Anda pengunjung ke :
47657095
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S1

Nama Prodi :S1 Agroteknologi
Ketua Prodi: Prof. Dr.Ir. Hadiwiyono, MSi
Website : agroteknologi.fp.uns.ac.id
Email : agrotek@uns.ac.id

Pengantar

Program Studi S1 Agroteknologi FP UNS mempersiapkan lulusan yang siap bersaing di pasar kerja sebagai pemasok tenaga kerja maupun berwirausaha mandiri. Prodi Agroteknologi FP UNS terakreditasi B dan merupakan satu dari beberapa Prodi Agroteknologi di Indonesia yang memiliki program kelas internasional dan memiliki kerjasama untuk pertukaran mahasiswa dan atau studi lanjut ke pascasarjana dengan beberapa perguruan tinggi terkemuka di Malaysia (Univ Putra Malaysia), Thailand (Kasetsart Univ.), Vietnam (TUAF, Thai Nguyen Univ. of Agriculture & Forestry, HUA Hanoi Univ. of Agriculture). Prodi mengimplementasikan Kurikulum Berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) yang dirancang mahasiswa lulus tepat waktu karena teori dapat diselesaikan 6 semester sehingga memungkinkan mahasiswa lulus kurang dari 4 tahun dan ujian kompetensi remedial dilakukan pada semester yang sama. Prodi ini juga merupakan satu-satunya program studi agroteknologi yang memiliki mata kuliah wajib Kemandirian Profesi untuk pengembangan profesi kewirusahaan dalam bidang pertanian, dengan 9 bidang minat profesi pilihan.

 

Visi

Menjadi penyelenggara pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan pusat pengembangan ilmu dan teknologi produksi tanaman berbasis pertanian berkelanjutan yang mampu bersaing di tingkat internasional.

Program studi Agroteknologi dalam pencapaian Capaian Pembelajaran lulusan didukung oleh sarana dan prasarana yang sangat memadai. Perkuliahan ditancang untuk mendukung pelaksanakan pembelajaran dengan metode Blend Learning yaitu metode Student Centered Learning (SCL) di Kelas, dan E-learning. Tatap muka didukung kelas yang ber-AC dan terjangkau jaringan internet atau WIFI yang kondusif, disamping sarana lain seperti white board dan LCD. Sejumlah Laboratorium dengan peralatan yang memadai untuk kegiatan praktikum dan penelitian mahasiswa dan dosen. Adapun laboaratoirium ada adalah Ekologi dan Managemen Tanaman, Pemulian Tanaman, Fisiologi Tanaman, Bioteknologi Tanaman, Kultur Jaringan, Hama dan Penyakit Tumbuhan, Biologi dan Buioteknologi Tanah, Fisika Tanah, Kimia Tanah, Pedologi, Klimatologi, dan Kesuburan Tanah, Terpadu dan Kerjasama FP UNS, serta Lab Sectral MIPA UNS.  Untuk prakum dan penelitian tersedia lahan kering di Jumantono dan Jatikuwung Karanganyar serta lahan sawah di Triyagan Sukoharjo yang semuanya lebih dari 20 ha.

Program Studi Agroteknologi memiliki dosen : 38 orang, 11 diantaranya Profesor (Guru Besar), 20 berpendidikan S3 dan 18 berpendidikan S2 yang diantaranya 6 orang sedang menempuh pendidikan S3.

 

Kerjasama

Untuk medukung pelaksanaan kuliah Magang, Kuliah Kerja Nyata (KKN), pertukaran mahasiswa, dan penelitian  institusi bekerja sama dengan berbagai pihak dalam negeri maupun luar negeri. Institisi Kerja sama dalam negeri antara lain sebagai berikut.

  1. Laoratorium Pengendalian hama dan penyakit Tanaman di Triyagan Sukoharjo,
  2. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan  Obat Tradisional di Tawangmangu Karanganyar
  3. Balai Besar Penelitian Hartikulura-Lembang Bandung
  4. Balai Penelitian Getas- Jawa Tengah
  5. PT. Perkebunan Tambi
  6. PT. Arara Abadi – Perusahaan Internasional Perkebunan Tanaman Industri dan Pengolahannya.
  7. PT. Sinar Mas Agroresources – Perusahaan Perkebunan Internationl.
  8. CV.Multi Global Agrindo, Perusahaan Produksi Benih Hortikultura di Karanganyar-
  9. PT. Kusuma Satria Dina Sasri  Wisata Jaya Malang
  10. PT. Perkebunan Nusantara
  11. Masih banyak lainnya

Kerjasama internasional yang antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Selcuk University, Turkey
  2. Hanoi University of Agriculture
  3. Thai Nguyen University of Agriculture and Forestry, Vietnam
  4. Kasetsart University, Thailand
  5. Universiti Putra Malaysia (UPM), Malaisya
  6. Huazhong Agricultural University Wuhan, Hubei, P.R. China
  7. The Korea Forest Research Institute
  8. College of Agriculture and LifeSciences, Chungnam National University
  9. Saga University, Japan
  10. University of Kentucky, USA
  11. Guangxi University, China
  12. Sanya Institute of Science and Technology, China
  13. Dankook University, Korea
  14. Dan lain-lain masih banyak lainnya

 

Lapangan kerja lulusan program studi agroteknologi cukup luas dapat berbagai bidang dan iisntansi seperti sebagai staff di dinas pertanian, dinas perkebunan, lingkungan hidup, karyawan dan manager perbankan, sebagai peneliti di lembaga penelitian dan pengembangan pertanian, sebagai inspektor atau staff di dinas karantina,  staff perusahaan perkebunan dan perusahaan industri pertanian, dan menjadi pengusaha on farm bidang produksi tanaman maupun off farm bisnis pasca produksi seperti pengolahan, pengemasan, penyaluran, dan perdagangan benih, produk, dan sarana prasarana pertanian lainnya

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda