Anda pengunjung ke :
47660726
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S2

Nama Prodi :S2 Pendidikan Sejarah
Ketua Prodi: Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd., M.Hum.
Website : dwarapala.fkip.uns.ac.id
Email : dwarapala@fkip.uns.ac.id

Pengantar

Pendidikan Sejarah adalah integrasi antara bidang Ilmu Pendidikan dan bidang Ilmu Sejarah yang dalam hal ini indigenous history (local history) yang berfungsi untuk menelusuri dan menganalisis networking collective memories bangsa Indonesia, baik dalam konteks relasi antaretnisitas maupun etno-religiositas. Relasi itu meliputi kehidupan sosial politik, sosial ekonomi, dan sosial budaya. Eksplorasi networking collective memories bersifat scientific dan educative untuk memperkuat bingkai NKRI. Sifat scientific dan edukatif itu menjadi faktor nation competitiveness.

Dasar scientific penelusuran dan analisis indigenous history (local history) adalah untuk ditransmisikan, dan transmisi itu melalui proses bersifat historical thinking, historical skill, dan historical issues. Proses itu merupakan kemanfaatan dari Program Magister Pendidikan Sejarah. Bahkan kemanfaatan lain adalah membentuk profesionalitas dan kompetensi dalam pendidikan dan pembelajaran, serta kompetensi pengembangan strategi perekatan kehidupan bangsa. Fenomena ini belum berjalan sebagai proses nation competitiveness. Yang terjadi di lapangan (sekolah menengah danperguruan tinggi) adalah guru, instruktur, dan dosen masih mengedepankan pengetahuan sejarah bersifat hafalan, dan hal itu sangat berseberangan dengan Kurikulum 2013.

Eksplorasi networking collective memories untuk membentuk kesadaran bangsa dan menekan timbulnya konflik sosial. Otonomi daerah menuntut sumber daya Pendidik Sejarah harus kompeten dalam permasalahan: (1) pendidikan dan pembelajaran, (2) membangun kesadaran untuk menekan konflik sosial, dan (3) merekatkan bangsa yang diisyaratkan Kurikulum 2013. Kompeten profesional pendidikan dan pengajaran meliputi: kurikulum, buku teks, strategi dan model pembelajaran, media pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Dengan dasar itu profesional merencanakan, mengembangkan, dan mengimplementasikan pembelajaran sejarah yang dibutuhkan sebagai tantangan menghadapi problematika masa kini maupun masa mendatang.

Visi

Sebagai rujukan pengembangan pendidikan dan pembelajaran sejarah yang unggul di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2020.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran Sejarah yang berorientasi pada perkembangan IPTEK.
  • Menyelenggarakan pengkajian pendidikan dan pembelajaran Sejarah melalui penelitian dosen dan mahasiswa.
  • Menyelenggarakan program pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Sejarah yang bermanfaat bagi masyarakat.
  • Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam lingkup nasional maupun internasional.

Fasilitas

Ruang kuliah AC, internet, perpustakaan, laboratorium, saran olah raga, sarana ibadah.

Profil Pengajar

 

S2 Pendidikan Sejarah terdiri dari 9 Guru Besar Aktif, 1 Guru Besar Emiritus, dan 11 Dosen Kualifikasi Doktor.

1. Dr. AKHMAD ARIF MUSADAD M.Pd

2. Prof.Dr. ANDRIK PURWASITO DEA

3. Dr. CICILIA DYAH SULISTYANINGRUM I M.Pd

4. Dr. DJONO M.Pd.

5. Prof. Dr. HERMANU JOEBAGIO M.Pd.

6.Prof. (Em) Dr HERMAN JOSEPH WALUYO M.Pd

7. Dr. LEO AGUNG SUTIMIN M.Pd

8.Prof. Dr. MUHAMMAD AKHYAR M.Pd

9. Prof.Dr MULYOTO M.Pd

10. Dr. MUSA PELU S.Pd., M.Pd.

11. Prof. Dr. NUNUK SURYANI M.Pd

12. Prof. Dr. SARIYATUN M.Pd., M.Hum.

13. Dr. SRI YAMTINAH M.Pd.

14. Dr. SUDIYANTO M.Pd

15.Prof. Dr. SUNARDI M.Sc.

16. Dr. SURYO EDIYONO M.Hum.

17. Dr. SUSANTO M.Hum

18.Dr. TRIANA REJEKININGSIH S.H.,KN., M.Pd.

19. Prof. Dr. WARTO M.Hum.

20.Prof. Dr. Wasino, M.Hum

 

 

Kerjasama

Kerjasama dan kemitraan ini dirintis sejak tahun 2002. Masuknya sejumlah mahasiswa di Program Studi Pendidikan Sejarah merupakan hasil penjaringan dari MGMP wilayah eks-Karesidenan Surakarta.

Bentuk kerjasama dan kemitraan lainnya dilakukan secara insidental atau tidak permanen. Misalnya, kerjasama dengan penerbit Ombak Yogyakarta  dalam acara seminar. Ketika Prodi Sejarah menyelenggarakan seminar nasional tentang ”sejarah kontroversial” pada Mei 2009, penerbit Ombak menggunakan kesempatan itu untuk menjual buku-buku sejarah dengan memberikan imbalan kepada Prodi Sejarah. Di samping itu, banyak pihak yang juga turut bekerjasama dalam acara seminar atas dasar saling menguntungkan.

Untuk memperluas sumber belajar bagi mahasiswa, Program Studi Pendidikan Sejarah PPs. UNS melakukan pendekatan eksternal, antara lain merencanakan menjalin kerjasama dan kemitraan dengan pengelola museum Radya Pustaka, Museum dan Perpustakaan Sonopustaka Karaton Kasunanan, Perpustakaan Reksopustaka Mangkunegaran, Museum Sonobudaya Yogyakarta, Arsip Daerah dan Perpustakaan Propinsi Jawa Tengah di Semarang. Beberapa di antara lembaga itu telah dimanfaatkan sebagai sumber belajar khususnya untuk kegiatan kuliah kerja lapangan (KKL), meskipun hubungan kerjasama secara resmi belum dituangkan dalam MoU.

Untuk memperkenalkan Program Studi Sejarah PPs. UNS kepada masyarakat secara luas, diterbitkanlah leaflet yang memuat informasi singkat profil Prodi Pendidikan Sejarah PPs. UNS. Misalnya, dalam leaflet dimuat mengenai syarat dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru, waktu pendaftaran, seleksi dan pengumuman, besarnya biaya pendidikan, kurikulum, staf dosen, dan pengelola program. Di samping itu, telah dilakukan MoU dengan Solopos (MoU terlampir).

Lapangan Kerja

Guru mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar, Mata Pelajaran IPS sejarah untuk Sekolah Menengah

Dosen Program Studi Sejarah di Universitas

Peneliti sejarah di Badan Penelitian terkait

 

Alumni

  • Hasil Studi Pelacakan Lulusan

Alumnus Magister Pendidikan Sejarah : (1) Menjadi Pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Palembang, Mirza Fanzuri (2) Alumnus diterima di Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Batam, Universitas Negeri Lampung, IKIP Pontianak, STKIP Bima, IKIP PGRI Kupang, Universitas Negeri Jambi, STKIP Lampung,

Kompetensi Lulusan

  • Program Magister Pendidikan Sejarah menargetkan lulusan Magister Pendidikan Sejarah menguasai konsep pendidikan, pengajaran dan pembelajaran sejarah. Lulusan juga mampu mengembangkan perencanaan pembelajaran sejarah dan mampu melaksanakan pembelajaran sejarah. Lulusan menguasai bidang pendidikan, pengajaran dan pembelajaran, serta mampu mengembangkan profesi bidang pendidikan sejarah. Sebagai pengembang media dan sumber pembelajran sejarah, lulusan mempunyai keahlian dalam bidang merancang dan mengembangkan kurikulum, strategi, model pembelajaran, bahan ajar dan media pembelajaran dalam bidang pendidikan sejarah. Lulusan yang mampu melakukan riset pengembangan pendidikan sejarah dan mampu mengelola hasil riset serta mempublikasikanya sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.
  • Kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Sejarah PPs. UNS dikondisikan oleh adanya perubahan kurikulum yang menyangkut profesi keahlian bidang sejarah. Muncul lima mata kuliah baru yaitu (1) Kapita Selekta Sejarah Indonesia dan Dunia Dalam Kajian Mutakhir, (2) Workshop Kurikulum Sejarah, (3) Workshop Media Pembelajaran (4) Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran, (5) Sejarah Lokal. Lima mata kuliah ini akan membentuk kompetensi lulusan sebagai sejarawan pendidik dan peneliti, yang pada gilirannya dapat mengembangkan bahan ajar di sekolah dan di kampus.
  • Pembentukan kompetensi lulusan dapat dicapai melalui penguasaan berbagai disiplin keilmuan yang diperlukan dalam kerja profesional di bidang pendidikan sejarah. Penguasaan itu ditekankan pada fungsinya sebagai acuan pemecahan suatu masalah dan sebagai landasan pengembangan keilmuan selanjutnya.
  • Kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Sejarah PPs. UNS juga dibentuk dan dipersiapkan melalui serangkaian kegiatan perkuliahan seperti dipaparkan di atas, dan praktik Kuliah Kerja lapangan (KKL). Sasaran kegiatan KKL ini adalah objek-objek peninggalan sejarah dan purbakala, museum dan perpustakaan yang dapat dijadikan sumber belajar bagi mahasiswa. Beberapa tempat yang dikunjungi mahasiswa yang melakukan KKL antara lain objek-objek peninggalan sejarah dan purbakala di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah, Museum, Keraton, Kantor Arsip Daerah Yogyakarta dan Propinsi Jawa Tengah, perpustakaan Sono Budaya, Reksopustaka, dan Sonopustaka.
  • Untuk mewujudkan kompetensi lulusan, penguasaan teori dan konsep oleh mahasiswa diarahkan kepada keseimbangan antara kemampuan teknik (technical know-how) dan kemampuan manajerial (managerial know-how).
  • Secara keseluruhan, untuk memperoleh lulusan yang kompeten dalam bidang pendidikan sejarah, maka dalam proses belajar mengajar, mahasiswa dibekali pengetahuan dan pemahaman paradigma, konsep dan teori yang optimal sehingga memungkinkan terwujudnya lulusan yang kompeten.  Penguasaan paradigma keilmuan ini bersama-sama dengan penguasaan teori berfungsi sebagai acuan berfikir, bersikap, dan bertindak baik dalam memecahkan masalah maupun dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.

Prestasi Mahasiswa

prestasi akademik mahasiswa yakni ditunjukkandengan IPS lulusan yang tinggi

Tahun

Jumlah Mahasiswa

IPK Tertinggi

IPK Terendah

September 2013

26

3,95

3,68



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda