Anda pengunjung ke :
47660721
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S2

Nama Prodi :S2 Kajian Budaya
Ketua Prodi: Dr. Wakit Abdullah,M.Hum
Website : http://www.spmb.uns.ac.id
Email :

Pengantar

Budaya adalah salah satu aspek yang dewasa ini dipandang penting dalam pembangunan bangsa. Menjawab tantangan tersebut, maka didirikanlah program studi KAJIAN BUDAYA.  Program Studi Magister Kajian Budaya adalah salah satu program studi di Pascasarjana, UNS. Program studi ini berdiri tahun 2007 dengan ijin operasional DIKTI dan terakreditasi A oleh BANPT. Program studi ini diminati mahasiswa dari dalam dan luar negeri. Kurikulum prodi dirancang dapat diselesaikan dalam waktu 1,5 tahun. Program studi ini berada di kota Solo yang merupakan jantung budaya Jawa sehingga sangat sesuai untuk mendapatkan pengalaman budaya yang bernilai.

Berbagai beasiswa dapat ditawarkan untuk program studi ini.

Visi

Visi Program Studi S2 Kajian Budaya Pascasarjana Universitas Sebelas Maret adalah menjadi lembaga pengembangan IPTEKS yang bereputasi di tingkat Internasional, khususnya mengembangkan wawasan interdisipliner bagi kajian seni budaya melalui ilmu pengetahuan, teoridan penelitian

Misi

 

  1. Menyelenggarakan pendidikan dibidang kajian budaya yang bermutu dan berinovasi;
  2. Menyelenggarakan penelitian dibidang kajian budaya yang menghasilkan inovasidalam pengembanga ilmu, teknologi, dan seni;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat terutama sebagai tindak-lanjut penerapan hasil penelitian kajian budaya;
  4. Menyelenggarakan Tri Darma Perguruan Tinggi (PT) untuk memenuhi kebutuhan SDM tertentu;
  5. Menggali nilai-nilai dan potensi budaya lokal untuk memaksimalkan peran dan aktualitasnya agar bermanfaat bagi kehidupan masyarakat;
  6. Menyiapkan SDM yang dapat bersaing dalam percaturan regional, nasional dan global;
  7. Melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia dan penerapan teori-teori kritis kajian budaya dalam bentuk implementasi praktis.

Fasilitas

Ruang kuliah ber-AC, LCD, laboratorium seni dan budaya yang digunakan dengan sharing. Perpustakaan, Perbankan, transportasi, dan pusat-pusat aktivitas budaya yang dapat diakses di kota Solo dan sekitarnya.

Sarana Penunjang Lain:

UNS juga memiliki sarana dan prasarana lain untuk mendukung proses PBM. Fasilitas yang ada di Program Pascasarjana UNS dan UNS adalah sebagai berikut.

parkir sepeda, Hot Spot Area, kantin, ruang seminar, ruang mahasiswa, kantin, toko koperasi karyawan, Lapangan Sepak Bola, Musholla, Medical Center, Bank BNI dan ATM, Bank BTN dan ATM, toko koperasi mahasiswa, asrama mahasiswa. 

Profil Pengajar

Pengajar Program Sudi Kajian Budaya terdiri dari profesor, doktor lulusan dalam dan luar negeri yang bidang ilmunya terkait dengan Kajian Budaya . Para pengajar adalah dosen-dosen yang memiliki reputasi dan karya baik secara nasional maupun internasional

Kerjasama

Di bawah naungan Universitas Sebelas Maret, Program Studi Kajian Budaya telah melakukan berbagai kerja sama dengan  lembaga di dalam maupun di luar negeri seperti DIKBUD Jateng, Litbang Depag,Balai Bahasa Semarang, Guangdong University (China), Universitas Kebangsaan Malaysia, Universitas Utara Malaysia, dan lain-lain.

Lapangan Kerja

Posisi dan kualifikasi lulusan Program Studi S2 Kajian Budaya diproyeksikan terutama sebagai tenaga pendidik (dosen), tenaga ahli kebudayaan, staff kepariwisataan, staf ahli pemerintahan pusat/ daerah, staf kedutaan, politisi, praktisi politik(dalam partai politik atau organisasi kemasyarakatan), pekerja sosial/pekerja organisasi nirlaba, analis budaya, jurnalis, negosiator, governance relation officer, PNS pusat/daerah, pekerja lembaga non-pemerintah internasional, peneliti di lembaga-lembaga riset dan/atau survey seperti Pusat Bahasa, LIPI, Bapeda, dan sebagainya.

Alumni

a.Mampu melakukan penelitian dengan menerapkan jajaran-jajaran metodologis yang kritis terhadap berbagai fenomema sosial dan budaya di masyarakat.

b. Peka terhadap berbagai masalah sosial dan budaya yang terjadi di masyarakat dan mampu melihat secara kritis dan menganalisa serta menawarkan alternatif pemecahan terhadap permasalahan sosial dan budaya.

c.Mampu memberikan ide-ide pemberdayaan terhadap masyarakat berdasarkan pengamatan mendalam terhadap berbagai masalah sosial budaya.

Kompetensi Lulusan

Menghasilkan lulusan magister  yang mampu berpikir, berkarya, bersikap, memimpin secara innovatif dan peka terhadap berbagai perubahan sosial dan budaya yang dapat mengimplementasikan dalam menetukan kebijakan pembangunan nasional di bidang budaya.

Prestasi Mahasiswa

Mahasiswa Magister Kajian Budaya menunjukan prestasi yang baik dalam kerja diwarnai pengetahuan budaya yang memadai. Beberapa mahasiswa berprestasi dibidang seni budaya seperti dalang, penari, atau pekerja seni.



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda