Anda pengunjung ke :
47657132
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S1

Nama Prodi :S1 Pendidikan Kimia
Ketua Prodi: Dr.rer.nat. Sri Mulyani, M.Si
Website : kimia.fkip.uns.ac.id
Email : pkimiafkipuns@gmail.com

Pengantar

Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan PMIPA FKIP UNS beralamat di Jalan Ir. Sutami No. 36A, Kentingan, Surakarta-57126, Telp. (0271) 646994 Psw. 376, Fax. (0271) 648939. Sebagai suatu lembaga pendidikan yang menghasilkan calon guru kimia, Program Studi Pendidikan Kimia berusaha untuk menjalankan visi dan misinya yang berlandaskan kejujuran, keterbukaan, dan kepedulian terhadap kepentingan masyarakat. Program studi ini sesuai dengan Sertifikat Akreditasi BAN PT nomor: 437/BAN-PT/Akred/S/XI/2014 telah terakreditasi dengan peringkat B.

Visi

Visi Program Studi Pendidikan Kimia yaitu “Menjadi Program Studi penghasil tenaga pendidik di bidang Pendidikan Kimia yang bereputasi internasional tahun 2030 dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional”.

Misi

Untuk mencapai visi Program Studi Kimia di atas ditetapkan sejumlah misi yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang inovatif berdasarkan perkembangan mutakhir di bidang pendidikan kimia;
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan yang mendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran, mampu menghasllkan temuan baru di bidang kimia dan pendidikan kimia, serta mem-publikasikannya di tingkat nasional maupun internasional;
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kimia dan pendidikan kimia untuk meningkatkan mutu pendidikan Program studi Pendidian Kimia, memperluas jejaring kerjasama baik dengan lembaga dalam negeri maupun luar negeri dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

Fasilitas

Fasilitas yang dimiliki oleh Program Studi Pendidikan Kimia adalah :

  1. Ruang Kuliah yang nyaman (3 ruang kuliah Program Studi Pendidikan Kimia dilengkapi AC dan LCD Proyektor, 3 ruang kuliah bersama Jurusan PMIPA)
  2. Ruang Microteaching (5 ruang microteaching bersama Jurusan PMIPA)
  3. Laboratorium Kimia (3 ruang Laboratorium Pengajaran Kimia dan 1 ruang Laboratorium Penelitian)
  4. Instrumen dan alat laboratorium yang lengkap
  5. Ruang dosen Program Studi Pendidikan Kimia Lt 3 (12 dosen) dan Lt 2 (7 dosen) Gedung D FKIP UNS
  6. Ruang baca Program Studi Pendidikan Kimia
  7. Ruang Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia
  8. Free Hot-Spot di seluruh area Program Studi Pendidikan Kimia

Profil Pengajar

Program Studi Pendidikan Kimia memiliki staff pengajar yang kompeten dibidangnya. Jumlah staff pengajar sampai saat ini adalah 19 orang dosen . Kualifikasi dosennyapun sudah sangat baik dan akan terus baik. Saat ini ada 12 Dosen yang sudah bergelar Doktor dan 2 diantaranya sudah Guru Besar, 4 orang Dosen merupakan lulusan dari Universitas ternama luar negeri dan 8 orang Dosen lulusan dari Universitas ternama di Indonesia, yaitu ITB dan UGM. Dosen lainnya berkualifikasi master (S2) dan 4 diantaranya sedang mengikuti studi S3.

Dalam rangka menghasilkan lulusan yang berkualitas, kedepan seluruh dosen di Program Studi Pendidikan Kimia harus bergelar Doktor. Dosen di Program Studi Pendidikan Kimia memiliki kinerja yang sangat baik dalam hal penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta publikasi ilmiah, memiliki berbagai macam jaringan kerjasama baik nasional maupun internasional.

Kerjasama

Kerjasama Program Studi Pendidikan Kimia yang telah terjalin bersama institusi baik Nasional maupun Internasional, antara lain :

  1. Institute fur Biochemie, Technische Universitat Dresden,
  2. GermanyHokaido University, Jepang
  3. Griffith University, Australia
  4. Institute of Chemistry Didactic, Muensterl University, Germany
  5. Institute of Didactic of Chemistry, Wuppertal University, Germany
  6. SMAN 3 Surakarta
  7. SMA MTA Surakarta
  8. SMA Negeri 1 Batang
  9. SMA Negeri dan Swasta di eks Karesidenan Surakarta
  10. MA  At Taqwa Kendal
  11. SMP Al Islam 1 Surakarta
  12. SMA Negeri 1 Wonogiri
  13. SMA Negeri 2 Wonogiri
  14. SMA Negeri 1 Tuban
  15. SMA Negeri 2 Tuban
  16. RSMABI Negeri 2 Wonogiri
  17. RBI SMA Negeri 2 Ngawi
  18. SMA Negeri 3 Surakarta
  19. SMABI Negeri 1 Sragen
  20. SMANBI 2 Madiun

 

Lapangan Kerja

Lapangan kerja dari lulusan Program Studi Pendidikan Kimia di antaranya adalah:

  1. Industri kimia
  2. Lembaga penelitian, seperti LIPI dan BATAN
  3. Guru Kimia SMP/MTs dan sederajat
  4. Guru Kimia SMA/SMK/MA dan sederajat
  5. Perguruan Tinggi sebagai dosen
  6. Laboratorium, seperti laboran kimia
  7. Lembaga Bimbingan Belajar
  8. dll

 

Alumni

Alumni Progran Studi Pendidikan Kimia telah menunjukkan kinerja yang membanggakan dan diterima diberbagai bidang pekerjaan baik instansi pemerintah maupun swasta, diantaranya :

  1. Program S2 berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di seluruh Indonesia, maupun Perguruan Tinggi ternama luar Negeri seperti Kyusu University, Hokaido University, .....................
  2. Sebagai Pengajar di SMP, SMA dan SMK baik Negeri maupun Swasta di seluruh Indonesia,
  3. Lembaga Bimbingan Belajar serta perusahaan baik yang berskala Nasional maupun multi Nasional, seperti: PT. Kalbe Farma, Lembaga Bimbingan Belajar Primagama, Neutron, Ganesha Operation, dsb

Kompetensi Lulusan

Rumusan Kompetensi Lulusan Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNS dinyatakan sebagai Capaian Pembelajaran (CP). yang meiputi 4 Deskripsi, yaitu: SIkap, Ketrampilan Umum, Ketrampilan Khusus, dan Pengetahuan. Rumusan deskripsi Sikap dan Ketrampilan umum disesuaikan dengan CP kualifikasi umum lulusan Sarjana (jenjang 6) seperti yang tercantum dalam lampiran Permenristekdikti RI No. 44 Tahun 2015. Untuk deskripsi Pengetahuan dan Ketrampilan khusus Program Studi S1 Pendidikan Kimia merupakan hasil Pembahasan Himpunan Kimia Indonesia (HKI) bersama FORUM MIPA LPTK Bidang Kimia di Universitas Indonesia tanggal 22 Desember 2014. Deskripsi Sikap dan Ketrampilan umum, Pengetahuan dan Ketrampilan khusus yang dimaksud sudah mengacu pada Konsep SNPT, KKNI.

DESKRIPSI SIKAP

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pendidikan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

DESKRIPSI KETRAMPILAN UMUM

  1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  7. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya,
  8. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  9. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  10. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

DESKRIPSI KETRAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kimia di tingkat sekolah secara terbimbing dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran berbasis IPTEKS, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu
  2. Mampu mengaplikasikan berbagai model pembelajaran kimia yang telah tersedia dan teruji sesuai dengan karakteristik bahan kajian
  3. Mampu melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan Praktikum dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang tersedia sesuai standar proses dan mutu untuk membangun keterampilan proses sains dan penguasaan konsep kimia siswa
  4. Mampu melakukan pendampingan pembelajaran kimia terhadap siswa baik secara individu maupun kelompok
  5. Mampu mengidentifikasi permasalahan pembelajaran kimia, dan memilih alternatif solusinya berdasarkan kajian teoretis, dan mengimplementasikan dalam pembelajaran
  6. Mampu mengusulkan beberapa keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan pembelajaran kimia dan kewirausahaan berbasis kimia.

DESKRIPSI PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep dan prinsip tentang struktur, dinamika, dan energi bahan kimia, serta menguasai prinsip dasar pemisahan, analisis, sintesis dan karakterisasinya yang dibutuhkan untuk memahami kimia sesuai ruang lingkup pembelajaran di sekolah
  2. Menguasai prinsip-prinsip pengelolaan kelas dan laboratorium, serta menguasai pengetahuan operasional tentang fungsi, cara mengoperasikan instrument kimia yang umum, dan analisis data, informasi dari instrument tersebut untuk proses pembelajaran kimia
  3. Menguasai prinsip dan teori pendidikan (pedagogik, psikologi peserta didik, teori belajar dan gaya belajar, serta kurikulum) di sekolah dan perkembangannya

Prestasi Mahasiswa

Mahasiswa Progrm Studi Pendidikan Kimia telah menunjukkan prestasi di antaranya:

  1. Juara 3 Nasional Indonesia Occupational Safety And Health (IOSH) Summit 2017 di UNS
  2. Juara 1 Nasional LKTIN Biology Innovation And Research Competition (BORN) 2016 di UNEJ
  3. Juara 3 Nasional LKTIN Pekan Riset Dan Ilmiah Mahasiswa 6 (PRISMA 6) di UB
  4. Juara 2 Nasional Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional PPIPM FAIR 2016 di UNP
  5. Juara 3 Nasional Indonesia Chemistry Expo (ICE) 2016 di Universitas Indonesia
  6. Juara 2 Nasional PIMNAS 29 tahun 2016
  7. Juara 2 Nasional Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Agropico NAIF 2016 UNHAS
  8. Juara 2 Nasional Konferensi Ilmuwan Muda Indonesia (KIMI) Subtema Pangan MIPA Untuk Negeri Ke - 5 di Universitas Indonesia
  9. Juara 3 Nasional Young Researcher Competition (YORECO) PPIPM FAIR 2016 di UNP
  10. Juara 2 Nasional Lomba Rancang Media Pembelajaran Kimia 2016 di UIN Yogyakarta
  11. Juara 3 National Essay Competition Scientist For Indonesia di USU 2016
  12. Juara 2 Universitas Lomba Essay Semarak Pendidikan BEM FKIP UNS 2016
  13. Juara 1 Nasional Lomba Essay Nasional Pecan Riset Dan Penalaran Tarakan Universitas Borneo Tarakan (25 Novemmber 2015)

  14. Juara 1 Nasional Lomba Karya Tulis Ilmiah Indonesia OSH Summit Himpunan Mahasiswa Keselamatan Dan Kesehatan (22-24 Oktober 2015)
  15. Juara 1 Nasional Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Medan National Conference Festifal Ilmiah Mahasiswa (FILM 2015) ( 29 Mei 2015)
  16. Juara 3 Nasional Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Nasional FICTION 2015 (20-21 November 2015)
  17. Juara 3 Nasional Lomba Penelitian Muda Nasional – Young Researcher Competition (YURECO) 2015 (28 Oktober 2015)
  18. Juara 3 Nasional Lomba Karya Tulis Chemistry For Creative 2nd Edition Tahun 2015 Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Negeri Medan (23 Februari 2015)
  19. Juara 1 Provinsi Jawa Tengah Lomba Paduan Suara Mahasiswa Tingkat Provinsi Jawa Tengah (9-17 Juni 2015)
  20. Juara 2 Nasional Lomba Media Pembelajaran Kimia Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Tahun 2014 (23 – 24 Mei 2014)
  21. Juara 3 Nasional Lomba Eco Creative (20 Februari 2014)
  22. Juara 3 Nasional Lomba Gagasan Tertulis Cendikia Fair 2014 (13 – 14 Desember 2014
  23. Juara 1 Nasional Lomba Karya Tulis Empat Pilar Berbangsa Dan Bernegara tahun 2013
  24. 12. Juara 2 Nasional Lomba Karya Ilmiah Nasional Pekan Ilmiah Dan Kreativitas (PIKIR III) tahun
  25. Lolos Program Kreativitas Mahasiswa yang didanai DIKTI tahun 2013
  26. Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN)  
  27. 80 besar Internasional Writing Competition “Chemical International Product” 2013    
  28. 20 besar Nasional Islamic Science Writing Competition 2013    
  29. 8 besar Nasional AIESEC Project 2013 
  30. 2 mahasiswa lolos student exchange ke Hongkong  dalam Make A Different ASIA 2013       
  31. Juara 3 Nasional PENSIL (Kompetisi Keilmiahan Nasional) GEMPA (Great Events of FMIPA) ITS 2.0 tahun 2013     
  32. Finalis 10 besar Lomba Karya tulis se-Jawa Bali tahun 2013      
  33. Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Universitas Muhammadiyah Makasar
  34. Finalis 20 besar Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Universitas Indonesia sub tema Pendidikan konservasi tahun 2013     
  35. Finalis 20 besar Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Universitas Indonesia sub tema konservasi lingkungan tahun 2013
  36. Juara 2 Lomba Essay Tingkat Mahasiswa Jateng-DIY tahun 2012
  37. Juara 3Lomba Essay Pekan Ilmiah Mahasiswa UNS tahun 2012
  38. Peserta International 8th Biennial Conference of the Comparative Education Society of Asia (CESA)
  39. Lolos Program Kreativitas Mahasiswa yang didanai DIPA UNS tahun 2012
  40. Finalis Lomba Esai UNS dengan tema Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan
  41. Lolos Program Kreativitas Mahasiswa yang didanai DIKTI tahun 2011
  42. Lolos Program Kreativitas Mahasiswa yang didanai DIPA UNS tahun 2010
  43. Lolos Program Kreativitas Mahasiswa yang didanai DIKTI tahun 2010

 



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda