Anda pengunjung ke :
47657112
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S1

Nama Prodi :S1 Ilmu Tanah
Ketua Prodi: Dr. Ir. Sudadi, MP.
Website : http://ilmutanah.fp.uns.ac.id
Email : ilmutanahuns@yahoo.com

Pengantar

Tanah, dalam jangka pendek merupakan sumberdaya alam yang tak terbarukan. Artinya bahwa kerusakan tanah (lahan) akan memerlukan waktu yang sangat lama untuk dapat mengembalikannya seperti semula. Tanah juga merupakan media utama dan belum tergantikan untuk memproduksi bahan pangan, sandang dan bangunan. Maka kerusakan tanah akibat mis-kelola, akan mengancam ketahanan pangan. Ketahanan pangan suatu bangsa merupakan hal yang sangat strategis, sehingga harus selalu dijaga.

       Saat ini bangsa Indonesia sudah mulai meraih kembali ketahanan pangannya, khususnya swasembada beras. Namun masih banyak komoditas lain yang harus diusahakan dengan kerja yang lebih keras untuk bisa swasembada. Tantangan ke depan tidak semakin ringan, mengingat bahwa penyusutan lahan pertanian yang subur untuk kepentingan non pertanian semakin besar, kerusakan lahan oleh pencemaran limbah, usaha pertambangan, pembukaan hutan, pemanfaatan lahan-lahan sub optimal seperti lahan gambut, rawa dan pantai, semua membutuhkan tenaga - tenaga ahli di bidang ilmu tanah. Kebutuhan tenaga ahli bidang ilmu tanah ke depan akan semakin besar karena semakin luasnya bidang yang harus dikerjakan.

            Prodi Ilmu Tanah FP UNS merupakan salah satu prodi ilmu tanah yang mendidik calon - calon ahli ilmu tanah, menyiapkan calon - calon ahli yang kompeten dalam pengelolaan tanah dan sumberedaya lahan, khususnya di bidang pertanian, kehutanan, perikanan, peternakan dan lingkungan. Luasnya wilayah daratan dan beragamnya jenis tanah dan kesuburannya membutuhkan ahli-ahli ilmu tanah yang tidak sedikit. Alloh SWT berfirman “Dan pada tanah - tanah yang subur maka tanamannya tumbuh dengan subur, sedang pada tanah yag tidak subur maka tanamannya akan tumbuh merana” (QS Al  A’raf 58). Jadi, tanah adalah kunci untuk mampu menghasilkan produk tanaman yang tinggi dan sehat. Saat ini telah berkembang paradigma soil security yang mencakup bidang yang sangat luas. Tanah juga menjadi kunci pengendalian pemanasan global karena gas-gas rumah kaca sebagian besar berasal dari dalam tanah. Kekurangan ahli bidang ilmu tanah dapat menimbulkan mis-kelola yang akan fatal akibatnya bagi kehidupan. Disamping itu akan membuka peluang masuknya tenaga ahli ilmu tanah dari luar negeri yang tidak mustahil akan berdampak pada penguasaan pengelolaan sumber daya tanah oleh asing dan secara global akan meningkatkan ketergantungan bangsa Indonesia terhadap negara asing.

Visi

Menjadi penyelenggara pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi bertaraf internasional di bidang ilmu tanah dan  sumber daya lahan DAS tropika sebagai suatu sistem pertanian terpadu berkelanjutan

Fasilitas yang dimiliki Prodi Ilmu Tanah FP Universutas Sebelas Maret, antara lain berupa: laboratorium, lahan percobaan, perpustakaan, laboratorium komputer dan ICT, dn ruang kuliah.

1.  Laboratorium yang menunjang Prodi Ilmu Tanah, meliputi: (a) Lab. Biologi dan Bioteknologi Tanah; (2) Lab.Pedologi dan Survei Tanah; (3) Lab. Kimia dan Kesuburan Tanah; (4) Lab. Fisika dan Konservasi Tanah; (5) Lab. Klimatologi ; 

 

 

     
     
   

Profil Pengajar

Staf pengajar di Prodi Ilmu Tanah mempunyai kompetensi tinggi di bidang ilmu tanah, berjumlah 22 orang berasal dari lulusan dalam dan luar negeri, yang terdiri dari 6 orang bergelar magister (S-2) dan 16 orang bergelar doktor (S-3). Staf yang yang bergelar doktor tersebut 4 orang di antaranya telah bergelar profesor (guru besar). Proses belajar- mengajar juga dibantu oleh tenaga administrasi dan tenaga laboran.

Kerjasama

Prodi Ilmu Tanah menjalin kerja sama dengan lembaga/instansi lain di luar universitas untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Lembaga/instansi di dalam negeri yang telah menjalin kerja sama dengan Prodi Ilmu Tanah, antara lain:  Pemerintah Kabupaten/Kota di Wilayah Surakarta, Balai Penelitian Teknologi Kehutanan Daerah Aliran Sungai (BPTKPDAS) Solo, Balai Penelitian Lingkungan Pertanian Jaenan Pati, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah, Perkebunan PT Sinar Mas tbk., Perkebunan PT Musi Rawas Citra Harpindo, CV Lembah Hijau Multi Farm, PT Ajinomoto Indonesia, PT Sasa Inti Gending, PT Cheil Samsung Indonesia, dan PT Miwon Indonesia.

Lembaga/Univeritas luar negeri yang telah menjalin kerjasama dengan Prodi Ilmu Tanah : Universitas Gifu, Jepang dan Universitas Dankook, Korea Selatan.

Lapangan Kerja

Prodi Ilmu Tanah dapat bekerja sebagai pegawai negeri, di antaranya di Pemda, Dinas Pertanian, BPN (Badan Pertanahan Nasional), Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, Kementerian Perikanan dan  Kelautan, Kementerian Ristek, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian ESDM, BAPPEDA,BAPPENAS, Litbang Pertanian, PT Perkebunan, Bank Pemerintah, dan sebagai guru serta dosen.

Sebagai pegawai swasta, lulusan Prodi Ilmu Tanah dapat bekerja di perkebunan kelapa sawit, perkebunan kakao, perkebunan teh dan kopi, perkebunan karet, perusahaan pertambangan, perusahaan pertambangan, perusahaan perikanan, bank swasta dan sebagai konsultan.

Lulusan juga dapat berwiraswasta dalam budidaya pertanian, industri pupuk, sarana prasarana pertanian dan agribisnis yang lain.

Alumni

Prodi Ilmu Tanah (PSIT) FP Universitas Sebelas Maret telah diselenggarakan sejak tahun 1984. Sampai saat ini telah menghasilkan alumni lebih dari 800 lulusan yang telah bekerja di berbagai instansi, baik negeri maupun swasta, baik sebagai dosen, guru, pegawai pemda, Bank, dinas pertanian, dinas kehutanan, BPN, Bappeda dan di berbagai kementerian seperti Kementerian Pertanian, Kemenristekdikti, Kemen LH, Kemen ESDM, dan juga sebagai wirausaha.

Kompetensi Lulusan

KOMPETENSI

Lulusan Program Studi Ilmu Tanah bekerja sebagai : 

a. Pelaku/praktisi di bidang pertanian

b. Manajer (planner, designer, organizer, evaluator, mediator)

c. Pengusaha (enterpreneur)

d. Peneliti

e. Konsultas

f. Birokrat

 

Lulusan Prodi Ilmu Tanah :

a.      Mampu menerapkan prinsip ilmiah dan mampu berinovasi dalam menerapkan ipteks di bidang ilmu tanah dan  sumberdaya lahan secara berkelanjutan.

b.      Kemampuan leadership, manajerial serta mengembangkan usaha inovatif di bidang ilmu tanah dan sumber daya lahan secara tepat dan berkelanjutan.

c.       Kemampuan memulai dan mengembangkan usaha inovatif serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak secara efektif dalam bidang ilmu tanah dan  sumberdaya lahan.

d.      Kemampuan berpikir analitik untuk mengidentifikasi, merumuskan masalah dan akar masalah serta mencari solusi berbasis ilmiah dalam bidang ilmu tanah dan sumberdaya lahan.

e.      Kemampuan mengevaluasi, merencanakan dan memberikan solusi segala permasalahan di bidang ilmu tanah dan sumberdaya lahan secara efektif dan efisien.

f.        Kemampuan berfikir komprehensif (serba-cakup) berdasarkan prinsip-prinsip kelestarian tanah dan sumberdaya lahan.

g.      Mampu berbahasa Inggris

 

Prestasi Mahasiswa

Setiap mahasiswa Prodi Ilmu Tanah FP Universitas Sebelas Maret adalah anggota dari Keluarga Mahasiswa Ilmu Tanah (KMIT) yang merupakan wadah organisasi profesi di bidang ilmu tanah. KMIT FP Universitas Sebelas Maret telah berkiprah di tingkat nasional dengan menjuarai berbagai kompetisi dengan mahasiswa dari perguruan tinggi ternama di Indonesia. KMIT FP Universitas Sebelas Maret juga telah mengirimkan wakilnya sebagai duta mahasiswa teladan dalam pelayaran mahasiswa nasional pada tahun 2005. Kegiatan ekstra lainnya adalah Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam KOMPOS, UKM Kesenian THOEKOEL, dan lainnya.



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda