Anda pengunjung ke :
47660729
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S2

Nama Prodi :S2 Teknologi Pendidikan
Ketua Prodi: Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd
Website : tp.pasca.uns.ac.id
Email : tp@fkip.uns.ac.id

Pengantar

Program Studi S2 Teknologi Pendidikan, Program Pasca Sarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta memulai kegiatan akademiknya pada tahun akademik 1999/2000 (September 1999) berdasarkan Surat Keputusan dirjen Dikti No. 255/DIKTI/Kep/1999. Sejak berdiri sampai sekarang telah dilakukan akreditasi dari BAN PT pada bulan juni tahun 2004 dengan memperoleh peringkat A, selanjutnya pada akreditasi tahun 2011 kembali mendapat peringkat A dengan score 375

Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sebelas Maret pertama kali menerima mahasiswa pada tahun 1999. Karena besarnya minat masyarakat yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang S2 bidang teknologi pendidikan, program studi ini mengawali kegiatannya dengan membuka 2 (dua) kelas paralel yang masing-masing terdiri dari 23 mahasiswa.

Calon mahasiswa yang diterima masuk di Program Studi Teknologi Pendidikan ini terdiri dari dosen baik yang berasal dari perguruan tinggi negeri  maupun swasta di sekitar Surakarta, tenaga edukatif dari pendidikan sekolah dasar sampai pada tingkat pendidikan menengah dan berbagai instansi dari bermacam-macam disiplin ilmu di jenjang Strata Satu (S1).

 

Visi

Menjadi Program Studi yang diandalkan dalam menghasilkan teknolog pendidikan yang mampu mengembangkan dan mengelola sistem pembelajaran sesuai dengan perkembangan lingkungan dan teknologi tahun 2020.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu tinggi sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi mengembangkan dan mengelola sistem pembelajaran yang dapat bersaing di tingkat global.
  2. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam lingkup nasional maupun internasional
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka  penerapan dan penyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknologi Pendidikan.
  4. Menghasilkan strategi-strategi dan produk pembelajaran pada tingkat makro dan mikro dengan pendekatan sistem belajar mandiri melalui penelitian dan pengembangan di bidang Teknologi Pendidikan

Fasilitas

  1. Ruang kuliah pada umumnya dilengkapi dengan fasilitas AC, dilengkapi dengan OHP, White Board, LCD Proyektor dan penerangan yang baik sehingga memberikan suasana belajar mengajar yang nyaman.
  2. Ruang Ketua dan Sekretaris Program Studi Teknologi Pendidikan tersendiri dengan fasilitas yang cukup memadai dan tersedia komputer dan jaringan internet.
  3. Di tingkat Program Pascasarjana dan UNS telah terbentuk tim penjamin mutu yang dapat berperan sebagai konsultan dan pembimbing di Program Studi.
  4. Sumber informasi seperti perpustakaan, laboratorium internet, komputer.
  5. Telah terbentuk sistem pendidikan dan pengajaran yang mantap.
  6. Komitmen pimpinan cukup besar dalam menerapkan sistem penjaminan mutu Program Studi Teknologi Pendidikan telah mengembangkan dan melaksanakan sistem pengadaan, pengelolaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana yang terpadu sehingga secara efisien mampu menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan setiap program studi dengan kuantitas dan kualitas yang sebaik - baiknya.
  7. Perpustakaan UNS merupakan perpustakaan yang dilengkapi dengan digital library.

Profil Pengajar

Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNS mempunyai 24 orang dosen yang sangat berkompeten, yang terdiri dari 15 orang Doktor dan 9 orang Guru Besar.

Kerjasama

Prodi S2 Teknologi Pendidikan melakukan kerjasama dengan beberapa institusi mitra seperti:

  1. Studio Audio Visual,
  2. Multi Media Training Centre (MMTC)
  3. PSB Academy di Singapore,
  4. SEAMOLEC
  5. MGMP se Surakarta
  6. BPM TV
  7. Pustekom

Lapangan Kerja

  1. Guru
  2. Dosen
  3. Menjadi Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP)
  4. Bank
  5. Berbagai Institusi yang mengadakan diklat

Alumni

  1. Lulusasn memiliki kompetensi yang sesuai untuk tugas-tugas pekerjaannya di lapangan. Kesesuaian ini diperoleh dengan upaya penataan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan pemanfaat lulusan dan upaya pembentukan sikap yang sesuai dengan jabatan lulusan. Upaya tersebut didasarkan pula atas balikan dari pemanfaat lulusan.
  2. Kompetensi lulusan yanng selaras dengan kebutuhan lapangan kerja di bidang manajemen pendidikan itu dicapai dengan sistem pembelajaran dan evaluasi yang menjanjikan, serta komitmen para dosen terhadap sistem pembelajaran dan evaluasi.
  3. Secara kuantitatif, Program Studi ini, telah meluluskan 507 orang Magister Pendidikan, dengan masa studi rata-rata 18 bulan (smapai tahun 2004)

Kompetensi Lulusan

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  3. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional nasional maupun internasional.

Prestasi Mahasiswa

  1. Mampu menghasilkan media mempelajaran berbasis ICT, CD interaktft, Mobile Leraning dll.
  2. Mampu menulis dan melaksanakan publikasi baik Jurnal maupun Prosiding baik nasional maupun internasional.
  3. Narasumber pelatihan.


Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda