Anda pengunjung ke :
47657124
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S1

Nama Prodi :S1 Sastra Indonesia
Ketua Prodi: Dra. Chattri S. Widyastuti, M.Hum.
Website : sasindo.uns.ac.id
Email : chattri_sw@yahoo.co.id

Pengantar

Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya UNS sejak tahun 1976 telah mengelola 3 bidang: Lingustik, Sastra, dan Filologi. Mahasiswa akan dibagi dalam ketiga bidang tersebut pada semester V (Kurikulum 2015). Dengan pemilihan ketiga bidang ini, mahasiswa diharapkan lebih siap dan lebih dapat bersaing dalam menghadapi lapangan kerja ketika mereka lulus. Program Studi Sastra Indonesia pada saat ini telah melaksanakan beberapa kegiatan peningkatan relevansi, peningkatan efisiensi dan produktivitas, peningkatan suasana akademik, dan peningkatan manajemen internal. Kegiatan ini ditargetkan bahwa dalam setiap tahun dapat meningkatkan indikator kinerja utama, yang meliputi: (1) meningkatnya jumlah lulusan yang rata-rata lama studinya semakin pendek, (2) meningkatnya nilai IPK lulusan, (3) meningkatnya skor SNMPTN mahasiswa baru, dan (4) meningkatnya jumlah lulusan yang memperoleh pekerjaan dalam waktu lebih singkat.

Visi

Menjadi Prodi yang maju, unggul dan terpercaya pada tingkat internasional dalam ilmu sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang bertumpu pada budaya nasional terutama nilai-nilai luhur budaya Jawa.

Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut Program Studi Sastra Indonesia menetapkan misi sebagai berikut: 1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang mengedepankan suasana akademik yang sehat, demokratis, dan terpadu antara kegiatan kurikuler, ko-kurikuler, dan ekstra kurikuler, memanfaatkan teknologi dan informasi mutakhir yang dilandasi oleh nilai-nilai budaya nasional terutama nilai-nilai luhur budaya Jawa yang terakreditasi internasional. 2. Menyelenggarakan penelitian di bidang sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang berorientasi pada pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat, serta pengembangan ilmu pengetahuan, kebudayaan, dan kesenian yang terindeks internasional. 3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu serta dalam bidang bahasa dan budaya Indonesia yang diakui secara internasional.

Fasilitas

Fasiitas Program Studi Sastra Indonesia:

  1. Laboratorium Bahasa. Lab. ini berfungsi untuk sarana proses belajar mengajar mata kuliah yang berkaitan dengan bahasa
  2. Laboratorium Filologi. Lab ini untuk sarana proses belajar mengajar mata kuliah yang berkaitan dengan naskah/teks-teks kuna.
  3. Laboratorium Komputer. Lab disediakan untuk proses belajar mengajar mata kuliah yang berkaitan dengan editing bahasa.
  4. Ruang kuliah dilengkapi dengan LCD dan AC
  5. Akses internet gratis
  6. Ruang baca dan diskusi yang nyaman 
  7. Buku-buku referensi yang lengkap
  8. Pelayanan program studi yang prima
  9. Tersedia wadah kegiatan mahasiswa/ ekstra kulikuler yang memadai {pers mahasiswa/kalpadruma, teater sastra/Tesa, Pencinta alam/Sentraya Bhuana, SKI}
  10. Bimbingan Konseling
  11. Dana Plus Tali Kasih
  12. Asuransi kesehatan mahasiswa
  13. 13. Pembinaan soft skills

Profil Pengajar

Staf pengajar yang terdiri dari Jabatan Akademik dan Pendidikan. Spesifikasi jabatan akademik adalah sebagai berikut; (1)Guru besar 15%, (2) Lektor Kepala 50%, (3) Lektor 15%, dan (4)Asisten Ahli 20%.
Spesifikasi staf pendidikan adalah sebagai berikut; (1) S3 20%, (2) S2 (Studi S3)30%, (3) S2 40%

Kerjasama

1. Badan Bahasa (Jakarta) dan Balai Bahasa (Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DIY) Mencari bahan-bahan pustaka dan kerja sama akademik/magang 2001 -- Tempat magang mahasiswa Sastra Indonesia dan Daerah Kerja sama penelitian Seminar Hibah Buku 2. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, Semarang Mencari bahan-bahan pustaka dan kerja sama akademik/magang 2013 -- Tempat magang mahasiswa Sastra Indonesia dan Daerah Kerja sama penelitian 3. Kraton Akademik -- Menjadi tempat magang dan penelitian bidang bahasa, sastra, dan budaya 4. RRI Penyiaran 1985 -- Pengabdian Masyarakat Siaran pendidikan Promosi 5. TATV Penyiaran 2007 -- Terjemahan film (subtitle) editing berita Sandyakala basa Jawa Promosi Prodi 6. Yogya TV Penyiaran 2009 -- Promosi Prodi 7. Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Tengah Penyuluhan Kebudayaan 2002 -- Penyuuhan Kebudayaan Jawa Tengah 8. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) Akademik dan Pendanaan 2010 -- Renasance Budaya Nusantara, menjadi tempat magang mahasiswa 9. Balai Bahasa Kantor Provinsi Lampung Akademik dan promosi 2010 -- Iklan prodi Pengembangan akademik 10. APM (Akademi Pengajian Melayu), Universiti Malaya, Malaysia Kerja sama akademik/penelitian dan budaya (Pertukaran mahasiswa /student exchange) 2015 2019 1. Posdoc bidang Filologi melayu 2. Tukar informasi akademik 3. Kuliah Umum 4. (Pertukaran mahasiswa /student exchange)

Lapangan Kerja

Prospek masa depan para alumni lulusan Sastra Indonesia(sarjana strata/ S-1) adalah dapat bekerja menjadi:
1.  Dosen/Pendidik Bahasa Indonesia
2.  Linguis/Filolog
3. Pustakawan/Arsiparis
4. Pemda (Tingkat Propinsi, Pemkot)
5.  Peneliti (LIPI, Pusat/Badan Bahasa/Balai Bahasa)
6.  Penulis atau Pengarang (Kritikus, sastrawan)
7.  Sastrawan
8.  Bank
9.  Pekerja seni
10. Editor

11. Penyelia dan tenaga kebahasaan

12. Jurnalis

13. Tentor

14. Wartawan

15. Sutradara/pemain film

16. Penulis skenario

17. Penyiar

18. Wirasuastawan

Alumni

Pada setiap wisuda Program studi mendata wisudawan yang sudah bekerja dan ditemukan 15% wisudawan sudah bekerja sebelum lulus. Alumni kemudian diberi kuesioner untuk diisi apabila telah mendapatkan pekerjaan. Setelah itu, atas bantuan Fakultas, setiap ada legalisir ijazah alumni diminta mengisi biodata dan keterangan tentang pekerjaannya. Pada umumnya alumni Program Studi Sastra Indonesia bekerja pada bidang yang terkait dengan bidang bahasa dan sastra seperti dosen, ahli Linguistik, ahli sastra, ahli filologi, tentor, jurnalis, perbankan, sutradara, peneliti, editor, wartawan, guru, penulis/pengarang, public relation, humas, seni dan teater, wirausahawan.

Kompetensi Lulusan

a. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang budaya, sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang diakui secara internasional.

b. Menghasilkan penelitian dalam bidang budaya, sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang diakui secara internasional.

c. Menghasilkan gagasan intelektual dalam bidang budaya, sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayuyang diakui secara internasional.

d. Menghasilkan pengabdian yang bermanfaat bagi masyarakat dalam bidang budaya, sastra Indonesia, linguistik Indonesia, dan filologi Melayu yang diakui secara internasional.

e. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia serta internasionalisasi bahasa Indonesia.

Prestasi Mahasiswa

Nama Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan Tingkat (Lokal, Regional, Nasional, atau Internasional) Prestasi yang Dicapai ( 1 Festival Teater MASTERA 2014 Dilaksanakan tanggal 17dan 19 September 2014 bertempat di Dewan Riadah, Pusat Belia Bandar Seri Begawan, Negara Brunei Darussalam Internasional 2 “Kompetisi Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Tingkat Internasional 2016”, 19 November 2016 Internasional Juara I Lomba Resensi (a.n. Hanputro Widyono, NIM C 0212032) 3 “Kompetisi Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Tingkat Internasional 2016”, 19 November 2016 Internasional Juara III Lomba Resensi (a.n. Khoirul Umam, NIM B 0215034) 4 “Kompetisi Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Tingkat Internasional 2016”, 19 November 2016 Internasional Juara III Lomba Pidato (a.n. Kartika Bintari, NIM C 0213036) 5 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM-M), DIKTI, 2016 (Judul “GGS-B (Gerakan Griya Schizofrenia Bermain) Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kreativitas dan Sistem Motorik serta Meningkatkan SDM bagi Penyandang Mental Disorder”) LOLOS ke PIMNAS di IPB Bogor Nasional Sofia Naim (NIM C 0213063) 6 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM-PSH), DIKTI, 2016 (Judul “Analisis Naskah Melayu Bahwa Surat Ceritera Surat Al Qiyamah Kajian Eskatologi Islam”) Nasional Isna Arofatuzzahro (NIM C 0212036) 7 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM-PSH), DIKTI, 2016 (Judul “Makna Leksikal dan Makna Kultural Tradisi Selamatan Kematian di Desa Jati Rejo, Kec. Tulung, Kab. Klaten) Nasional Veronika Diani Putri (NIM C 0212066) 8 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM-PSH), DIKTI, 2016 (Judul “Wujud Kearifan Lokal Dialek Bahasa Asing Banyuwangi Jawa Timur) Nasional Fachrudin Mahendra Irawan (NIM C 0213023) 9 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM-PSH), DIKTI, 2016 (Judul “AMIN (Anak Minang Pindah Nagari) sebagai Upaya Pengenalan Dialek, Bahasa, dan Budaya Indonesia”) Nasional Thourissa Adisty G. (NIM C 0213065) 10 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM-M), DIKTI, 2016 (Judul “RUANG NISTA” (Revitalisasi Usaha Pengembangan Agribisnis Tawangmangu) Nasional Anita Devi Astuti (NIM C0213007) 11 Event Puisi Mingguan SSAN bertema bebas yang diselenggarakan oleh Penerbit Rumah Kita bersama PJ Event Meria Masriani Napitupulu pada tanggal 22 Agustus 2015 s/d 03 September 2015 Nasional (Kuala Kapuas) Juara I Risa Susanti 12 Penerima Beasiswa Unggulan Teknologi Industri Kreatif (BUTIK) CIMB Niaga Nasional Intan Riza Fathonawati 13 Penerima Beasiswa Unggulan Teknologi Industri Kreatif (BUTIK) CIMB Niaga Nasional Meldi Oktaviana Sakti 14 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM-PSH), DIKTI, 2017 Judul: MENILIK KEARIFAN LOKAL KAWASAN KARST MELALUI OBJEK WISATA MUSEUM KARST INDONESIA DI DESA GEBANGHARJO KABUPATEN WONOGIRI Nasional Eka Kristina Anggasari (NIM C0214022) 15 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM-M), DIKTI, 2017 Judul: GDM (Gerakan Difabel Melukis) sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kreativitas serta Sistem Saraf Motorik Halus bagi Anak Difabel di Yayasan Pembinaan Anak Cacat Surakarta Nasional Dhika Aprilia (NIM C 0214018) 16 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM-K), DIKTI, 2014 Judul: Hanacaraka Angkring N’ Coffe: Inovasi Nuansa SajianLesehan Malam Bertemakan Aksara Jawa Sebagai UpayaPelestarian Budaya Dalam Bidang Pangan Nasional Fredy Sulistyawan (NIM C0210025) 17 Pemenang Subtema 3 Forum Diskusi Nasional 12th Journalist Day “Wajah Pers Indonesia di Balik Pesta Demokrasi” Nasional Hanputro Widyono (NIM C0210025) 18 Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Jawa Tengah Tahun 2016 Regional (Jawa Tengah) Juara Favorite (a.n. Icha Latifa Hanum, NIM C 0214034) 19 Juara Favorit Lomba Fotografi Jurnalistik “Melihat Sisi Lain Kampung” dalam rangkaian acara “Kampoeng Boekoe” Solo Membaca 2016 Lokal Ambar Star Ain’s 20 Pemilihan Putra Putri Solo Tahun 2016 (3 September 2016) Lokal (Surakarta) Juara I Putri Solo 2016 (a.n. Okfied Nurneini Sosendar 21 Pekan Olahraga Fakultas Badan Eksekutif Mahasiswa FSSR UNS tanggal 7-11 Januari 2013 Lokal (Surakarta) Juara I Putra (HMJ Kemasindo) 22 Pekan Olahraga Fakultas FSSR UNS tanggal 21-28 April 2014 Lokal (Surakarta) Juara II Tim Putra (HMJ Kemasindo) 23 Lomba Resensi Buku Kategori Perguruan Tinggi Kota Surakarta , diselenggarakan pada tanggal 15 Oktober 2015 Lokal (Surakarta) Juara I (a.n. Asis Widyawati, NIM C 0212009) 24 Lomba Resensi Buku Kategori Perguruan Tinggi Kota Surakarta , diselenggarakan pada tanggal 15 Oktober 2015 Lokal (Surakarta) Juara II (a.n. Yuanita Pradita Primantari, NIM C 0212071) 25 Lomba Kader Anti Asap Rokok Tingkat Kota Surakarta Tahun 2015, diselenggarakan 6 Mei 2015 Lokal (Surakarta) Juara III (a.n. Candraderi C.) 26 DIKLATSAR XXVI KSR PMI UNIT UNS Lokal Asrina Syafa”ati Arselan (Peserta)



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda