Anda pengunjung ke :
47660694
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S2

Nama Prodi :S2 Pendidikan Kimia
Ketua Prodi: Dr. Sri Yamtinah, M.Pd.
Website :
Email : jengtina@staff.uns.ac.id

Pengantar

Secara umum tujuan Program Studi Magister Pendidikan Kimia UNS adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang pendidikan kimia dengan kemampuan untuk menjadi pendidik, peneliti dan pengembang/tenaga ahli yang berkualifikasi magister dalam bidang pendidikan kimia.

Secara khusus tujuan Program Studi Magister Pendidikan Kimia UNS adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan penguasaan konsep-konsep dasar yang mantap dalam bidang pendidikan Kimia.
  2. Mampu meningkatkan pelayanan profesi pendidikan Kimia melalui penelitian dan pengembangan.
  3. Memiliki kemampuan melakukan penelitian ilmiah bidang pendidikan Kimia yang mandiri;
  4. Mampu menggunakan ilmu pendidikan Kimia untuk memecahkan permasalahan Kimia dalam masyarakat dengan pendekatan interdisipliner dan komparatif;
  5. Memiliki sikap kritis dan responsif terhadap perkembangan ilmu, dan pengetahuannya dapat dikomunikasikan baik dengan masyarakat akademik kampus maupun masyarakat umum
  6. Meningkatkan kemampuan dalam menganalisis masalah secara mendalam dan melakukan penelitian pada taraf yang lebih komprehensif serta dapat mengekspresikan buah pikirannya dalam karya ilmiah (jurnal) yang terakreditasi.
  7. Memberikan bekal ilmu pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan yang cukup untuk melaksanakan penelitian dalam rangka studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (S3).

Visi

Visi

Sebagai Program Studi pembangun dan penghasil tenaga pendidik, peneliti dan pengembang dalam bidang pendidikan kimia yang profesional, bereputasi internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.

Misi

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pembelajaran, dan bimbingan secara efektif untuk menghasilkan tenaga kependidikan kimia yang unggul, berdaya saing tinggi, mandiri dan berkepribadian.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan yang mendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran  serta mampu menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang pendidikan kimia.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bidang kependidikan yang bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Mengembangkan ilmu, teknologi yang menunjang pengembangan bidang pendidikan Kimia.

Fasilitas

Media pembelajaran di PSMPK FKIP UNS meliputi OHP, LCD, koleksi perpustakaan, hasil penelitian, jurnal, textbook, laboratorium komputer, jaringan internet (dengan fasilitas hot spot). Berkaitan dengan pengembangan ilmu dan keahlian kimia, PSMPK FKIP UNS, sudah dilengkapi dengan lembaga-lembaga:

  1. Laboratorium Pendidikan yang tersedia pada jurusan Pendidikan MIPA. Selain itu khusus untuk penelitian konten kimia, tersedia laboratorium Pusat MIPA UNS.
  2. Perpustakaan di program studi, perpustakaan fakultas (FKIP), perpustakaan pascasarjana dan perpustakaan Universitas Sebelas Maret. Rata-rata dalam perpustaan itu menyediakan lebih dari 10 ribu buku-buku yang berkaitan dengan ilmu pendidikan dan bidang studi kimia, baik buku-buku cetak, buku-buku digital, maupun akses internet untuk memperoleh e-book dan jurnal nasional dan internasional. Perpustakaan FKIP dan universitas juga menyediakan jurnal-jurnal pendidikan dari dalam negeri maupun luar negeri yang sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa Program Pascasarjana.

Media Pembelajaran di PSMPK FKIP UNS terdiri dari lima bagian, yakni:

  1. Media untuk pengembangan pembelajaran yang meliputi OHP, LCD, dan laptop pada tiap-tiap ruang kelas.
  2. Koleksi perpustakaan lebih dari 10 ribu buku, seribu hasil penelitian dan jurnal nasional maupun internasional.
  3. Satu pusat laboratorium komputer.
  4. Jaringan internet dan fasilitas hot spot lebih dari 12 mbps.

Profil Pengajar

PSMPK FKIP UNS memiliki enam belas (16) orang dosen berkualifikasi doktor di bidang pendidikan kimia, pendidikan IPA dan kimia murni, baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri bahkan enam di antara dosen tersebut memiliki jabatan Guru Besar (Profesor). Dari aspek jumlah, dengan prediksi jumlah mahasiswa tiap tahun adalah 20 orang, periode admisi 1 kali/tahun, dan masa studi rata-rata 2 tahun, maka rasio dosen/mahasiswa PSMPK FKIP UNS 1/2,5 (sangat baik). Dari aspek kualifikasi dosen, sebanyak 6 orang atau sebesar 37,5% bergelar guru besar. Sesuai dengan Tahapan Strategi Pencapaian Tujuan Program Studi Magister Pendidikan Kimia FKIP UNS, maka diharapkan pertambahan guru besar 1 orang/2 tahun (3%/tahun), sehingga pada akhir 2025 sudah ada 10 orang dosen bergelar guru besar (63%). Dari aspek bidang keahlian, sudah ada pemeraatan bidang keahlian, mencakup pendidikan kimia (4 orang), kimia murni (9 orang), statistik dan evaluasi pembelajaran (3 orang).

Kerjasama

Lapangan Kerja

Lulusan PSMPK FKIP UNS akan memiliki gelar Magister Pendidikan disingkat  M.Pddengan bidang Ilmu yang akan difokuskan bidang Pendidikan kimia yang memiliki kemampuan yang memadai dalam bidang teori dan aplikasi metodologis penelitian serta mampu membangun link kerja sama dengan jaringan Pendidikan kimia (Chemistry Education) nasional serta memiliki loyalitas terhadap nusa bangsa dan negara Republik Indonesia.

 

Alumni

Kompetensi Lulusan

Berdasarkan Perpres nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), lulusan PSMPK FKIP UNS ada pada level 8 yang memiliki kompetensi: 1) mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji, 2) mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner, 3) mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional. Sehubungan dengan hal ini, maka lulusan PSMPK FKIP UNS harus memiliki kompetensi sebagaimana telah disebutkan di atas.

Prestasi Mahasiswa



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda