Anda pengunjung ke :
47657084
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S1

Nama Prodi :S1 Manajemen
Ketua Prodi: Reza Rahardian, SE, M.Si
Website : http://feb.uns.ac.id
Email : rezarahardian_fe@staff.uns.ac.id

Pengantar

Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret didirikan pada tahun 1976 melalui Keputusan Presiden dengan SK Nomor 10 Tahun 1976 tertanggal 8 Maret 1976. Penyelenggaraan Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Sebelas Maret dimulai pada tangga 1 April 1976. Prodi ini memiliki SK Izin Operasional terbaru dengan nomor SK 6528/D/T/K-N/2011 tertanggal 21 April 2011.

Prodi S1 Manajemen FEB UNS memiliki peringkat Akreditasi A dari BAN PT sejak tahun 2003 hingga sekarang

Sejalan dengan agenda internasionalisasi UNS, tahun 2017 Prodi S1 Manajemen diproyeksikan untuk mengajukan Sertifikasi Internasional AUN QA.

Visi

Visi Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Sebelas Maret adalah Menjadi Program Studi Strata 1 Manajemen yang unggul di tingkat nasional dan internasional.

Misi

Misi Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Sebelas Maret, antara lain:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dalam bidang manajemen yang menuntut pengembangan diri dosen dan kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, ketrampilan, sikap dan pemahaman kaidah kehidupan bermasyarakat.
  2. Menyelenggarakan penelitian ilmiah dan terapan yang berkualitas dalam bidang manajemen serta mendiseminasi hasil-hasil penelitian.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas untuk menunjang penerapan dan pengembangan ilmu manajemen serta berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.

Fasilitas

Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Sebelas Maret dalam menyelenggarakan proses belajar-mengajar ditunjang dengan berbagai fasilitas, antara lain:

  1. Ruang kuliah yang didukung dengan perangkat teknologi informasi yang memadai;
  2. Laboratorium komputer untuk menunjang PBM matakuliah Praktik Manajemen
  3. Kerjasama dengan berbagai perusahaan/industri untuk menunjang PBM matakuliah Praktik Simulasi Manajerial
  4. Laboratorium Perbankan Syariah;
  5. Laboratorium Grameen Bank;
  6. Laboratorium Pasar Modal;
  7. Pelatihan AMT untuk meningkatkan soft skills mahasiswa.

Profil Pengajar

Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Sebelas Maret memiliki staf pengajar dengan kualifikasi pendidikan S-2 dan S-3 sesuai bidang ilmunya sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan proses pembelajaran pada mahasiswa. Jumlah dan kualifikasi pendidikan staf pengajar di Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Sebelas Maret dapat dirinci sebagai berikut: (1) 15 orang berpendidikan S-3; (2) 27 orang berpendidikan S-2; dan (3) 9 orang sedang studi lanjut S-3. Dari keseluruhan 51 dosen, terdapat 3 dosen yang memiliki Jabatan Guru Besar.

Kerjasama

Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Sebelas Maret telah membangun kerja sama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri. Mitra kerja yang berasal dari dalam negeri misalnya: Badan Pertanahan Nasional, PT Angkasa Pura, Bank BTN, PT Sinar Sosro, Bank Danamon, Lottemart, JNE, Azana Hotel group, ADIS Group; sedangkan mitra kerja yang berasal dari luar negeri, contohnya: Journal of Financial Stability USA, Purdue University USA, University of Japan, Laboratoire Analyse Et De Prospective Economiques (LAPE) University of Limoges, France.

Lapangan Kerja

Lapangan kerja yang tersedia bagi lulusan Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Sebelas Maret, antara lain sebagai calon manajer, konsultan bisnis, pengelola bisnis, dan birokrat. Kewenangan lulusan Prodi S1 Manajemen FEB UNS dalam lapangan kerja meliputi : 

1. Staf manajemen/management trainee pada organisasi bisnis dan non bisnis;

2. Pegawai Negeri Sipil dengan golongan III/a dengan pangkat Penata Muda;

3. Account officer, teller, financial/risk analyst, personal banking officer, relationship manager pada bisnis perbankan;

4. Sales/marketing executive, supervisor/asisten manajer pada bisnis manufaktur, jasa dan retail; dan

5. Manajer/pengelola bisnis mandiri;

Alumni

Lulusan Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Sebelas Maret telah menunjukkan kinerja yang membanggakan dan tersebar di berbagai instansi pemerintah dan swasta, misalnya: Kemenkeu, BPK, OJK, Perbankan, BUMN dan perusahaan-perusahaan swasta besar di Indonesia.

Kompetensi Lulusan

Lulusan Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Sebelas Maret memiliki dan menguasai keterampilan khusus sebagai berikut:

1. Mampu menerapkan fungsi-fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan) di berbagai tipe organisasi             (bisnis dan non bisnis);

2. Mampu menerapkan konsep dan teknik analisis di bidang ilmu manajemen (manajemen strategic, keuangan, pemasaran, sumberdaya manusia    dan operasi);

3. Mampu mengidentifikasi masalah manajerial dan mengambil tindakan solutif yang tepat;

4. Bertanggung jawab dalam bekerja dengan menerapkan etika bisnis dan prinsip kewirausahaan (kemandirian, kreativitas, keberanian mengambil     risiko, orientasi ke masa depan).

5. Memiliki kemampuan berbahasa yang baik (Indonesia dan asing);

6. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi yang memadai; dan

7. Memiliki kepekaan terhadap perubahan lingkungan.

Lulusan Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Sebelas Maret menguasai pengetahuan sebagai berikut:

1. Menguasai konsep fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan) di berbagai tipe organisasi (bisnis dan         non bisnis);

2. Menguasai konsep dan teknik analisis di bidang ilmu manajemen (manajemen strategic, keuangan, pemasaran, sumberdaya manusia dan           operasi);

3. Menguasai setidaknya 1 (satu) metode riset kuantitatif atau kualitatif di bidang ilmu manajemen; dan

4. Memiliki wawasan terkini tentang lingkungan dan bisnis, termasuk perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

 

 

  

Prestasi Mahasiswa

Mahasiswa Prodi S1 Manajemen FEB Universitas Sebelas Maret mampu mengukir prestasi pada kegiatan-kegiatan pada tingkat lokal, nasional, dan internasional. Berbagai prestasi yang pernah diraih itu, antara lain: Juara 1 Economic Debate Competition tingkat lokal; Juara 1 Essai Beasiswa Data Print tingkat nasional; Juara 1 Business Plan Competition tingkat nasional; Finalis mahasiswa berprestasi tingkat nasional; Finalis International Essay Competition tingkat internasional; dan Juara 2 Asean Para Games tingkat internasional.

 



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda