Anda pengunjung ke :
47657123
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S1

Nama Prodi :S1 Ilmu Komunikasi
Ketua Prodi: Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D.
Website : http://komunikasi.fisip.uns.ac.id
Email : sri.hastjarjo@staff.uns.ac.id

Pengantar

Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNS merupakan salah satu program Studi di Universitas Sebelas Maret yang cukup banyak peminatnya. Hal ini didukung oleh boomingnya industri media di era reformasi ini dan keterbatasan tenaga kerja untuk memasuk bidang komunikasii. Mengisi ceruk kerja inilah prodi Ilmu Komunikasi menyiapkan para lulusannya untuk menjadi insan yang memiliki kompetensi kerja di industri media.

Tujuan Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS

  1. Menghasilkan lulusan yang profesional dan berdaya saing tinggi di tingkat nasional maupun global.
  2. Menghasilkan karya-karya penelitian yang berkualitas dan berguna bagi komunitasakademik, pemerintah, industri dan masyarakat.
  3. Menghasilkan karya-karya pengabdian yang berkualitas dan berguna bagi komunitas akademik, pemerintah, industri dan masyarakat.
  4. Menghasilkan jejaring kerjasama dengan stakeholder dalam penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tnggi.
  5. Meningkatkan mutu layanan Tri Darma Perguruan Tinggi.
  6. Mewujudkan tata kelola program studi  yang kredibel, transparan,akuntabel, bertanggungjawab dan adil.

 

Visi

Menjadi pusat unggulan dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang Ilmu Komunikasi yang berlandaskan nilai-nilai luhur budaya Nasional sehingga memiliki daya saing ditingkat nasional maupun global.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang Ilmu Komunikasi yang menuntut pengembangan diri dan mendorong kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan sikap.
  2. Menyelenggarakan penelitian bidang Ilmu Komunikasi dan mendiseminasikannya untuk mendukung pendidikan dan kemajuan ilmu, teknologi dan pengkayaan budaya.
  3. Menyelenggarakan Pengabdian pada Masyarakat dalam bidang bidang  Komunikasi yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga dalam dan luar negeri untuk meningkatkan Tri Darma Perguruan Tinggi.
  5. Mengembangkan sumber daya manusia baik tenaga akademik maupun non akademik yang profesional.
  6. Menyelenggarakan manajemen program studi yang profesional berdasarkan budaya kerja UNS ACTIVE.

Fasilitas

  1. Laboratorium, antara lain lab. Audio Visual, lab. radio, Lab. Editing, lab. Fotografi, dan Lab. Multimedia. Laboratorium ini dimanfaatkan untuk penyelenggaraan mata kuliah : Jurnalistik, Video, Radio, Public Relations dan Periklanan. Selain sebagai tempat pratikum, lab ini juga dapat digunakan sebagai penyedia layanan jasa produksi, media peraga sosialisasi dan dokumentasi termasuk company profile.
  2. Perpustakaan, menyatu dengan perpustakaan yang dikelola Fakultas. Memiliki hampir 1500 judul buku, berbagai jurnal nasional dan internasional, serta buletin dan majalah.
  3. Hotspot Area, kebutuhan civitas akademika dalam mengakses content internet baik berupa informasi akademik maupun non akademik. Titik hotspot hampir terjangkau diseluruh sudut kampus sepjang waktu.
  4. Public Sphere, untuk mahasiswa mengembangkan minat dan bakat, bagi prodi Ilmu Komunikasi biasanya digunakan untuk berdiskusi, memutar film, open talk, pamern foto/poster.

Profil Pengajar

Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki tenaga pengajar yang sangat berkompeten dalam bidang Ilmu Komunikasi. Semua tenaga pengajar berpendidikan S2 Ilmu Komunikasi, prodi ini memiliki 2 orang Guru Besar, 6 orang Doktor.

Kerjasama

Prodi Ilmu Komunikasi Fisip UNS telah melakukan kerjasama dengan berbagai institusi, baik sesama perguruan tinggi di dalam dan di luar negeri maupun dengan berbagai instansi baik  stake-holder maupun yang membutuhkan jasa atau kerjasama dengan prodi.

Prodi Ilmu Komunikasi telah menjalin kerjasama dengan University Sains of Malaysia (USM) dalam bidang penelitian, Internasional seminar, serta pertukaran mahasiswa (Students Excjange) dengan Newcastle University Australia. Bidang penelitian bekerjasama dengan perguruan Tinggi di Indonesia. Prodi Ilmu Komunikasimenjadi anggota Asosiasi Pengelola pendidikan Tinggi Komunikasi (ASPIKOM). Prodi Ilmu Komunikasi menjadi tempat untuk studi banding perguruan tinggi lain dalam memajukan keilmuan dan manajemennya.

 

Lapangan Kerja

Lulusan prodi Ilmu Komunikasi terutama diarahkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di industri media terutama broadcating/televisi, media cetak, bidang periklanan dan public relations. Demikian pula para lulusan prodi ini banyak yang bekerja dalam bidang pemerintahan terutama sebagai tenaga dosen, bidang humas protokoler, dan perbankan

Alumni

Alumni program Studi Ilmu Komunikasi Fisip UNS telah tersebar hampir di seluruh Indonesia, baik pada instansi pemerintah maupun swasta. Nama nama seperti Rori Asyari (Metro TV), Ventin (TV One), Mulyanto Utom0 (Solo Pos)  merupakan alumni program studi Ilmu Komunikasi yang sudah berhasil berkiprah di tingkat nasional.

Setiap tahun program studi mengadakan temu alumni baik secara bersama-sama (program Pul-Kam) ataupun secara pribadi mengisi beberapa kegiatan di kampus.

Kompetensi Lulusan

Profil Lulusan

Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja di bidang komunikasi dan media. Profil lulusan yang dihasilkan adalah: Peneliti Komunikasi, Konsultan Komunikasi, Jurnalis, Broadcaster TV, Broadcaster radio, Public Relations Officer, dan Perencana Periklanan.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep dan teori-teori Ilmu Komu¬nikasi, yang meliputi komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, komunikasi massa, komunikasi media baru.
  2. Menguasai konsep dan prosedur melakukan riset bidang ilmu komunikasi kuantitatif (survey, analisis isi, eksperimen) dan kualitatif (riset lapangan dan analisis teks media).
  3. Menguasai konsep dan prosedur penyusunan rencana strategis dalam sebuah program komunikasi dari analisis situasi, formulasi tujuan, penentuan strategi/taktik komunikasi, implementasi dan evaluasi program.
  4. Spesialisasi Jurnalistik: Menguasai konsep dan prosedur produksi jurnalistik media cetak dan online, meliputi: teknik wawancara, teknik penulisan berita, teknik editing berita, dan proses publikasi media cetak dan online, dengan pengetahuan tentang peraturan dan kode etik jurnalistik.
  5. Spesialisasi Public Relations: Menguasai konsep dan prosedur pengelolaan sebuah aktivitas Kehumasan baik di sektor pemerintah maupun swasta, yang melibatkan aktivitas perencanaan, implementasi program, hubungan media, dan evaluasi program kehumasan, sesuai peraturan dan kode etik kehumasan.
  6. Spesialisasi Advertising: Menguasai konsep dan prosedur pengelolaan sebuah kampanye iklan, yang melibatkan pengetahuan tentang psikologi khalayak, pengetahuan produk, strategi kreatif, dan strategi media, serta peraturan dan kode etik di bidang periklanan.
  7. Spesialisasi Video: Menguasai konsep dan prosedur produksi programa televisi yang melibatkan pengetahuan tentang penyutradaraan, tata kamera, tata cahaya, manajemen produksi berbagai program berita dan non-berita, dan pengetahuan tentang peraturan serta kode etik penyiaran televisi.
  8. Spesialisasi Radio: Menguasai konsep dan prosedur produksi programa radio siaran yang melibatkan pengetahuan tentang penyutradaraan, tata suara, manajemen produksi (iklan, berita, drama, musik), dan pengetahuan tentang peraturan dan kode etik penyiaran radio.

Penguasaan Ketrampilan

  1. Mampu mengidentifikasi dan mengkaji fenomena/masalah bidang komunikasi dan media menggunakan konsep/teori Ilmu Komunikasi.
  2. Mampu melakukan penelitian di bidang komunikasi dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif.
  3. Mampu menerapkan perilaku komunikasi yang sesuai dengan peraturan perundangan, etika, dan kode etik profesi di bidang komunikasi.
  4. Mampu membuat perencanaan strategis dan melakukan implementasi untuk sebuah program komunikasi.
  5. Spesialisasi Jurnalistik: Mampu mengelola proses produksi karya jurnalistik untuk media cetak dan media online.
  6. Spesialisasi Public Relations: Mampu membuat perencanaan strategis dan mengelola implementasi aktivitas maupun program Public Relations.
  7. Spesialisasi Advertising: Mampu mengelola proses kampanye iklan untuk berbagai media yang melibatkan aktivitas riset pasar, perencanaan kreatif, produksi iklan, dan mengelola eksekusi sebuah kampanye iklan.
  8. Spesialisasi Video: Mampu mengelola sebuah proses produksi dan penyiaran program berita dan non-berita untuk media televisi.
  9. Spesialisasi Radio: Mampu mengelola sebuah proses produksi dan penyiaran program berita dan non-berita untuk media radio.

 

Prestasi Mahasiswa

Prestasi Mahasiswa Tahun 2015-2016

  1. The 4th Padjajaran Public Relations Fair – Universitas Padjajaran Bandung, 12 – 14 November 2015
  2. Lomba Penulisan Artikel dalam Rangka Pelindo III Youth Camp 2015 di Surabaya, 12-14 Desember 2015
  3. The 4th Padjajaran Public Relations Fair – Universitas Padjajaran Bandung, 12 – 14 November 2015
  4. Communication Summit 2015 - Universitas Bunda Mulia Jakarta dan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, 10-11 Desember 2015
  5. The 10th Gatsby Student CM Award di Tokyo, Jepang 30 Januari 2016
  6. Cinephoria Vol. II Short Movie Festival - Telkom University Bandung, 14 Februari 2016

 



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda