asrori S, SH, M.Hum

Dr. Pujiyono, SH, Mhum

Burhanudin Harahap, SH, MH, MSI, Ph.D

Moch. Najib Imanullah, SH, MH, Ph.D

Dr. Soehartono, SH., M.Hum

Dr. Al. Sentot Sudarwanto, SH., M.Hum

Dr. Agus Riwanto, SH., S.Ag., M.Ag

Dr. Isharyanto, SH., M.Hum

Dr. Moh. Jamin, SH., M.Hum

Dr. Widodo Tresno Novianto, SH., M.Hum

Dr. Emmy Latifah, SH., MH

Dr. Yudho Taruno Maryanto, SH., MH

Dr. Sunny Ummul Firdaus, SH., MH

Dr. Arief Suryono, SH., MH

Dr. Lego Karjoko, SH., MH

 

2.      Dosen Tidak Tetap

Prof. Dr. Mahfud MD, SH

Prof. Dr. Widyo Pramono, SH., MM., MH

Prof. Dr. Bagir Manan, SH., MCL

Prof. Dr. Barda Nawawi Arief, SH

Prof. Dr. Widodo Eka Tjahjana, SH., M.Hum

Prof. Dr. Marsudi Triatmojo, SH., LLM

Prof. Dr. Sudjito, SH., M.Si

Prof. Dr. Eman Suparman, SH, MH

Prof. Dr. Esmi Warasih, SH., MS

Prof. Dr. Hikmahanto Juwana, SH, LL.M., Ph.D

Prof. Dr. Adji Samekto, SH., M.Hum

Prof. Dr. R. Benny Riyanto, SH., M.Hum

Prof. Dr. Didik Endro Purwoleksono, SH., MH

Prof. Dr. Nyoman Sarikat Putrajaya, S.H., M.H.

Prof. Dr. M. Guntur Hamzah, SH., MH

Prof. Dr. Insan Budi Maulana, SH, LL.M

Prof. Dr. Ridwan Khairandy, SH, MH

Prof. Dr. Abdul Manan, SH., SIP., M.Hum

Prof. Dr. Arief Sidharta, SH

Prof. Dr. Hj. Ni’matul Huda, SH., M.Hum

Prof. Dr. Romly Atmasasmita, SH., LLM

Prof. Dr. Agus Raharjo, SH., M.Hum

Prof. Dr. Muhammad Fauzan, SH., M.Hum

Hayyan Ul Haq, SH., LLM., Ph.D

Dr. Bernart L. Tanya, SH., MH

Dr. H. Martin Roestamy, SH., MH

 

 

Kerjasama

kerjasama antara Fakultas Hukum UNS dan Faculty Of Law, Economics and Governance Utreeht University Netherlands

 

Lapangan Kerja

Aparatur Pemerintah, Polisi, TNI, Dosen, Guru, Hakim, Jaksa, Lawyer, Tenaga Kesehatan, dan Swasta, dll

Alumni

Kompetensi lulusan program Doktor ilmu hukum sangat relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan lapangan kerja. Hal ini ditunjukkan dengan data pelacakan alumni. Bagi mahasiswa yang sudah bekerja setelah lulus mendapatkan promosi jabatan.

Lulusan Program Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Program Pascasarjana UNS terdiri dari para teoritisi dan praktisi yang bertugas sebagai dosen baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, demikian juga para praktisi negeri seperti lawyer, notaris, hakim, jaksa, polisi yang tersebar di seluruh Indonesia. Lulusan Program Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Program Pascasarjana UNS mendapatkan posisi strategis di institusinya, dimana mereka bekerja.

Kompetensi Lulusan

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda