Anda pengunjung ke :
47660724
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S3

Nama Prodi :S3 Kajian Budaya
Ketua Prodi: Prof.Dr. Bani Sudardi, M.Hum.
Website : s3kb.pasca.uns.ac.id
Email : s3kb@pasca.uns.ac.id

Pengantar

Program Studi S3 Kajian Budaya memunyai manfaat secara teoretik sebacai berikut.

Menawarkan pendekatan interdisipliner terhadap berbagai studi kebudayaan. Mahasiswa program doktoral Kajian Budaya  akan mengkaji masalah-masalah kebudayaan dari berbagai macam perspektif dan tradisi keilmuan dan dalam disertasinya  diharapkan mampu mengembangkan teori budaya yang mendasar bagi perkembangan keilmuan khas Indonesia melalui berbagai pengamatan dan analisis terhadap masalah-masalah kebudayaan yang menjadi obyek penelitian.

Membangun lingkungan ilmiah bagi para akademisi untuk melakukan penelitian dan pengembangan keilmuan dibawah payung Kajian Budaya. Membangun kolaborasi antara para akademisi dari berbagai bidang ilmu yang berbeda yang datang dari fakultas dan jurusan yang berbeda untuk melakukan pengkajian terhadap hasil-hasil kebudayaan dengan pendekatan interdisipliner dibawah payung kajian budaya.

Visi

Salah satu visi Universitas Sebelas Maret ialah menjadi universitas yang maju, unggul, dan terpercaya di tingkat internasional yang bertumpu pada budaya nasional. Kehadiran program Studi S3 Kajian Budaya sangat mendukung visi universitas tersebut.

Misi

Menyelenggarakan program pendidikan doktor yang secara kondusif mendukung terhadap pengembangan baik spesialisasi disiplin ilmu maupun kolaborasi antar disiplin ilmu dalam pendidikan maupun penelitian dan mendorong inovasi dengan perspektif yang kritis terhadap berbagai perubahan sosial dan masyarakat dan beroreintasi masa depan.

Fasilitas

Program Pascasarjana UNS memiliki gedung yang berada di kampus Kentingan. Gedung Pascasarjana UNS digunakan untuk menyelenggarakan pendidikan S2 dan S3 dari berbagai macam displin ilmu. Oleh karena itu penataan ruang dan fasilitas sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengembangan sarana dan prasarana yang lebih memadai. Penggunaan lahan secara tepat mampu mewujudkan penataan prasarana dalam rangka memberikan pelayanan bagi seluruh mahasiswa S2 dan S3 serta kemudahan sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan. Fasilitas yang tersedia secara tertata dan cukup lengkap mampu memenuhi kebutuhan terkait dengan aktivitas segenap warga kampus. Lahan yang cukup luas juga mempunyai keuntungan dalam melakukan aktivitas yang berkaitan dengan proses belajar mengajar sehingga dapat berlangsung secara signifikan. Perkuliahan Program Studi S3 Kajian Budaya Pascasarjana UNS rencananya akan dilaksanakan di Kampus Pascasarjana UNS Kentingan. Di kampus Pascasarjana UNS telah tersedia berbagai fasilitas dan ruangan yang mencukupi. Perawatan dan perbaikan ruang-ruang yang ada pun selalu dilakukan. Hal ini sangat berpengaruh positif terhadap proses belajar mengajar serta peningkatan mahasiswa dalam mengekspresikan idealisme dan kreativitasnya. Peralatan bantu yang disediakan untuk menunjang hal tersebut adalah penggunaan UNSLA (Universitas Sebelas Maret Library Automatization) untuk mengetahui Katalog Pengarang, Katalog Judul dan Katalog Subyek. Jenis dan bahan pustaka yang ada khusus dikelola Perpustakaan Pascasarjana UNS berupa buku Teks berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris sejumlah 40000 judul atau 11.152 eks., jumlah koleksi majalah  12 judul dan bahan bahan audio video. UNS juga melanggan jurnal elektronik (E-Journal) dari EPSCO. Jumlah pengunjung rata-rata perhari 60 mahasiswa dan jumlah peminjam rata-rata perhari 50 orang. Sedangkan di masing-masing prodi, ada perpustakaan dengan koleksi yang cukup banyak dan sangat bermanfaat bagi mahasiswa di masing-masing prodi.

 

Perpustakaan Pascasarjana UNS dalam perkembangannya selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan dan peningkatan kondisi fisik yang ada. Ruang di Perpustakaan Pascasarjana UNS mempunyai ukuran  216 M2. Kondisi ruang ber-AC dan dilengkapi karpet serta  tersedia alat pemadam kebakaran, lampu yang cukup terang, sirkulasi udara yang cukup dan tersediannya beberapa kipas angin dan ruang baca yang berbentuk lesehan serta meja kursi. Di perpustakaan juga disediakan ruang diskusi, meskipun fungsi ruang ini dipadukan dengan ruang baca.

 

Profil Pengajar

Staf Pengajar

Sebagian besar staff  pengajar berasal dari Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS yang telah memiliki kualifikasi mendidikan Doktor.  Beberapa dosen diambilkan dari jurusan lain di dalam UNS (Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik UNS) dengan S3 Kajian Budaya dan dari Jurusan Seni Rupa FKIP UNS dengan keahlian antrophologi. Berikut ini daftar staf pengajar dan bidang keahlian yang dimiliki serta jurusan tempat dimana yang bersangkutan ditugaskan. Sedangkan untuk mengampu mata kuliah yang memerlukan kepakaran khusus (sumber) didatangkan dari universitas lain, dalam hal ini dari UGM Yogyakarta melalui program resource sharing/ yang sudah lama diterapkan di lingkungan Universitas Sebelas Maret.

Sebagian besar staff; pengajar berasal dari Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS yang telah memiliki kualifikasi mendidikan Doktor. Beberapa dosen diambilkan dari jurusan lain di dalam UNS (Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik UNS) dengan S3 Kajian Budaya dan dari Jurusan Seni Rupa FKIP UNS dengan keahlian antrophologi. 

Kerjasama

belum ada

Lapangan Kerja

Posisi dan kualifikasi lulusan Program Studi S3 Kajian Budaya diproyeksikan terutama sebagai tenaga pendidik (dosen), tenaga ahli kebudayaan, staff kepariwisataan, staf ahli pemerintahan pusat/ daerah, staf kedutaan, politisi, praktisi politik (dalam partai politik atau organisasi kemasyarakatan), pekerja sosial/pekerja organisasi nirlaba, analis budaya, jurnalis, negosiator, governance relation officer,;pekerja lembaga non-pemerintah internasional, peneliti di lembaga-lembaga riset dan/atau survey seperti Pusat Bahasa, LIPI, Bapeda, dan sebagainya

Alumni

belum ada

Kompetensi Lulusan

Sesuai dengan Visi, Misi dan Tujuannya, maka karakteristik Lulusan Program Studi S3 Kajian Budaya direncanakan adalah sebagai pakar di bidang kajian budaya yang memiliki karakteristik sebagai doktor yang memiliki kemampuan menguasai dan memahami teori pada bidang ilmu sosial dan kebudayaan serta mampu mengaplikasikan teori-teori tersebut dalam menyelesaikan masalah sosial dan kebudayaan; dan mampu mengembangkan konsep baru pada bidang ilmu sosial dan kebudayaan melalui penelitian secara mandiri, multidisipliner, dan terintegrasi secara profesional serta menghasilkan lulusan doktor yang memiliki kemampuan interpreneurship.

Prestasi Mahasiswa

belum ada



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda