Anda pengunjung ke :
47660736
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S2

Nama Prodi :S2 Pendidikan Matematika
Ketua Prodi: Dr. Mardiyana, M.Si.
Website : s2pmath.fkip.uns.ac.id
Email : s2pmath@fkip.uns.ac.id

Pengantar

Untuk memperoleh tenaga berkualifikasi magister yang memiliki keahlian dalam bidang pendidikan matematika dengan kemampuan untuk menjadi pendidik, peneliti dan pengembang atau tenaga ahli di bidang pendidikan matematika, maka didirikanlah Program Studi Magister Pendidikan Matematika di FKIP UNS sejak tahun tahun kuliah 2001/2002.

Secara khusus, Program Studi Magister Pendidikan Matematika bertujuan untuk menghasilkan: 1) Lulusan yang memiliki kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan, mengembangkan pendidikan matematika, 2) Penelitian yang inovatif dalam bidang pendidikan matematika, 3) Karya-karya pengabdian kepada masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan matematika, dan 4) Kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan dan non pendidikan, baik di dalam maupun luar negeri.

Untuk mendukung tujuan tersebut, Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP UNS menerima calon mahasiswa dengan latar belakang S1 Pendidikan Matematika, S1 Matematika, S1 Statistika, atau S1 Ilmu Komputer.

 

Visi

Menjadi pusat pengembangan pendidikan matematika yang unggul dan bereputasi internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.

Misi

Untuk mewujudkan visi di atas, misi Program Studi Magister Pendidikan Matematika akan senantiasa:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan bimbingan yang efektif dan efisien dalam rangka menghasilkan lulusan yang profesional di tingkat nasional dan internasional,
  2. Menyelenggarakan penelitian pendidikan matematika dalam upaya memberikan konstribusi dalam pemecahan masalah yang terkait dengan pendidikan matematika, dan
  3. Menyelenggarakan kegiatan kemitraan dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan matematika yang bermanfaat bagi masyarakat

 

Fasilitas

Terdapat berbagai fasilitas belajar yang dapat digunakan oleh mahasiswa, antara lain: Perpustakaan UNS, Wifi/Jaringan Internet, Laboratorium Komputer UNS, Pelatihan Bahasa Inggris di UPT Pengembangan dan Pelatihan Bahasa, Student Center, Medical Center, Tempat Ibadah, dan Kantin yang representatif. 

Profil Pengajar

Pengajar di Program Magister Pendidikan Matematika FKIP UNS merupakan lulusan doktor (S3) dari Universitas terbaik dari universitas luar negeri maupun dalam negeri. Empat orang pengajar mempunyai keahlian di bidang penelitian dan pendidikan matematika, lima orang pengajar mempunyai keahlian di bidang matematika dan matematika terapan, dan empat orang pengajar mempunyai keahlian di bidang statistika. Nama-nama pengajar tersebut adalah:

Nama Keahlian Lihat Detail
Dr.MARDIYANAM.Si. Matematika Lihat Detail
Prof.Dr.BUDIYONOM.Sc. Statistika dan Pengukuran Pendidikan Lihat Detail
Dr.RIYADIS.Pd, M.Si. Matematika Lihat Detail
Dr.BUDI USODOM.Pd. Pendidikan Matematika Lihat Detail
Dr.IMAM SUJADIM.Si. Pendidikan Matematika Lihat Detail
Prof.TRI ATMOJO KUSMAYADIM.Sc., Ph.D Matematika Diskrit (Teori Graf) Lihat Detail
Dr.DEWI RETNO SARI SS.Si.,M.Kom. Statistika Lihat Detail
Dr. Dra.SRI SUBANTIM.Si. Statistika Terapan,dan Ekonometri Lihat Detail
Drs.ISNANDAR SLAMETM.Sc., Ph.D. Statistika Lihat Detail
Dr. IKRAR PRAMUDYAM.Si. Matematika Lihat Detail
Dr. Dra.DIARI INDRIATIM.Si. Kombinatorika Lihat Detail
LAILA FITRIANAS.Pd., M.Pd. Pendidikan matematika Lihat Detail
Dr.HASIH PRATIWIS.Si., M.Si. Statistika Lihat Detail

Kerjasama

Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP UNS telah melakukan berbagai kerjasama baik dengan instansi di dalam negeri maupun di luar negeri. Beberapa di antaranya adalah: (1)  kerjasama dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan SMAN 2 Madiun, SMAN 3 Madiun, SMAN 2 Ngawi, SMAN 1 Tuban, SMAN 2 Tuban, SMAN 1 Wonogiri, SMAN 2 Wonogiri, SMAN 1 Sragen, dan SMPN 2 Wonogiri, (2) kerjasama fasilitator RSBI dengan SMAN 3 Madiun, SMAN 2 Wonogiri, SMAN 1 Purwodadi, SMPN 1 Sragen, SMPN 1 Delanggu, SMPN 3 Sukoharjo, (3) kerjasama pembinaan olimpiade dengan SMAN 3 Surakarta dan SBBS Gemolong, (4) kerjasama dengan PASIAD Turki dalam bidang pembinaan olimpiade matematia SMP dan SMA, (5) kerjasama dengan Universitas Dili Timor Leste dalam pengiriman mahasiswa tugas belajar.

Lapangan Kerja

Lulusan Program Studi Magister Pendidikan Matematika dapat bekerja sebagai pendidik matematika di perguruan tinggi dan sekolah, sebagai widyaiswara di balai-balai diklat, seperti P4TK dan LPMP, sebagai tenaga ahli pembelajaran matematika di lembaga-lembaga yang bergerak di bidang pembelajaran matematika, baik lembaga formal maupun informal.

Alumni

Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP UNS telah memiliki himpunan alumni yang diketuai oleh Drs. Agus Budi Hartono, M. Pd. Terdapat sejumlah koordinator wilayah, yaitu: wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Alumni Program Studi Magister Pendidikan Matematika sebagian besar bekerja di bidang pendidikan sebagai dosen matematika perguruan tinggi atau guru matematika di sekolah. Beberapa di antaranya bekerja sebagai widyaiswara di P4TK atau di LPMP.

Para alumni terlibat secara aktif dan berpartipasi dalam upaya pengembangan Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP UNS. Bentuk-bentuk partisipasi yang dilakukan oleh alumni antara lain: sumbangan dana, sumbangan fasilitas, masukan untuk perbaikan pembelajaran, dan pengembangan jejaring.

 

 

Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusan yang diharapkan adalah:

1.    Mampu menguasai teori, strategi, metode, dan teknik pendidikan dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar.

2.    Mampu melaksanakan kemampuan mendidik yang mencakup kemam-puan mengoperasikan fungsi pengetahuan ilmiah sebagai acuan dalam mendeskripsikan, menjelaskan, memprediksikan, dan mengon-trol gejala alam melalui kegiatan belajar-mengajar.

3.    Mampu menguasai berbagai disiplin keilmuan yang diperlukan untuk dapat melakukan pembaharuan dalam bidang pendidikan matematika.

4.    Mampu menguasai paradigma keilmuan, hakikat pengetahuan ilmiah, sarana berpikir, serta nilai-nilai yang terkait dengan kegiatan keilmuan dan kegiatan penelitian dalam bidang pendidikan matematika.

5.    Mampu menguasai sarana berpikir yang diarahkan pada kemahiran menggunakan bahasa, logika, matematika, statistika, dan metodologi penelitian dalam bidang pendidikan matematika.

6.    Mampu melakukan penyusunan bahan ajar untuk Mata Pelajaran Matematika.

7.    Mampu melakukan pengembangan pelatihan pembelajaran inovatif yang relevan untuk Mata Pelajaran Matematika.

8.    Mampu melaksanakan kaji tindak untuk perbaikan pembelajaran yang relevan dengan Mata Pelajaran Matematika. 

9.    Mampu melakukan pembimbingan olimpiade matematika.

 

 

Prestasi Mahasiswa

Banyak mahasiswa yang berprestasi di bidang pendidikan matematika,antara lain :

  1. Juara Karya Tulis Ilmiah (misalnya Abi Suwito)
  2. Guru Berprestasi (misalnya Mutakhin, Agus Budi Hartono, Haryati, Melania Dwiyani H)
  3. Pemenang Penulisan Buku Pelajaran (misalnya Ngadiyono)
  4. Kepala Sekolah, baik di SMA (misalnya Nur Yuli Bangun Nursanti, Makmur Sugeng, Herminingsih) maupun SMP (misalnya Riana Setiadi)


Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda