Anda pengunjung ke :
47660704
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S2

Nama Prodi :S2 Ilmu Keolahragaan
Ketua Prodi: Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd
Website : --
Email : aguskriss@yahoo.co.id

Pengantar

Sebagaimana Prodi lain di Pascasarjana di Universitas Sebelas Maret Surakarta, Prodi S2 Ilmu Keolahragaan diarahkan untuk menjadi penghela kemajuan universitas. Ada tantangan tersendiri bahwa ke depan harus “diproduksi” ilmuwan keolahragaan untuk mengawal percepatan pencapaian tujuan keolahragaan nasional. Ke depan, bangsa ini membutuhkan SDM keolahragaan yang memiliki integritas tinggi agar bangsa Indonesia berkeunggulan di bidang pembangunan keolahragaan. Olahraga meliputi pilar yang teridiri dari olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga rekreasi. Perwujudan hasil pembangunan akan ditopang oleh kemajuan Iptek olahraga yang diharapkan disumbangkan oleh lulusan pascasarjana. Prodi S2 Ilmu Keolahragaan sejak awal berdiri hingga saat ini bertekad untuk menjadi bagian penting dalam memproduk magister keolahragaan yang berintegritas tinggi.

Visi

Menjadi Pusat Pengembangan Ilmu Keolahragaan yang Unggul dan Bereputasi Tingkat Nasional dan Internasional dengan Tetap Berbasis pada Nilai-nilai Luhur Budaya Nasional

Misi

(1) Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas dan terpercaya sesuai tingkat magister untuk membentuk lulusan handal di bidang ilmu keolahragaan multilingkup yang meliputi: olahraga pendidikan, olahraga prestasi, dan olahraga rekreasi;

(2) Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengembangan inovatif keolahragaan dalam rangka memperbesar kontribusi IPTEK keolahragaan dalam mewujudkan proses pembangunan bangsa yang unggul dan berdaya saing di tingkat lokal, regional, nasional maupun di tingkat internasional;
(3) Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam rangka implementasi secara mendasar dan berkelanjutan dari hasil pendidikan, pengembangan IPTEK dan hasil penelitian secara profesional di bidang keolahragaan dengan memperhatikan ketajaman pada kontribusi sumber daya kejeniusan lokal (local genious)

Fasilitas

Fasilitas yang dapat diakses oleh para mahasiswa S2 Ilmu Keolahragaan berupa sarana dan prasarana untuk keperluan perkuliahan dan riset. Untuk perkuliahan dilaksanakan di gedung baru lantai 4 yang didukung oleh hotspot area, fasilitas lift, ruang ber-AC, serta perpustakaan yang layak. Media audio-visual serta fasilitas teleconference juga tersedia. Untuk keperluan riset, mahasiswa dibantu untuk secara mudah memanfaatkan laboratorium anatomi dan fisiologi di Fakultas kedokteran, Laboratorium fitness di Jurusan POK FKIP UNS, Laboratorium fitness di RS Kustati, uji laboratorium di Klinik Prodia, serta berbagai instalasi relevan di beberapa RS besar di Kota Surakarta,

Profil Pengajar

NO

 Nama

 Jenjang Pendidikan  Terakhir (S2/S3)

 Bidang Keahlian

 
 

         1

Prof. Dr. Sugiyanto

S3

Penelitian Keolahragaan, Filsafat Ilmu dan Ilmu Keolahragaan, Manajemen dan Kepemimpinan Olahraga, Olympism

 

         2

Prof. Dr. M. Furqon H, M.Pd

S3

Pengembangan Kompetensi Guru Penjasor, Manajemen dan Kepemimpinan Olahraga

 

         3

Prof. Dr. Muchsin Doewes, dr., AIFO

S3

Fisiologi Latihan (Otot dan Syaraf), Biokimia Olahraga (Bio energitika)

 

         4

Prof. Dr. Kiyatno, dr., PFK., M.Or., AIFO

S3

Fisiologi Latihan (Jantung dan Hormon)

 

         5

Prof. Dr. Suradi dr., Sp.P(K), MARS

S3

Fisiologi Latihan (Paru)

 

         6

Prof. Dr. H. Aris Sudiyanto, dr., Sp.KJ

S3

Psikologi Latihan

 

         7

Prof. Dr. Satimin Hadiwidjaja, dr., PAK, MARS

S3

Anatomi Olahraga

 

8

 Prof. Dr. Siswandari, M.Stats.

S3

 Statistika

 

         9

Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.

S3

Analisis Kebijakan Pembangunan Olahraga, Pedagogi Olahraga, Varia Permasalahan Keolahragaan.

 

         10

Dr. Diffah Hanim, M.Si

S3

Gizi Olahraga

 

      11

Dr.  Noer Rachma, dr., Sp.RM

S3

Olahraga Rehabilitasi (Fisioterapi)

 

      12

H. Tunjung S. Soeharso, dr., Sp.BO

S2

Olahraga Rehabilitasi (Medical Treatment)

 

13

 Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd 

S3

 Psikologi Latihan, Fisiologi Latihan

 

14

Drs. Tri Aprilijanto U, M.Kes, Ph.D.

S3

Metodik dan Desain Kurikulum

 

 

 

Kerjasama

Secara internal, di level Program Pascasarjana dapat dilakukan kerjasama (sharing/kolaborasi) kepakaran dan sumber belajar dengan berbagai bidang lain yang relevan. Dalam satu payung universitas, Program S2 Ilmu Keolahragaan pengembangannya sangat didukung oleh keberadaan fakultas-fakultas yang relevan, seperti FKIP, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, dan Fakultas MIPA.

Secara eksternal kerja sama pengembangan terdukung oleh track record kerjasama yang selama ini sudah terbangun, yaitu kerjasama dengan pihak luar UNS, seperti: (1) Kementerian Pemuda dan Olahraga, (2) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, (3) Dinas Pendidikan, Pemuda dan olahraga di beberapa Provinsi/ Kota/ Kabupaten yang ada di Indonesia, (4) Forum Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan/ Fakultas Pendidikan Olahraga dan kesehatan/ FOK/JIK/JPOK se Indonesia, (5) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI/ KONIDA); (6) DPRD di beberapa wilayah, (7) perkumpulan atau komunitas olahraga masyarakat, (8) klub-klub olahraga prestasi, (9) sanggar-sangar kebugaran; (10) Sentra-sentra olahraga, seperti Sekolah Khusus Olahraga, PPLP, PPLM se Indonesia, (11) MGMP/KKG guru Penjasorkes di wilayah Solo Raya; (12) Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) di beberapa provinsi, (13) RSU Moewardi Surakarta, (14) RSU Kustati Surakarta, (15) RS Ortopedi Prof. Soeharso Surakarta, (16) Kelompok pengusaha dan pengrajin Home Industry produk olahraga, dan lain-lain yang masih dapat dikembangkan lagi.

Lapangan Kerja

Berdasarkan beberapa tracer study yang dilakukan, catatan penting tentang Jenis okupasi awal yang diperoleh lulusan urut dari prosentase terbesar adalah: guru Penjasorkes GTT SMU/SMK Negeri (24 %), guru Penjasorkes swasta atau yayasan (17,4 %), guru Penjas GTT SLTP Negeri (13,5 %), Instruktur senam di Hotel ternama (12 %), sektor lain-lain tetatpi tidak terkait dengan bidang Penjas dan olahraga (7,6 %), sektor lain-lain tatpi masih terkait dengan bidang Penjas dan Olahraga (6 %), pelatih olahraga di klub (4,5 %), Fisioterapis (4,5 %), TNI / PLORI (3 %), dan sebagai dosen PTN / PTS (3 %). Peluang pekerjaan cukup prospektif, karena kesempatan kerja semakin meluas terkait dengan semakin berkembangnya tuntutan masyarakat modern akan kebutuhan layanan profesi keolahragaan.

Alumni

Alumni Prodi S2 Ilmu Keolahragaan bergelar Magister Olahraga (M.Or). Alumni menduduki beberapa posisi strategis untuk berbagai bidang profesi keolahragaan dalam jenjang profesi  sebagai dosen, guru SD hingga SMA, pegawai negeri sipil (PNS) di  beberapa instansi pemerintah pusat atau daerah, ABRI, serta berbagai sektor layanan keolahragaan yang bervariasi. Beberapa diantaranya ada yang mengabdi sebagai profesi dokter karena memang prodi S2 Ilmu Keolahragaan itu mengakomodasikan lulusan S1 Kedokteran. Juga banyak lulusan yang menekuni profesi sebagai  magister olahraga sebagai fisioterapist. 

Kompetensi Lulusan

 

Elemen Kompetensi

 

 

S2 (Magister Ilmu Keolahragaan)

Landasan Kepribadian

Mewujudkan Magister Ilmu Keolahragaan yang  berkepribadian  sebagai layaknya warga terdidik, yang mampu mengelaborasi dasar-dasara keilmuan yang sudah terkuasai melalui proses panjang pendidikan pada jenjang akademik S1.

Penguasaan Ilmu dan Keterampilan

§ Menguasai dasar-dasar disiplin ilmu keolahragaan (interdisiplin, krossdisiplin, multidisiplin, dan trans disiplin) yang sesuai dengan predikatnya sebagai Magister  Ilmu Keolahragaan.

§ Learning from Changing , tahap belajar MODIFIKASI untuk mengadaptasi teknologi agar sesuai dengan kondisi produksi tertentu dalam wilayah kajian Ilmu dan teknologi keolahragaan.

 

Kemampuan Berkarya

§ Bersikap terbuka, tanggap, dan peduli terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkait dengan peningkatan kualitas bidang profesi dan keilmuan keolahragaan. 

§ Pengembangan karya MODIFIKASI, sesuai dengan tahap kemampuan belajar level Magister Ilmu Keolahragaan.

Sikap dan Perilaku dalam Berkarya Menurut Tingkat Keahlian

Berdasarkan Ilmu dan Keterampilan yang Dikuasai

Menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam bidang keolahragaan serta mampu menerapkannya dalam wujud karya intelektual  atas masalah-masalah teoretik dan praktik dalam pilar olahraga prestasi, olahraga pendidikan, maupun olahraga rekreasi.

Pemahaman Kaidah Berkehidupan Bermasyarakat sesuai dengan

Pilihan Keahlian dalam Berkarya

§ Bersikap demokratis. berkeadaban, dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, bermartabat serta peduli terhadap upaya memperbesar manfaat pilar olahraga pendidikan, olahraga prestasi, dan olahraga rekreasi;

§ memiliki kemampuan untuk menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk pembangunan keolahragaan; dan

 

 

 

Prestasi Mahasiswa

Prestasi yang membanggakan ditoreh oleh para mahasiswa S2 Ilmu Keolahragaan UNS. Prestasi dalam bidang akademik terwujud dari beberapa mahasiswa yang lulus dengan cepat dan mendapatkan predikat cum laude. Beberapa mahasiswa juga tercatat sebagai atlet yang berprestasi di kancah nasional bahkan internasional. Prestasi yang membanggakan juga ditoreh oleh mahasiswa yang berlatarbelakang militer/Polri yang mereka itu termasuk anggota atau personil terbaik di satuan tugasnya. Beberapa guru yang belajar di S2 Ilmu Keolahragaan juga merupakan guru-guru yang berprestasi. Jadi , S2 Ilmu Keolahragaan UNS adalah tempat kuliahnya orang yang berprestasi dan tempat untuk mengembangkan prestasi.



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda