Anda pengunjung ke :
47657168
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S2

Nama Prodi :S2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ketua Prodi: Dr. Riyadi, M.Si.
Website : http://pasca.uns.ac.id/s2pgsd
Email : s2pgsd@pasca.uns.ac.id

Pengantar

Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pascasarjana UNS merupakan salah satu Program Studi di Pascasarjana Universitas Sebelas Maret yang telah disetujui pembukaannya oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan SK Mendikbud No. 419/E/0/2014 tanggal 17 September 2014. Program Studi ini memulai kegiatan akademik maupun nonakademik pada tahun akademik 2014/2015 semester Februari – Juli 2015. Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar telah divisitasi oleh Asesor BAN PT pada tanggal 24 November 2016. Berdasarkan hasil visitasi itu, Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar dinyatakan telah memenuhi persyaratan penyelenggaraan pendidikan dan terakreditasi dengan peringkat B berdasarkan SK BAN PT Nomor 0487/SK/BAN-PT/Akred/M/I/2017 pada tanggal 26 Januari 2017 dan Akreditasi tersebut berlaku sampai dengan tanggal 26 Januari 2022. 

Secara struktural, Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar berada di bawah koordinasi Pascasarjana UNS yang melaksanakan kegiatan organisasinya berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Sebelas Maret No. 463/J27/KP/1999 tentang Pembentukan Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Pendirian Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pascasarjana UNS bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki profil sebagai berikut:

1. Pendidik di PGSD dan Widyaiswara

Pendidikan profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni khususnya pembelajaran ke-SD-an melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

2. Pendidik/Guru Sekolah Dasar

Pendidik tingkat mahir dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada jenjang Pendidikan Sekolah Dasar.

3. Peneliti Pendidikan Sekolah Dasar

Peneliti pendidikan Sekolah Dasar yang melakukan penelitian pendidikan di jenjang Sekolah Dasar dan memberikan rekomendasi kepada pengambil kebijakan di Sekolah Dasar.

4. Konsultan Pendidikan Sekolah Dasar

Konsultan pendidikan Sekolah Dasar yang memberikan konsultasi pendidikan di jenjang Sekolah Dasar dan memberikan rekomendasi kepada pengambil kebijakan di Sekolah Dasar.

 

Kompetensi Lulusan Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pascasarjana UNS mengacu pada Kepmendiknas No.045/U/2002 pasal 2 ayat 1 dibedakan atas kompetensi utama, kompetensi pendukung, dan kompetensi lainnya.

Visi

Menjadi pusat pengkajian dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang pendidikan Sekolah Dasar yang diakui di tingkat nasional maupun internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang inovatif dan bermutu tinggi sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengembangkan dan mengelola pendidikan Sekolah Dasar yang dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni bidang pendidikan Sekolah Dasar.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam lingkup nasional maupun internasional.

Fasilitas

No.

Jenis Prasarana

Jumlah Unit

Total Luas (m2)

Kepemilikan

Kondisi

Utilisasi (Jam/minggu)

SD

SW

Tera-wat

Tidak Ter-awat

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

1.

Kantor prodi

1

36

SD

-

-

60

2.

Ruang Transit dosen

1

36

SD

-

-

48

3.

Kantor Administrasi

1

36

SD

-

-

48

4.

Ruang diskusi

1

26

SD

-

-

50

5.

Ruang Sidang

2

78

SD

-

-

5

6.

Ruang Vicon

1

15

SD

-

-

5

7.

Ruang Kuliah

2

120

SD

-

-

50

8.

Lab Multimedia

2

3936

SD

-

-

3

9.

Ruang Aula

1

 

SD

-

-

30

10.

Ruang Perpustakaan

2

2400

SD

-

-

50

11.

R. Komputer

1

650

SD

-

-

48

12.

Lab IPA

1

120

SD

-

-

10

13.

Lab Matematika

1

120

SD

-

-

10

Profil Pengajar

Dosen Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pascasarjana UNS sangat mencukupi. Dosen terdiri dari pakar-pakar dalam bidangnya dan seluruhnya bergelar doktor serta sebanyak 20% mempunyai jabatan guru besar. Dosen Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pascasarjana UNS adalah pakar dalam bidang Pendidikan Sekolah Dasar. Semua dosen memiliki keanggotaan profesi secara nasional. Seluruh dosen telah memenangi penelitian hibah kompetitif, dan sebagian besar melibatkan mahasiswa dalam penelitiannya. Hibah penelitian yang  diperoleh antara lain Hibah Kompetensi,  Hibah Bersaing, Hibah Pascasarjana, Hibah Strategi Nasional, dan Hibah Potensi Pendidikan. Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pascasarjana UNS memiliki tenaga pendukung dalam jumlah cukup dengan kualifikasi dan kemampuan yang sesuai dengan bidang tugasnya. Tenaga pendukung tersebut meliputi berbagai aspek keadministrasian dan akademik, seperti administrasi akademik, pustakawan, arsip, administrasi pendidikan dan keuangan,.

Berikut adalah nama-nama tenaga pendidik di Magister Pendidikan Guru  Sekolah Dasar Universitas Sebelas Maret :

  1. Prof. Dr. ST Y Slamet, M. Pd.
  2. Prof. Dr. Heribertus Soegiyanto, S.U
  3. Prof. Dr. Retno Winarni, M. Pd.
  4. Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si.
  5. Dr. Suharno, M. Pd.
  6. Dr. Abdul Salim, M. Kes.
  7. Drs Gunarhadi, M.A, Ph.D.
  8. Dr. Peduk Rintayati, M. Pd.
  9. Dr. Rukayah, M. Hum.
  10. Dr. Siti Sutarmi Fadhilah, M. Pd.
  11. Dr. Roemintoyo, M. Pd.
  12. Dr. Bambang Wasito Adi, M.Sc. 
  13. Dr. Budi Usodo, M. Pd.
  14. Dr. Tri Murwaningsih, M. Si.
  15. Dr. Mintasih Indriayu, M. Pd.
  16. Dr. Winarno, S. Pd, M. Si.
  17. Dr. Riyadi, M. Si
  18. Dr. Sarwanto, S. Pd, M. Si.
  19. Dr. Sri Yamtinah S. Pd., M. Pd.
  20. Dr. Triyanto S. H., M. Hum.
  21. Dr. Sudiyanto, M.Pd. 
  22. Dr. Hartono, M.Hum. 

Kerjasama

No.

Nama Instansi

Jenis

Kegiatan

Kurun Waktu

Kerjasama

Manfaat yang Telah Diperoleh

Mulai

Berakhir

1

SD Islam Al Hilal Kartasura

Workshop dan Pameran Seni

17 Desember 2015

18 Desember 2015

Menambah pengetahuan dan keterampilan mengenai rencana dan pelaksanaan pameran seni.

2

SD Negeri Gumpang 03

 

Peningkatan Kinerja Guru dan

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

2 Maret 2015

31 Desember  2017

Menambah profesionalisme guru

3.

SD Muhammadiyah 1 Ketelan

Peningkatan Pembelajaran Seni Budaya dan

Keterampilan Sekolah Dasar

 

23 Maret 2015

31 Desember  2017

Memberikan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan dalam meningkatkan kinerja guru SD Muhammadiyah 1 Ketelan dan mahasiswa S2 PGSD dalam pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di Sekolah Dasar.

4

UKM Kerajinan Kayu Berbasis Batik Klasik

 

Peningkatan Kemampuan Berkreasi Dalam

Pengkayaan Materi Ajar SBK

 

6 April 2015

31 Desember  2017

Memberikan kesempatan dalam meningkatkan pengalaman langsung berkreasi dalam memperkaya pengalaman materi ajar SBK mahasiswa S2 PGSD yang berdampak pada apresiasi kerajinan lokal untuk meningkatkan ketahanan budaya dan kesejahteraan UKM

5

Kemendikbud

Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah

April

2016

Desember

2016

Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah

Lapangan Kerja

Peluang lulusan Program Studi Magiter PGSD adalah menjadi Pendidik di PGSD dan Widyaiswara, Pendidik/Guru Sekolah Dasar, Peneliti Pendidikan Sekolah Dasar, dan Konsultan Pendidikan Sekolah Dasar. 

Alumni

Sampai saat ini Program Studi sudah memiliki 5 (lima) orang lulusan dan mereka tergabung dalam Himpunan Alumni Pascasarjana dan Himpunan Alumni Program Studi Magister PGSD

Rapat pertama dilaksanakan pada hari Kamis, 9 Juni 2016 dengan hasil pembentukan pengurus rintisan Himpunan Alumni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pascasarjana UNS.

Rapat kedua dilaksanakan pada hari Jumat, 19 Juni 2016 dengan hasil pembentukan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Rintisan Himpunan Alumni. Pada rapat ketiga yang dilaksanakan pada hari Senin, 25 Juli 2016. Hasilnya adalah rencana partisipasi alumni yang meliputi:

  1. Sumbangan dana : ke depan alumni Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pascasarjana UNS rencananya akan memberikan sumbangan dana yang digunakan untuk melaksanakan forum kegiatan ilmiah seperti seminar dan lokakarya sebagai penunjang wawasan keilmuan mahasiswa.
  2. Sumbangan fasilitas : ke depan alumni Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar rencananya akan menyumbangkan fasilitas-fasilitas yang diperlukan dosen dan mahasiswa untuk menunjang penyelenggaraan dan pengelolaaan program studi, seperti fasilitas ijin penelitian, fasilitas sebagai narasumber kegiatan akademik, fasilitas informasi pekerjaan, dan sebagainya.
  3. Masukan untuk perbaikan proses pembelajaran : ke depan alumni Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar rencananya akan memberikan feedback atau saran untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan perbaikan penyelenggaran serta pengelolaan program studi.
  4. Pengembangan jejaring : ke depan alumni Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar rencananya akan membangun jejaring, untuk memberikan informasi yang diperlukan Program Studi maupun alumni. Pengembangan jejaring alumni ini dinilai mempunyai nilai penting bagi Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pascasarjana UNS. Pengembangan jejaring alumni dapat dimanfaatkan untuk rekonstruksi kurikulum, tracer study, research, joint publication, dan kegiatan pengabdian pada masyarakat

Kompetensi Lulusan

Lulusan Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar akan memiliki gelar Magister Pendidikan, disingkat M.Pd. dengan bidang Ilmu yang akan dikembangkan difokuskan (spesialisasi) pada bidang pendidikan sekolah dasar. Berdasarkan Perpres Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar ada pada level 8. Seorang Magister lulusan Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar harus memiliki kompetensi: 1). Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji, 2) Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner, dan 3) Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.

Prestasi Mahasiswa

Sebagian besar Mahasiswa Program Studi Magister PGSD Pascasarjana UNS telah mempresentasikan hasil penelitiannya di forum Seminar Nasional maupun Internasional, bahkan sebagian di antara mereka artikel ilmiahnya berhasil dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi. 



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda