Anda pengunjung ke :
47657139
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S1

Nama Prodi :S1 Sosiologi
Ketua Prodi: Dr. Ahmad Zuber, D.E.A.
Website : sosiologi.fisip.uns.ac.id
Email : sosiologi@fisip.uns.ac.id

Pengantar

Untuk dapat memenuhi kualifikasi Sarjana Sosiologi dipersyaratkan telah memiliki 146 SKS (Sistem Kredit Semester) yang terdiri dari 140 SKS dalam bentuk mata kuliah wajib dan 6 SKS dalam bentuk mata kuliah pilihan. Perkuliahan diberikan dalam bentuk tatap muka di kelas, praktek laboratorium yang terkait dengan mata kuliah, dan praktek lapangan dengan sebutan Kuliah Magang Mahasiswa Sosiologi (KMMS).

Visi

Menjadi Program Studi Sosiologi Program Sarjana yang unggul di tingkat nasional dan internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran sosiologi yang berkualitas yang didukung dosen berkompeten dalam rangka menghasilkan sarjana untuk memperkuat daya saing bangsa;
  2. Menyelenggarakan penelitian sosiologi yang mendukung proses belajar mengajar untuk menyumbang pembangunan nasional dan internasional;
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang mendasarkan penguasaan sosiologi untuk mendorong terwujudnya keberdayaan masyarakat;
  4. Mengembangkan kerjasama kemitraan secara nasional dan internasional.

Fasilitas

Ruang Kuliah yang nyaman ber-AC, dilengkapi wifi router, LCD Projector, Mushola, Kantin, Public Space dan wifi di beberapa titik FISIP UNS , tempat parkir yang luas, ruang dosen yang nyaman, tenaga administrasi yang mempunyai kualitas pelayanan prima, Himasos (Himpunan Mahasiswa Sosiologi), Lab Sosio (Laboratorium Sosiologi) FISIP UNS) sebagai wadah pengembangan Iptek bidang ilmu sosiologi. Sebagai lembaga (institusi), Lab Sosio ini mengembangkan fungsi penelitian dan pengembangan (Research and Development  -  R & D) aspek teoritik dan terapan sosiologi. Lab Sosio juga menyebarluaskan hasil-hasil studi dan pengembangan (diseminasi hasil) kepada komunitas pendidikan dan pengajaran Sosiologi, FISIP, UNS dan perguruan tinggi di Indonesia lainnya kepada publik di dalam maupun di luar negeri. Diseminasi berupa buku, jurnal dan naskah seminar, dan sebagainya. Lab  Sosio mengemban tugas dan fungsi pengembangan Tri Darma Perguruan Tinggi. Lab Sosio berkedudukan di bawah Program Studi Sosiologi, FISIP UNS  bertanggung jawab dan berhubungan secara koordinatif dengan Kepala Program Studi Sosiologi, serta bekerjasama dengan Laboratorium-laboratorium lainnya di lingkungan FISIP, UNS maupun di luar UNS, juga dengan laboratorium lainnya baik secara nasional maupun internasional. Perannya melakukan kajian dan mengembangkan model teoretik maupun model praktek, dan melakukan program penguatan (pemberdayaan masyarakat) ke arah proses perubahan sosial yang terencana untuk mewujudkan masyarakat yang baik  dan sejahtera.

Profil Pengajar

Dosen Sosiologi sebanyak 20 orang, diantaranya 2 orang bergelar Profesor, 7 Doktor, 4 Kandidat Doktor, dan sisanya bergelar S-2. Mereka alumni dari Australia, Perancis, India dan dari dalam negeri.  Para dosen memiliki kompetensi handal dalam penguasaan teori sosiologi dan berhasil memperoleh hibah kompetitif penelitian dari Dikti dan sumber dana lain.

Pengelola Program Studi Sosiologi FISIP UNS Periode 2015 - 2019

Tim Penasehat (TP)

:

1. Prof. Dr. RB. Soemanto, M.A.

2. Dr. Bagus Haryono, M.Si.

3. Drs. Th. A. Gutama, M.Si.

Kepala Program Studi

:

 Dr. Ahmad Zuber, D.E.A.

Administrasi dan Pengelolaan Data Base (APDB)

:

Viarka Kresnawati, S.P.

Bagian Keuangan (BK)

:

Muh. Rosyid Ridlo, S.Ag., M.S.I.

Kepala Lab Sosio (KLS)

:

Dr. Drajat Tri Kartono, M.Si.

Koordinator Magang dan Kemahasiswaan Sosiologi (KMKS)

:

Siti Zunariyah, S.Sos., M.Si.

Koordinator Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (KPPM)

:

Prof. Dr. Mahendra Wijaya, M.S.

Koordinator Pengelolaan Jurnal (KPJ)

:

Yuyun Sunesti, G.D.Soc., M.A.

Koordinator Pengembangan Kerjasama (KPK)

:

Dra. Rahesli Humsona, M.Si.

Koordinator Diskusi Bulanan (KDB)

:

Dra. Sri Hilmi Pujihartati, M.Si.

Koordinator Borang Akreditasi (KBA)

:

Dra. Hj.Trisni Utami, M.Si.

Koordinator Pengembangan Kurikulum dan Skripsi (KPKS)

:

Dr. Argyo Demartoto, M.Si.

Koordinator Publikasi dan Informasi (KPI)

:

Akhmad Ramdhon, S.Sos., M.A.

Kerjasama

Pemkot Surakarta, KPU Karanganyar, KPU Sukoharjo, KPU Boyolali, PTN, Kuliah Tamu dari UIN, Kuliah Tamu dari Unsoed, Kunjungan Tamu dari Universitas Maritim Raja Ali Haji, Kunjungan Tamu dari Universitas Trunojoyo Madura, dan seluruh program studi Sosiologi se-Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia (APSSI), Kuliah Tamu dari Warren Wilson College, Asheville, NC, USA, Visiting Lecturers di  Warren Wilson College, Asheville, NC, USA, TATV, dan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Sosiologi.

Lapangan Kerja

Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Univesitas Sebelas Maret profil  lulusan sarjananya diharapkan mempunyai empat kompetensi lulusan sebagai berikut:

  1. Peneliti Sosial    (Social  Researcher)                                                          
  2. Perencana Pembangunan Masyarakat dan Konsultan Pembangunan Sosial (Societal Development Planner and Social Development Consultant)
  3. Analis Pembangunan Komunitas (Community Development Analyst)
  4. Analis Permasalahan Sosial (Social Problem Analyst)

Sebagai seorang Perencana Pembangunan Masyarakat dan Konsultan sosial (Societal Development Planner and Social Development Consultant), maka seorang sarjana Sosiologi diharapkan mampu:

  1. Membuat perencanaan yang matang dalam suatu proyek yang melibatkan berbagai pihak di masyarakat;
  2. Membangun jejaring kerja (networking) dengan berbagai pihak untuk melaksanakan program yang direncanakan; dan
  3. Memutuskan serta mencarikan jalan keluar atas berbagai masalah sosial, berdasarkan kepekaan dan pengetahuan sosiologisnya yang didukung oleh informasi dan data yang akurat.

Sebagai seorang Analis Pembangunan Komunitas (Community Development Analyst), seorang sarjana Sosiologi diharapkan mampu:

  1. Membuat analisa yang matang dalam suatu proyek pembangunan masyarakat;
  2. Memutuskan serta mencarikan jalan keluar atas berbagai masalah sosial terkait pembangunan masyarakat, berdasarkan prinsip-prinsip dasar ilmu pengetahuan sosiologi.

Sebagai seorang Analis Permasalahan Sosial (Social Problem Analyst),  seorang sarjana Sosiologi diharapkan mampu:

  1. Membuat analisa yang matang terkait permasalahan sosial yang ada di masyarakat;
  2. Memutuskan serta mencarikan jalan keluar atas berbagai masalah sosial yang ada di masyarakat berdasarkan prinsip-prinsip dasar ilmu pengetahuan sosiologi.

Lapangan Kerja dapat dalam wujud sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) seperti Dosen, atau Birokrat, Karyawan Swasta, Peneliti, Wiraswastawan, dan Pendampingan Masyarakat.

Alumni

Alumni sebagai PNS (Pemerintah Daerah, Kemensos, Kemenkominfo, Kemendikdikbud), Dosen di PTN (UNS), dan PTS (Universitas Muhammadiyah Malang), LIPI. TNI-Polri, Bank Negeri dan Swasta, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), Wirausaha, Pejabat Publik (Bupati)

Kompetensi Lulusan

Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Univesitas Sebelas Maret profil  lulusan sarjananya diharapkan mempunyai empat kompetensi lulusan sebagai berikut:

  1. Peneliti Sosial    (Social  Researcher)                                                          
  2. Perencana Pembangunan Masyarakat dan Konsultan Pembangunan Sosial (Societal Development Planner and Social Development Consultant)
  3. Analis Pembangunan Komunitas (Community Development Analyst)
  4. Analis Permasalahan Sosial (Social Problem Analyst)

Untuk dapat mempunyai kompetensi di atas maka mahasiswa harus menguasai teori-teori sosiologi, metodologi sosiologi yang diajarkan di kelas, lab sosio, dan praktek magang di instansi pemerintah ataupun swasta.

Prestasi Mahasiswa

Beberapa mahasiswa pernah mengikuti seminar internasional, berkompetisi dalam Penelitian dan Kreativitas Mahasiswa



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda