Anda pengunjung ke :
47657125
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S1

Nama Prodi :S1 Peternakan
Ketua Prodi: Dr. Ir. Eka Handayanta, M.P.
Website : http://peternakan.fp.uns.ac.id
Email : peternakan.uns@gmail.com

Pengantar

Tantangan dalam pengembangan dunia peternakan di Indonesia adalah upaya untuk meningkatkan produktivitas ternak. Hal demikian sejalan dengan peningkatan permintaan produk pangan hewani sebagai akibat pertambahan jumlah penduduk, secara lokal, nasional dan global. Potensi sumber daya alam dan ketersediaan ternak lokal memerlukan aset yang memerlukan penanganan serius guna mencapai kemandirian pangan asal ternak. Kedepan tantangan pembangunan peternakan menjadi lebih kompleks terkait dengan masalah-masalah strategis seperti penyakit zoonosis, perubahan iklim (climate change) dan erosi genetik baik tanaman maupu hewan. Untuk tujuan tersebut diperlukan sumber daya manusia yang kompeten yang dapat mengendalikan program pembangunan peternakan menjadi lebih terarah, selain itu juga mampu menguasai teknologi yang senantiasa berkembang untuk menyelesaikan masalah bidang peternakan. Peternakan, bukan lagi menjadi bidang yang bisa dianggap sebelah mata, berkompetensi rendah dan tanpa teknologi. Saat ini peternakan bertransformasi menjadi bidang yang memegang peranan penting bagi kesehatan, pembangunan generasi mendatang dan penuh dengan aplikasi bioteknologi yang modern. Untuk itu Sarjana Peternakan dibutuhkan untuk menjawab tantangan industrialisasi bidang peternakan yang ramah lingkungan, berkelanjutan dan menguntungkan. 

Visi

Visi Prodi Pertenakan FP Universitas Sebelas Maret, yaitu menjadi lembaga pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan/teknologi di bidang peternakan terpadu yang berkelanjutan.

Misi

Misi Prodi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, antara lain:

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang peternakan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berguna bagi pengembangan peternakan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk menerapakan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Fasilitas

Prodi Peternakan FP Universitas Sebelas Maret memiliki 4 laboratorium, yaitu: (1) Laboratorium Produksi Ternak; (2) Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak; (3) Laboratorium Sosial Ekonomi Peternakan; dan (4) Laboratorium Industri Pengolahan Hasil Peternakan. Pelaksanaan proses pembelajaran diampu oleh 27 orang dosen yang berkualifikasi S-2 dan S-3 di bidang peternakan dengan fasilitas laboratorium, ruang belajar, sarana perkuliahan didukung dengan metode e-learning dan kunjungan lapang di tempat yang memadai. Prodi Peternakan FP Universitas Sebelas Maret memiliki laboratorium lapangan (experimental farm) yang dapat digunakan untuk praktikum dan penelitian. Laboratorium lapangan ini terletak di Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, bekerja sama dengan instansi terkait yang relevan dalam penggunaan sarana untuk praktikum dan penelitian.

Profil Pengajar

Dosen di Prodi Peternakan FP Universitas Sebelas Maret sebanyak 27 orang dengan kualifikasi magister peternakan sebanyak 16 orang, doktor sebanyak 10 orang, dan 2 orang sedang menempuh pendidikan doktor ( Ph.D) ,yang kesemuanya alumni perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Dalam waktu dekat, semua dosen yang sudah S-3 akan memproses jabatannya menjadi guru besar dan segera memperkuat proses pembelajaran dan proses pendidikan di program studi.

Kerjasama

Prodi Peternakan FP Universitas Sebelas Maret dalam pelaksanaan pembelajarannya menjalin kerja sama dengan instansi pemerintah dan swasta yang bergerak dalam bidang peternakan, termasuk pihak perbankan. Institusi yang sudah menjalin kerja sama dengan Prodi Peternakan FP Universitas Sebelas Maret meliputi kementerian, pemda, dinas terkait, institus penelitian, industri pakan dan pembibitan ternak, perbankan, pengolahan hasil ternak, dan pengembangan ternak dalam rangka kedaulatan pangan. Selain itu, beberapa kerjasama dengan institusi pendidikan dalam dan luar negeri telah dibangun untuk meningkatkan kompetensi pendidikan Sarjana Peternakan yang dihasilkan.

Lapangan Kerja

Alumni Prodi Peternakan FP Universistas Sebelas Maret dapat bekerja di perusahaan bidang peternakan (industri pakan, breeding farm, farmasi hewan, peternakan komersial) , instansi pemerintah (dinas peternakan, lembaga penelitian), perguruan tinggi, perbankan, wirausaha, dan sebagainya.

Alumni

Alumni Prodi Peternakan FP Universitas Sebelas Maret mampu bekerja di bidang pembangunan peternakan yang berkelanjutan sebagai tenaga teknis di bidang pengembangan ternak, manajer farm mulai dari perencana, perancangan, organisator, evaluator, inisiator, adaptor dan kooperator di bidang pembangunan peternakan.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusan dari proses pembelajaran adalah Sarjana Peternakan ( S.Pt.) yang menguasai IPTEK dengan keterampilan dasar peternakan, penerapan ipteks, mampu menganalisis, mengaplikasikan dan mengomunkasikan hasil penelitian, untuk mencarikan solusi masalah di bidang peternakan berkelajutan. Seorang sarjana peternakan juga memiliki kemampuan memotivasi, berkreasi dan berinovasi dan menerapkan secara efektif dasar entrepreunership. Lulusan Sarjana Peternakan menjadi sarjana yang kompeten, mandiri dan profesional di bidang peternakan, yang memiliki pengetahuan/teknologi yang inovatif dan unggul bagi pengembangan peternakan terpadu dan berkelanjutan,yang peka dan adaptif terhadap perkembangan dinamika masyarakat, terutama dalam bidang peternakan, yang mampu menerapkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan/teknologi kepada masyarakat dalam rangka mendorong sistem peternakan terpadu dan berkelanjutan, dan yang memiliki dan selalu mengembangkan jiwa kewirausahaan. Selain itu, lulusan juga dibekali dengan kemampuan analisis dan metodologis secara scientific dengan penguasaan teknologi infomasi, bioteknologi dan perangkat analisis data.

Prestasi Mahasiswa

Mahasiswa Prodi Peternakan FP Universitas Sebelas Maret berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Selama proses belajar, mahasiswa dapat menjalani proses secara akademik yang bersifat intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Wadah kegiatan mahasiswa di tingkat prodi ada di dalam HMJ Appaloosa yang memberi keterampilan organisasi sosial maupun Ilmiah. Pada tahun 2013, mahasiswa Prodi Peternakan berhasil menjadi Juara I Futsal Tingkat Fakultas dalam rangka Agrotek Fair. Pada tahun 2012, Juara 3 Futsal Ismapeti Nasional di UNS, Juara 2 Debat Tingkat Nasional tentang Peternakan di IPB, dan juara dalam pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat FP Universitas Sebelas Maret. Setiap periode wisuda, selalu ada alumni yang mendapatkan predikat cumlaude.



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda