Anda pengunjung ke :
47657107
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S1

Nama Prodi :S1 FARMASI
Ketua Prodi: Ahmad Ainurofiq,M.Si.,Apt.
Website : fmipa.uns.ac.id
Email : rofiq_uns@yahoo.co.id

Pengantar

Prodi S-1 Farmasi FMIPA Universitas Sebelas Maret mempunyai posisi yang sangat penting terhadap bidang ilmu yang lain, baik ilmu-ilmu basic science untuk memperkuat riset tentang obat-obatan maupun untuk ilmu terapan seperti dunia kesehatan dan kedokteran yang sangat tergantung pada pengkajian dan pengembangan dunia pengobatan. Pelayanan kesehatan dan pengobatan menjadi begitu sangat penting di mana kehadiran pelayanan kesehatan, terutama pengobatan merupakan sebuah keniscayaan. Bahkan, sampai pada titik tertentu sudah berfungi sebagai urat nadi yang menentukan hidup matinya manusia. Pada posisi ini, peran pelayanan kesehatan tentang pengobatan bergeser menjadi salah satu unsur yang menentukan keunggulan kompetitif (competitive advantage). Prodi S-1 Farmasi yang bernaung dalam pengelolaan FMIPA Universitas Sebelas Maret berfokus pada bahan kajian di bidang bidang sains murni yang dikaitkan langsung dengan aspek pengobatan ilmiah untuk penerapan ke arah pelayanan kesehatan dan kedokteran. Berangkat dari fokus bahan kajian di bidang sains, kurikulum jurusan farmasi disusun dengan dasar ilmu kimia, fisika, dan biologi. Fondasi ilmu sains diberikan melalui mata kuliah dasar tersebut hanya sekitar 10%, selebihnya adalah matakuliah spesifik yang tidak dipunyai oleh jurusan mana pun karena farmasi adalah sebuah ilmu yang mencetak tenaga profesi di bidang kesehatan yang berbeda juga dengan ilmu kedokteran ataupun ilmu kesehatan yang lain.

Visi

Sesuai visi FMIPA Universitas Sebelas Maret sebagai lembaga pendidikan yang mempunyai visi menyiapkan tenaga terdidik yang unggul dalam bidang ilmu dasar dan terapan di tingkat nasional maupun internasional, maka dalam penyelenggaraannya Prodi S-1 Farmasi FMIPA Universitas Sebelas maret mengemban visi:“Menjadi program studi yang menghasilkan tenaga farmasi yang mampu menghadapi persaingan serta tantangan global”.

Misi

Misi yang dijalankan oleh Prodi S-1 Farmasi FMIPA Universitas Sebelas Maret adalah : (1) Menyelenggarakan pendidikan, pembelajaran, dan bimbingan secara efektif untuk menghasilkan tenaga farmasi yang unggul, berdaya saing tinggi, mandiri, dan berkepribadian; (2) Melaksanakan penelitian dan pengembangan yang mendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran serta mampu menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang Farmasi; (3) Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Farmasi yang bermanfaat bagi masyarakat; dan (4) Mengembangkan ilmu, teknologi, dan seni/kemampuan berinovasi dalam memunculkan peluang kerja di bidang farmasi yang menunjang pengembangan bidang farmasi.

Fasilitas

Dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, Prodi  S-1 Farmasi FMIPA Universitas Sebelas Maret dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana akademik, antara lain: (1) Sarana perkuliahan, yang pengelolaannya ditangani oleh bagian akademik FMIPA Universitas Sebelas Maret; (2) Laboratorium, yang terdiri atas: (a) Laboratorium Farmasetika, Ilmu Resep, Teknologi Farmasi, Farmakologi, Farmasi Sosial yang dikelola Jurusan S-1 Farmasi; (b) Laboratorium yang dikelola Jurusan lain seperti Kimia, Biologi, dan Ilmu Komputer; (c) Laboratorium Pusat MIPA Universitas Sebelas Maret;  (4) Laboratorium MIPA Terpadu FMIPA Universitas Sebelas Maret; (5) Laboratorium Fakultas Kedokteran UNS c. Perpustakaan, baik perpustakaan Fakultas maupun Pusat.

Profil Pengajar

Kegiatan pendidikan dan pengajaran di Prodi S-1 Farmasi FMIPA Universitas Sebelas Maret didukung sebanyak 10 tenaga edukatif berpendidikan S-2 dan 4 tenaga edukatif berpendidikan S-1. Secara keseluruhan tenaga edukatif tersebut adalah: (1) Rita Rakhmawati, S.Farm., M.Si., Apt.; (2) Dinar Sari C.W., S.Farm., M.Si., Apt.; (3) Ahmad Ainurofiq, S.Si., M.Si., Apt.; (4) Saptono Hadi, S.Si., M.Si., Apt.; (5) Nestri Handayani, S.Si., M.Si., Apt.; (6) Estu Retnaningtyas N., STP., M.Si.; (7) Wisnu Kundarto, S.Farm., Apt.; (8) Anif Nur Artanti, S.Farm.,Apt.; (9)  Fea Prihapsara, S.Farm., M.Sc.,Apt.; (10) Heru Sasongko, S.Farm.,Apt.; (11) Yeni Farida, S.Farm.,Apt.; (12) Vinci Mizranita, S.Farm.,M.Pharm., Apt.; (13) Solichah Rohmani, S.Far, M.Sc. Apt.; dan (14) Zulfa Wahyundari, S.Farm, MSc, Apt.

Kerjasama

belum ada tindak lanjut

Lapangan Kerja

Peluang kerja lulusan Prodi S-1 Farmasi FMIPA Universitas Sebelas Maret, antara lain: (1) Apotek; (2) Rumah Sakit (farmasi klinik/pharmaceutical care); (3) Pedagang besar farmasi (PBF) (obat dan alat kesehatan); (4) Industri farmasi, sebagai bagian penelitian dan pengembangan obat, bagian produksi obat, bagian quality control (QC), bagian quality assurance (QA), bagian pemasaran (marketing); (5) Industri obat tradisional; (6) Industri kosmetik; (7) Industri veterinary; (8) Industri makanan, minuman, nutrifood, minuman kesehatan; (9) Instansi pemerintahan dan TNI/Polri: bagian administrasi pelayanan obat pada instansi pemerintah/TNI/Polri Departemen Kesehatan (Depkes), Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), sebagai dosen BPPT Puskesmas Balai Penelitian (Balai Penelitian Obat tradisional, Tawangmangu), Laboratorium Forensik; (10) Peneliti di pusat-pusat penelitian.

Alumni

mohon maaf belum ada alumni

Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusan Prodi S-1 Farmasi FMIPA Universitas Sebelas Maret diharapkan dapat digunakan untuk bekerja di apotek, rumah sakit, industri farmasi, dan pemerintahan. Kompetensi farmasi untuk bekerja di apotek, antara lain:   (1) mampu melaksanakan pengelolaan obat dan perbekalan kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku; (2) mampu memberikan pelayanan obat kepada/untuk penderita secara profesional dengan jaminan bahwa obat yang diberikan kepada penderita akan tepat, aman, dan efektif; (3) mampu melaksanakan fungsi pelayanan konsultasi, informasi dan edukasi yang berkaitan dengan obat dan perbekalan kesehatan lainnya kepada penderita, tenaga kesehatan lain atau pihak lain yang membutuhkan.  Kompetensi farmasi untuk bekerja di rumah sakit, antara lain: (1) mampu melaksanakan fungsi pengendalian kualitas obat dan perbekalan kesehatan lainnya sesuai dengan cara laboratorium yang baik; (2) mampu melakukan penyimpanan obat dan perbekalan kesehatan lainnya secara baik sesuai sifat bahan; (3) mampu melaksanakan fungsi konsultasi, informasi, dan edukasi yang berkaitan dengan penggunaan obat untuk penderita dan keluarganya. Kompetensi farmasi di industri farmasi, antara lain: (1) mampu melaksanakan fungsi pendaftaran obat jadi secara efektif, terutama dalam hala pengisian formulir kelengkapan pendaftaran; (2) mampu berpartisipasi dalam mengembangkan senyawa/bahan aktif terapeutik atau eksipien baru yang lebih baik/aktif; (3) mampu berpartisipasi dan berkontribusi dalam pengembangan formula sediaan obat, pilot plant dan up-scaling o Farmsi fisika. Kompetensi farmasi di lembaga pemerintahan, antara lain: (1) mampu melakukan koordinasi dan berkontribusi dalam penyusunan kebijakan dalam bidang obat dan kesehatan, seperti dalam hal pemilihan, pengadaan dan distribusi obat untuk kebutuhan nasional; (2) mampu  mengelola obat secara nasional (pemilihan Obat Esensial Nasional, persyaratan obat, distribusi, dll.; (3) mampu melaksanakan fungsi pengawasan dan pengaturan obat dan perbekalan kesehatan lainnya secara nasional seperti pengawasan pembuatan/produksi, impor, distribusi, dan penjualan. Kompetensi pendukung, antara lain: (1) mampu berkontribusi dalam penetapan berbagai kebijakan nasional dalam hal pendidikan dalam bidang farmasi (kurikulum nasional, kerja praktek, pendidikan berkelanjutan, dll.); (2) mampu melaksanakan fungsi untuk pendaftaran/perijinan profesi (ijin kerja apopteker, ijin praktek, dll.); (3) mampu melaksanakan fungsi sebagai badan resmi untuk hubungan internasional seperti dengan WHO. Kompetensi lain-lain, antara lain: (1) mampu melaksanakan fungsi administrasi obat seperti prosedur untuk pelaksanaan tender, dll.

Prestasi Mahasiswa

belum ada



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda