Anda pengunjung ke :
47657074
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S1

Nama Prodi :S1 Sastra Inggris
Ketua Prodi: Drs. Agus Hari Wibowo, M.A., Ph.D
Website : http://inggris.fssr.uns.ac.id/
Email : englishdept@uns.ac.id

Pengantar

Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret selalu berusaha untuk mengembangkan diri dengan senantiasa mengevaluasi, meninjau dan memperbaharui program-progam dan kegiatan-kegatan yang telah dilakukan agar selalu bisa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Kurikulum senantiasa ditinjau dengan melibatkan para pemangku kepentingan agar sesuai dengan perkembangan terkini. Dengan demikian, lembaga ini bisa menjadi sarana untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter luhur, berketerampilan dan  berkeilmuan secara umum dalam bidang keterampilan berbahasa; listening, reading, speaking, dan writing, English for academic and specific purposes secara khusus dalam bidang Bahasa dan Sastra Inggris, Kajian Amerika, dan Penerjemahan.

Visi

Menjadi Program Studi yang maju, unggul dan terpercaya di bidang Ilmu Bahasa dan Sastra Inggris, Ilmu Penerjemahan, dan Kajian Amerika; dengan bertumpu pada nilai-nilai luhur budaya bangsa dan bermanfaat di tataran nasional dan internasional.

Fasilitas

Mahasiswa bisa menggunakan fasilitas yang ada di universitas, fakultas, maupun Prodi. Fasilitas yang terkait adalah Perpustakaan Universitas, Fakultas maupun Prodi dalam bentuk Independent Learning Centre (ILC) yang berada di bawah pengelolaan Perpustakaan Fakultas. Mahasiswa bisa menggunakan fasilitas di fakultas berupa Laboratorium Bahasa dan Ruang Multi Media sebagai sarana pembelajaran bahasa. Di samping itu, mahasiswa juga bisa memanfaatkan fasilitas UPT Pusat Pengembangan Bahasa untuk belajar dengan berbagai media pembelajaran termasuk audio visual.

Kerjasama

Prodi Sastra Inggris menjadi anggota English Studies Association in Indonesia (ESAI) yang merupakan asosiasi penyelenggara pendidikan bahasa Inggris sejenis di Indonesia. Di samping itu, di bawah payung fakultas, Prodi Sastra Inggris menjalin kerjasama dengan beberapa universitas di dalam maupun luar negeri misalnya Universiti Utara Malaysia, Universiti Kebangsaan Malaysia, Sidney University. Kerjasama terjalin baik dengan Kedutaan Australia maupun Amerika Serikat dalam bentuk bantuan tenaga native speaker dalam pengembangan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris. Kerjasama juga terjalin baik dengan lembaga-lembaga pemerintah maupun non pemerintah, misalnya: Dinas Pariwisata Solo Raya, Radio Republik Indonesia, Keraton Surakarta, Kedubes, Kemenlu, dan lembaga lainnya.

Lapangan Kerja

Lapangan kerja terbuka luas bagi lulusan Sastra Inggris dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan. Peluang bekerja ada dalam bidang pendidikan, jasa, perdagangan, perbankan, di lembaga pemerintah maupun swasta serta terbuka lebar untuk menciptakan lapangan kerja. Lulusan Prodi Sastra Inggris bekerja sebagai dosen negeri maupun swasta, staf Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar dan Konsulat, jurnalis media cetak dan elektronik, penulis buku dan cerita, editor penerbit buku dan media massa, penerjemah tulis dan lisan, Public Relation Officer, staf ekspor-impor perusahaan komersial, perbankan, PNS, Militer, dan lain-lain.

Alumni

  • Penyedia layanan dan usahawan berbasis keterampilan berbahasa Inggris
  • Pewicara publik dalam bahasa Inggris
  • Penulis
  • Asisten Peneliti
  • Penerjemah
  • Profesi lainnya berbasis bahasa inggris

Kompetensi Lulusan

Sarjana bidang Ilmu Budaya yang berkarakter luhur yang mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan memberikan pelayanan yang terkait dengan bahasa Inggris, dan menguasai dasar-dasar pemikiran ilmiah dalam mengidentifikasi dan menganalisis masalah di bidang Ilmu Bahasa dan Sastra Inggris, Ilmu Penerjemahan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya, Kajian Amerika. Secara lebih rinci lulusan Prodi Sastra Inggris mempunyai pengetahuan:

  • Menguasai konsep teoretis dan prinsip-prinsip ilmu bahasa, sastra, Kajian Amerika, dan/atau penerjemahan;
  • Menguasai kaidah dan prosedur dalam bidang public speaking
  • Menguasai kaidah dan prosedur penelitian dalam ilmu bahasa, sastra, Kajian Amerika dan/ atau penerjemahan
  • Menguasai prinsip pengelolaan bisnis/ kewirausahaan berbasis bahasa Inggris

Disamping penguasaan pengetahuan sebagaimana tersebut, lulusan Prodi Sastra Inggris mempunyai keterampilan khusus:

  • Terampil berbahasa Inggris dalam bidang tertentu: akademik, kreatif, bisnis, jurnalisme, pariwisata, dan kehumasan.
  • Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris sesuai dengan konteks.
  • Terampil olah struktur teks dan tekstur teks dalam bahasa Inggris dalam bidang tertentu: akademik, kreatif, bisnis, jurnalisme, pariwisata, dan kehumasan
  • Mampu berbicara di depan publik dalam konteks akademik, kreatif, bisnis, jurnalisme, pariwisata, dan kehumasan.
  • Terampil dalam menerjemahkan teks tulis dan lisan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya sesuai dengan kaidah teori penerjemahan
  • Mampu mengapresiasi dan menelaah karya sastra Inggris.
  • Mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan sosial budaya dan menganalisis dari berbagai perspektif
  • Mampu mengidentifikasi dan menganalisis teks dari perspektif linguistik

Prestasi Mahasiswa

Di tingkat internal kampus, beberapa kali mahasiswa Prodi Sastra Inggris meraih juara sebagai Mahasiswa Berprestasi Utama di tingkat fakultas dan kemudian masuk nominasi tingkat universitas. Di luar kampus mahasiswa Sastra Inggris meraih prestasi sebagai Juara dalam Pemilihan Putra/i Solo. Mahasiswa Sastra Inggris juara lomba penulisan short story dan resensi buku Di samping itu, Kelompok Debat Berbahasa Inggris sudah sering tampil dalam ajang debat berbahasa Inggris baik sebagai panitia maupun peserta debat di tingkat universitas maupun nasional. Mahasiswa Sastra Inggris mengikuti pertukaran mahasiswa atau event internasional ke berbagai negara misalnya: Thailand, Malaysia, India, Turki, Jepang, dan Amerika Serikat. Himpunan Mahasiswa Prodi Sastra Inggris (EDCOM) mempunyai banyak kegiatan antara lain pentas drama berbahasa Inggris (Better and Broadway), English Conversation Hours, penerbitan bulletin dan majalah berbahasa Inggris, serta kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk mengajar Bahasa Inggris di panti-panti asuhan.



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda