Anda pengunjung ke :
47660693
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S2

Nama Prodi :S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Ketua Prodi: Prof. Dr. Andayani, M.Pd.
Website : s2pbi.fkip.uns.ac.id
Email : s2pbi@fkip.uns.ac.id

Pengantar

Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan, mengembangkan pendidikan dan pengajaran bahasa Indonesia; memiliki kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan serta mengevaluasi penelitian dalam pendidikan bahasa Indonesia; kemampuan dalam pengembangan kurikulum, penyusunan buku ajar, penciptaan media pembelajaran guna meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; dan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Indonesia di berbagai jenjang pendidikan baik nasional, regional, maupun internasional.

Visi

Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret mempunyai visi sebagai pusat pendidikan, penelitian, dan pengembangan bahasa dan sastra Indonesia yang mampu menghasilkan tenaga profesional di bidang pendidikan, penelitian, dan penulisan buku ajar yang andal baik di tingkat nasional maupun regional.

Misi

Misi Program Studi S2 PBI adalah: (1) menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, dan bimbingan secara efektif untuk menghasilkan tenaga ahli dalam bidang pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia yang unggul dan berdaya saing; (2) menyelenggarakan penelitian dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia beserta pengajarannya yang mampu menjadi penetas atau menghasilkan berbagai kegiatan inovatif dalam bidang pendidikan; (3) menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia yang bermanfaat bagi masyarakat; dan (4) mengembangkan ilmu bahasa dan sastra Indonesia yang menunjang pengembangan pendidikan.

Fasilitas

Mahasiswa S2 PBI difasilitasi dalam kegiatan pembuatan bahan ajar atau modul perkuliahan. Fasilitas juga berupa peningkatan jumlah maupun mutu sarana dan prasarana pembelajaran. Di setiap ruang kuliah sudah terpasang LCD dan pada umumnya masing-masing dosen telah menyiapkan laptop, serta kampus UNS telah dilengkapi dengan fasilitas hot spot area. Buku-buku dan hasil penelitian/jurnal sebagai bahan referensi telah disediakan di Ruang Baca PBI UNS, perpustakaan Program Pascasarjana UNS, perpustakaan UPT P2B, maupun perpustakaan pusat UNS.

Profil Pengajar

Pendidik Madya Bahasa dan Sastra Indonesia: Pendidik dalam bidang ilmu bahasa dan sastra Indonesia dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada mata pelajaran bahasa dan sastra Jawa di sekolah menengah dan perguruan tinggi

 

Peneliti Madya Bidang Pendidikan Bahasa Indonesia: Menyusun dan menghasilkan suatu teori, konsep, atau proses/prosedur dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang memiliki dampak sosial budaya secara nasional dan digunakan sebagai kebijakan nasional serta memperoleh pengakuan dari lembaga terkait

Kerjasama

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia telah menjalin kerja sama dengan sejumlah universitas negeri dan swasta. Bahkan juga menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri yaitu: Universitas Utara Malaysia, Universitas Kebangsaan Malaysia; dan Kokushikan University, Leiden University, dan lain-lain

Lapangan Kerja

Lapangan kerja lulusan S2 Pendidkan Bahasa Indonesia meliputi:

1. Pendidik dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia di jenjang pendidikan dasar, menengah, dan tinggi

2. Pengembang bahan ajar dan buku referensi bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

3. Pengembang kurikulum bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

Alumni

Alumni Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia UNS sebagian besar telah tertampung di perguruan tinggi negeri dan swasta sebagai dosen dalam mata kuliah Bahasa Indonesia dan mata kuliah-mata kuliah pengajaran bahasa dan pengajaran sastra Indonesia. Misalnya, alumni yang kini telah diangkat sebagai dosen tetap di USU Medan, UNSYIAH Aceh, Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Padang, Universitas Mulawarman, Universitas Negeri Makassar, Universitas Halmahera, UPI Bandung, Universitas Negeri Semarang, IAIN Jakarta, UIN Yogyakarta, IAIN Surakarta, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Udayana, dan berbagai universitas swasta terkemuka. Selain itu, ada alumni yang mengajar sebagai pengajar bahasa Indonesia di luar negeri, yaitu di Thailand, Polandia, dan Maroko.

Kompetensi Lulusan

Menguasai pembelajaran inovatif dalam bidang pengajaran bahasa dan sastra Indonesia

Kompeten mengembangkan bahan ajar bereputasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia

Kompeten mengembangkan media pembelajaran inovatif untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

Kompeten meneliti kajian mutakhir dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

Prestasi Mahasiswa

Prestasi mahasiswa S2 Pendidikan Bahasa Indonesia UNS dapat dinyatakan sangat baik, antara lain terlihat dari IPK dan waktu penyelesaian studi. Rerata IPK sebesar 3,48 dan dapat menyelesaikan studi dalam waktu rata-rata 1 tahun 8 bulan. Banyak mahasiswa Prodi PBI memiliki prestasi dan memenangi berbagai kompetisi penelitian tindakan kelas, buku pelajaran, guru berprestasi, dan kepala sekolah berprestasi, baik dalam tingkat nasional maupun wilayah. Ada alumni-alumni yang S2 PBI yang lolos seleksi sebagai pengajar bahasa Indonesia (BIPA) di luar negeri yaitu di Thailand, India, Polandia, dan Maroko.



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda