Anda pengunjung ke :
47657136
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S1

Nama Prodi :S1 Ilmu Administrasi Negara
Ketua Prodi: Dr. Kristina Setyowati, M.Si
Website : fisip.uns.ac.id
Email : krist_uns@yahoo.co.id

Pengantar

Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Sebelas Maret merupakan salah satu prodi FISIP Universitas Sebelas Maret yang cukup banyak diminati oleh lulusan SLTA. Perkembangan isu-isu reformasi administrasi yang berkaitan dengan pelayanan publik merupakan daya tarik bagi lulusan SLTA untuk memilih program studi ini.

Visi

Visi Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Sebelas Maret, yaitu menjadi pusat unggulan pengembangan ipteks di bidang Ilmu Administrasi Negara berbasis etika dan berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila.

Misi

Misi Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Sebelas Maret, antara lain:

  1. menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas dalam rangka menghasilkan lulusan akademis yang berdaya saing tinggi;
  2. meningkatkan kualitas riset dan pengabdian kepada masyarakat;
  3. menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kualits Tridharma Perguruan Tinggi;
  4. mengembangkan sumber daya manusia baik tenaga akademik maupun non akademik yang profesional dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan;
  5. menerapkan sistim manajemen profesional baebasis tata kelola yang baik; dan
  6. mengembangkan iklim kerja yang kondusif dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan.

Fasilitas

Ruang perkuliahan di Prodi Ilmu Aministrasi Negara FISIP Universitas Sebelas Maret dilengkapi dengan fasilitas N-Computing, LCD, dan AC. Penggunaan hotspot di setiap ruang kelas memudahkan mahasiwa untuk mengakses informasi terkait pembelajaran. Perpustakaan prodi menjadi bagian dari perpustakaan yang dikelola oleh fakultas. Jumlah buku yang berkaitan dengan keilmuan administrasi publik mencapai hampir 1000 buah, jurnal nasional dan internasional serta majalah dan buletin terkait.

Profil Pengajar

Semua dosen di Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Sebelas Maret sudah bergelar master dalam bidang yang sama. Selain itu, prodi juga memiliki 5 orang doktor dan 1 orang guru besar.

Kerjasama

Prodi  Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Sebelas Maret telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Provinsi DIY untuk kegiatan magang/kuliah Kerja administrasi (KKA) selama 1 bulan. Kepala dinas di instansi tempat magang mahasiswa diposisikan sebagai pembimbing mitra.

 

 

Lapangan Kerja

Lulusan Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Sebelas Maret banyak bekerja di sektor institusi publik dan swasta pada bidang ortala, sumber daya manusia, keuangan, informasi, dan formulasi kebijakan.

Alumni

Alumni Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Sebelas Maret terutama berkarya di sektor publik sebagai manajer dan staf. Salah satu alumni yang cukup menonjol dari prodi ini adalah Janedri sebagai Sekjen Mahkamah Konstitusi di Jakarta.

 

Kompetensi Lulusan

Kompetensi yang dimiliki lulusan Prodi Ilmu Administrasi Negara, antara lain sebagai:

1. Administrasi Publik

Sebagai administrasi publik memiliki ciri, antara lain:

a. menguasai konsep dan teori tentang mendesain dan mengelola organisasi sektor publik, mengimplementasikan kebijakan publik, mengelola pelayanan, dan partisipasi publik;

b. mampu memformulasikan alternatif penyelesain masalah prosedural terkait dengan efektivitas dan efisiensi organisasi dan manajemen sektor publik;

c. mampu merumuskan dan mengkomunikasikan alternatif solusi yang berada di luar kewenangannya kepada pimpinannya;

d. menguasai metode dan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif untuk administrasi publik; dan

e. menguasai konsep dan teori etika dan integrasi administrasi publik.

2.  Birokrat

Sebagai birokrat memiliki ciri kompetensi, antara lain:

a. memanfaatkan teknologi informatika dan mendaesain dan mengelola organisasi sektor publik, mengimplementasikan kebijakan publik, mengelola pelayanan, dan partisipasi publik; dan

b. mampu menyelesaikan masalah dengan mengambil diskreasi sesuai dengan kewenangannya.

3.  Analis Kebijakan

Ciri kompetensi sebagai seorang analis kebijakan, antara lain:

a. mampu menyusuntelaahan staf dalam proses pembuatan keputusan; dan

b. mampu melaksanakan tupoksi secara efektif dan efesien dengan menggunakan informasi dan kemampuan analisis yang dimilikinya.

4. Pengelola Kegiatan Lapangan

Kompetensi sebagai pengelola kegiatan lapangan, yaitu mampu mengelola sektor publik untuk mewujudkan nilai-nilai publik secara efisien, efektif, berkeadilan, dan demokrasi baik secara individual maupun tim.

Prestasi Mahasiswa

Prestasi mahasiswa ditunjukkan dengan banyaknya kegiatan PKM yang diterima sebagai peserta dalam berbagai bidang, antara lain: penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kewirausahaan dan karya inovasi mahasiswa yang didanai oleh Ditjend Dikti.



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda