Anda pengunjung ke :
47657140
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S1

Nama Prodi :S1 Pendidikan Biologi
Ketua Prodi: Puguh Karyanto, S.Si, M.Si, Ph.D
Website : www.biologi.fkip.uns.ac.id
Email : biologi@fkip.uns.ac.id

Pengantar

Program studi Pendidikan Biologi merupakan salah satu program studi yang bernaung di bawah jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP UNS. Program studi Pendidikan Biologi berasal dari jurusan Ilmu Hayat Fakultas Keguruan dan Ilmu Eksakta (FKIE) IKIP Negeri Surakarta yang berdiri dengan SK Menteri Pendidikan Nasional No. 316/SK.Pet/BRI/66 tertanggal tertanggal 23-1-1966. Pada tahun 1976, melalui SK Presiden No. 5 tahun 1976 tertanggal 1 maret 1976 diresmikan berdirinya Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan IKIP Negeri Surakarta melebur sebagai bagian dari Universitas Sebelas Maret tersebut. Satu tahun kemudian berdasarkan SK Rektor UNS no 4/P.1/000/1977 nama baru untuk Jurusan Ilmu Hayat  diubah menjadi Jurusan Ilmu Biologi. Pada tahun 1982 melalui SK Presiden No. 55 tahun 1982 mengenai peleburan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan Fakultas Ilmu Keguruan (FKg) menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 39/DIKTI/ Kep/1984 Jurusan Biologi mengalami perubahan status dan nama menjadi Program Studi Pendidikan Biologi di bawah Jurusan Pendidikan MIPA hingga saat ini.Program studi Pendidikan Biologi beralamat di Gedung D kompleks gedung FKIP Universitas Sebelas Maret Jl. Ir Sutami No 36 A Kentingan, Jebres, Surakarta. Telp. (0271) 646994 fax (0271) 646655.

Program studi Pendidikan Biologi memiliki visi, misi, tujuan dan sasaran yang ditetapkan bersama dengan ketercapaian yang secara rutin dievaluasi. sebagai institusi LPTK penghasil dan pengembang tenaga pendidik di bidang biologi yang berkarakter kuat dan cerdas serta unggul dalam penguasaan inovasi pembelajaran biologi. Visi, misi, tujuan dan sasaran yang ditetapkan tersebut dirumuskan, dilaksanakan dan dicapai dengan melibatkan peran (kontribusi) seluruh konstituen di program studi. Upaya penjaminan mutu telah dilaksanakan di program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS merujuk pada persyaratan mutu ISO 9001:2008.

Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNS merupakan mahasiswa yang memenuhi passing grade dan masuk melalui mekanisme jalur undangan, test bersama dan jalur test mandiri. Input mahasiswa yang dimiliki oleh program studi Pendidikan Biologi UNS termasuk baik. Jumlah pendaftar hingga tahun terakhir tercatat lebih dari 1800 calon dengan daya tampung yang berkisar pada rerata 80 mahasiswa. Berdasarkan jumlah pendaftar, angka keketatan untuk masuk program studi berkisar pada rerata 1:20 dengan hanya pada kisaran 5% dari pendaftar yang diterima di program studi. Layanan mahasiswa baik akademik maupun non akademik dapat terjamin dengan baik. Layanan non akademik pada tujuh aspek layanan yaitu konseling, minat dan bakat, pembinaan soft skills, Pemberian Beasiswa, Kesehatan dan kesejahteraan serta mimbar akademik dapat tersedia dan terakses. Layanan berupa kebebasan mimbar akademik dan organisasi juga dapat dinikmati oleh mahasiswa program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS. Kesempatan berkiprah di Ficos, BEM, DEMA, Himpunan Mahasiswa Jurusan dan Himabi (Himpunan mahasiswa Biologi) merupakan contoh pemberian kebebasan berorganisasi dan berkiprah sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa. Beberapa sub organisasi minat dan bakat dibawah Himabi yaitu Bio food, Bio Plant, Bio Zoo, Bio Art, Bio Sport, Bio IT juga merupakan fasilitasi kebebasan berekspresi sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa.

Jumlah total dosen tetap yang dimiliki oleh program studi Pendidikan hingga tahun borang diusulkan adalah 22 personel. Perbandingan antara jumlah dosen dan  mahasiswa di program studi Pendidikan Biologi telah ideal yaitu 1: 16. Relatif terhadap jumlah dosen yang dimiliki, proporsi antara dosen dengan kualifikasi S3 telah ideal mencapai hampir 60% tanpa dosen bergelar S1. Berdasarkan kepangkatan fungsional dosen, golongan  kepegawaian dan status sertifikasinya mayoritas dosen program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS telah memiliki kualifikasi pendidikan dan kepangkatan yang memadai terkait dengan penyelenggaraan perkuliahan di S1 prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Kurikulum di program studi Pendidikan Biologi telah dikembangkan dengan mengacu pada visi, misi, dan tujuan program studi dan dirumuskan secara prosedural melalui prosedur rekonstruksi yang telah mengakomodasi masukan dari beberapa pihak termasuk alumni dan pengguna. Kurikulum.yang dirumuskan mengandung sejumlah mata kuliah yang terbagi menurut kompetensi utama sebagai penciri prodi serta kompetensi pendukung dan kompetensi lain sebagai penciri fakultas. Masing-masing mata kuliah dalam kelompok kompetensi dapat ditarik relevansinya dengan profil lulusan dan profil kompetensi lulusan. Mata kuliah dalam kelompok kompetensi disusun menurut elemen kompetensi dalam SK Mendiknas No 045/U/2002. Struktur kurikulum berdasarkan hasil peninjauan kurikulum 2012 meliputi 14 SKS mata kuliah pengembangan kepribadian, 121 SKS mata kuliah keilmuan dan keterampilan, 25 vSKS mata kuliah keahlian berkarya, 5 SKS mata kuliah perilaku berkarya dan 4 SKS mata kuliah berkehidupan bersama.

Pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan mengikuti ketentuan rektor UNS SK rektor nomor: 553/H27/PP/2009 tentang pembelajaran berbasis kompetensi dalam kredit semester. Pembelajaran yang dilaksanakan di program studi Pendidikan Biologi telah dilaksanakan berdasarkan perencanaan dan pemantauan menurut standar ISO 9001:2008. Pembelajaran telah menerapkan beberapa strategi untuk mencapai pembelajaran bermakna dan didukung oleh sarana penunjang pembelajaran seperti koneksi internet dan LCD di setiap ruangan. Pendekatan kontekstual juga telah diterapkan pada beberapa mata kuliah. Aktivitas akademik pembelajaran di program studi Pendidikan Biologi juga telah didukung dengan sarana prasarana dan suasana akademik yang kondusif. Kebebasan mahasiswa untuk beraktualisasi telah dijamin dengan memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk menggeluti bidang prestasi, minat dan bakat. Secara akademik arana komunikasi ilmiah berupa jurnal internal, langganan jurnal, seminar nasional dan kuliah dosen tamu juga secara rutin telah terselenggara.

Kegiatan akademik yang berjalan di program studi Pendidikan Biologi telah didukung oleh  dana yang memadai dari RBA, sumber lain (penelitian dan pengabdian) maupun gaji dosen.   Kegiatan akademik yang berlangsung juga telah didukung dengan sarana laboratorium dan ruang kuliah yang memadai serta ruang kerja dosen yang cukup baik dan terkoneksi. Pemanfaatan ruang laboratorium telah ditertibkan melalui sistem informasi online sehingga pemanfaatan ruang tersebut dapat tertib dan optimal. Sarana lain berupa ruang baca juga telah tersedia secara memadai dengan koleksi yang cukup memfasilitasi. Kegiatan akademik yang berlangsung di program studi Pendidikan Biologi telah didukung oleh sistem informasi yang baik. Sistem informasi terkomputerkan telah memfasilitasi mahasiswa, dosen dan karyawan untuk dapat beraktivitas sebagaimana tupoksinya.

Visi

Menjadi LPTK penghasil dan pengembang tenaga pendidik di bidang biologi yang berkarakter kuat dan cerdas serta unggul dalam penguasaan inovasi pembelajaran biologi.

Merujuk pada I pasal 1 UU Sisdiknas No 20 tahun 2003, Cerdas didefinisikan sebagai sifat yang meliputi beberapa kemampuan yaitu:

  1. Memiliki kemampuan dalam penguasaan materi bidang studi biologi untuk disampaikan di sekolah menengah.
  2. Memiliki kemampuan merancang proses pembelajaran untuk materi bidang studi biologi secara subject specific paedagogi di sekolah menengah.
  3. Memiliki kemampuan merancang rumusan pembelajaran bidang studi  biologi untuk sekolah menengah.
  4. Memiliki kemampuan pengembangan diri melalui riset yang relevan dengan permasalahan pengembangan pembelajaran di sekolah menengah.
  5. Memiliki kemampuan terkait kepemimpinan, bekerjasama dan berkomunikasi dalam tatanan sosial.
  6. Memiliki kemampuan dalam pemanfaatan TIK untuk menunjang pembelajaran biologi di sekolah menengah.
  7. Memiliki kemampuan dalam menggunakan bahasa Inggris dalam menunjang kegiatan pembelajaran biologi di sekolah menengah.

Penguasaan TIK, penggunaan bahasa Inggris dan penguasaan strategi dan model merupakan bekal untuk melaksanakan pembelajaran biologi yang inovatif. Berkarakter didefinisikan sebagai sifat yang meliputi beberapa hal sebagai berikut:

  1. Memiliki integritas moral/akhlak
  2. Memiliki mental sportif dan nasionalis
  3. Memiliki orientasi positif dalam kehidupan sosial
  4. Memiliki jiwa mandiri dalam konteks kewirausahaan

 

Misi

Misi yang dirumuskan tidak dapat dilepaskan dari core bisnis pendidikan tinggi yang terangkum dalam tri dharma perguruan tinggi. Berdasarkan visi dan tri dharma perguruan tinggi, rumusan misi program studi Pendidikan Biologi adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan efektif sesuai dengan kompentensi bidang keilmuan pendidikan biologi.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan yang berkaitan dengan pengembangan keilmuan bidang pendidikan biologi.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama lain sebagai bentuk aktualisasi kompetensi dan pengembangan institusi.
  4. Melaksanakan pengembangan model-model pembelajaran biologi yang  inovatif.
  5. Membangun atmosfer akademik yang kondusif untuk pengembangan kompetensi, life skill dan pengembangan diri (minat dan bakat).

Fasilitas

Secara umum dalam setiap kerjasama yang dilaksanakan, program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS lebih berperan sebagai pelaksana melalui perannya sebagai penyedia sumber daya manusia. Hal tersebut disebabkan karena kerjasama dengan menggunakan payung MOU hanya terjadi antara pihak tertentu dengan institusi di tingkat universitas atau fakultas. Namun demikian, upaya penjaringan peluang kerjasama tetap dilaksanakan oleh program studi untuk menindak lanjuti MOU dengan MOA dan bahkan memungkinkan untuk sampai pada ranah mengusulkan kerjasama tertentu kepada fakultas data universitas. Merujuk pada sasaran mutu yang ditetapkan bersama pada tingkat jurusan, jumlah kerjasama minimal yang harus dilaksanakan oleh program studi sudah memenuhi target sasaran yang ditetapkan.

Standar sarana prasarana berupa ruang meliputi terutama, ruang dosen, ruang kuliah dan laboratorium, ruang baca, ruang aktivitas mahasiswa serta ruang publik. Secara keseluruhan ruang dosen di program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS telah cukup menjamin optimalisasi privasi kerja dengan maksimal 2 dosen dalam satu ruang yang berluas minimal 2.5 X 2.5 m. Ruang tersebut telah dilengkapi dengan titik listrik, berpendingin AC berkapasitas 1 PK sebanyak 2 unit untuk satu ruang besar dan difasilitasi dengan wifi internet access dengan kekuatan sinyal yang baik. Perawatan kerapian ruang diserahkan kepada masing-masing dosen adapun untuk kebersihan ruang dilakukan oleh petugas kebersihan yang terikat kontrak dengan fakultas. Perawatan asset ruang dilakukan oleh fakultas melalui mekanisme pengusulan prodi  secara terjadwal dan terkontrol

Ruang kuliah yang dipergunakan untuk perkuliahan di program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS telah mencukupi untuk memfasilitasi perkuliahan yang berlangsung. Ruang kuliah tersebut merupakan beberapa ruang di gedung D yang secara bersama-sama digunakan oleh 5 program studi lain dalam payung jurusan PMIPA FKIP UNS. Masing-masing ruang yang ada telah difasilitasi dengan fasilitas yang memadai untuk perkuliahan misalnya LCD dan hampir seluruh ruang telah difasilitasi dengan jaringan internet nirkabel. Penjadwalan ruang secara bersama untuk 5 program studi diatur melalui www.adminjur.fkip.uns.ac.id. Kebersihan ruang perkuliahan dijaga oleh beberapa tenaga kebersihan yang terikat kontrak dengan fakultas.

Laboratorium yang dapat diakses oleh program studi Pendidikan Biologi FKIP meliputi laboratorium yang digunakan secara sharing dengan program studi/jurusan/fakultas lain yang serumpun yaitu laboratorium komputer jurusan, laboratorium komputer fakultas, laboratorium IPA sentral, laboratorium yang dimiliki secara khusus oleh program studi dan laboratorium lain di lingkungan dalam universitas. Laboratorium yang dapat diakses tersebut secara sarana dan prasaran telah dapat menunjang praktikum yang terlaksana di program studi untuk mencapai kompetensi yang ditentukan. Pengembangan laboratorium masih dilakukan, perencanaan laboratorium kultur jaringan merupakan rencana yang diusulkan untuk dianggarkan di tahun 2014, meskipun, perubahan mekanisme usulan untuk peralatan dan invetarisasi menjadi sedikit kendala bagi upaya realisasi laboratorium tersebut.

Perpustakaan dan ruang baca yang dapat diakses oleh mahasiswa program studi Pendidikan biologi UNS telah sangat memadai. Ruang baca sebagai sarana pendukung aktivitas akademik juga telah tersedia dengan kondisi ruang dan koleksi yang memadai di program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS. Ruang baca/ruang baca klorofil digunakan secara bersama dengan laboratorium microteaching dengan luas 7 x 7 meter persegi. Ruang baca yang ada telah memiliki lebih dari 400 judul buku penunjang baik asli maupun fotokopi dan telah dilengkapi dengan fasilitas akses internet nirkabel. Dengan akses internet yang tersedia, mahasiswa dapat melakukan pencarian literatur secara online dengan memanfaatkan sumber-sumber terutama jurnal internasional yang telah dilanggan oleh universitas maupun program studi. Perpustakaan yang dapat diakses juga telah memadai dengan fasilitas ruang maupun koleksi yang dimiliki. Perpustakaan tersebut meliputi perpustakaan di fakultas dan perpustakaan di tingkat universitas.

Ruang untuk kegiatan mahasiswa untuk aktualisasi dalam organisasi telah tersedia di program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS. Ruang tersebut digunakan sebagai ruang sekretariat himpunan mahasiswa pendidikan biologi yang disebut Biosfer (luas ruangan adalah 2.5 x 3 meter persegi). Ruangan lain untuk aktivitas mahasiswa adalah ruang publik berupa  hall dan 2 gazebo yang dapat memadai aktivitas mahasiswa di lantai I gedung D FKIP UNS. Pada setiap ruang publik tersebut akses internet dapat selalu memfasilitasi kegiatan mahasiswa yang membutuhkan.

Penataan sistem informasi telah menjadi hal yang sangat penting bagi pengelolaan institusi  program studi. Sistem informasi dapat didefinisikan sebagai kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang  yang menggunakan teknologi tersebut untuk mendukung manajemen dan proses yang terkait dan operasionalisasi manajemen yang dijalankan. Istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, data, dan teknologi terkomputerkan. Dalam pengertian tersebut, istilah sistem informasi digunakan untuk merujuk pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi dan cara berinteraksi dengan teknologi tersebut dalam mendukung kegiatan yang dijalankan.

Pemanfaatan teknologi informasi telah secara  meluas dilaksanakan oleh dosen, karyawan maupun mahasiswa di program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS. Teknologi informasi telah dimanfaatkan dengan baik di program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS untuk menunjang perkuliahan maupun untuk menunjang administrasi dalam pengelolaan akademik di program studi. Koneksi internet nirkabel yang menjangkau hampir di setiap ruangan merupakan fasilitasi untuk kegiatan akademik untuk penelusuran sumber-sumber literatur maupun perkuliahan. Pemanfaatan teknologi informasi telah dioptimalkan di program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS untuk menunjang administrasi akademik. Difusi informasi di program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS menyangkut informasi akademik dan seluruh kegiatan program studi yang lain terekam secara ‘lunak’ di situs www.biologi.fkip.uns.ac.id. Situs tersebut merupakan situs utama yang dikelola oleh admin di program studi Pendidikan Biologi dengan pengelolaan situs yang rutin dibiayai menggunakan dana RBA yang diusulkan. Konten pada situs tersebut berisikan informasi-informasi yang ditata dalam format laman berjalan maupun dalam format menu. Pada format menu, beberapa data penting yang bersifat ‘selalu baru’ tersedia untuk menunjang ketersediaan data terkait dengan penjaminan mutu dan akreditasi. Selain situs prodi tersebut, beberapa tautan beberapa situs  penting dapat diakses.  Beberapa data dan informasi lain tertata dalam situs-situs sebagai berikut:

  1. Terkait dengan informasi akademik, data dan informasi dapat diakses di www.siakad.uns.ac.id. Informasi akademik menyangkut nilai dan profil akademik mahasiswa terekam di laman program studi tersebut. Informasi terkait dengan pengelolaan lab dan sirkulasi dapat diakses di www.labbio.fkip.uns.ac.id (dalam proses penyempurnaan).
  2. Sistem penunjang borang akreditasi dapat diakses di www.borang.fkip.uns.ac.id. Pada situs tersebut informasi menyangkut data penunjang borang berupa aktivitas dosen penelitian dan pengabdian, data homebase dan  data alumni tersedia dengan username dan password khusus pengelola prodi.
  3. Sistem informasi akademik yang memfasilitasi terkait sk mengajar, sistem manajemen ruang dan penjadwalan mata kuliah dapat diakses di www.adminjur.fkip.uns.ac.id dengan username dan password khusus.
  4. Sistem informasi menyangkut administrasi akademik dapat diakses di www.anjungan.fkip.uns.ac.id.

Profil Pengajar

Dosen Program Studi Pendidikan Biologi Berjumlah 23 orang, dengan spesifikasi 2 Dosen Guru Besar/Profesor, 12 Dosen bergelar Doktor (S3) dan yang lainnya bergelar master/magister. Dosen Prodi Pendidikan Biologi merupakan lulusan perguruan tinggi ternama, diantaranya: Humbolt Universitat Berlin Germany, Nagoya University Japan, Universitas Utara Malaysia, Uiversitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, Universitas Negeri Malang, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret.

Secara umum dalam setiap kerjasama yang dilaksanakan, program studi Pendidikan Biologi FKIP UNS lebih berperan sebagai pelaksana melalui perannya sebagai penyedia sumber daya manusia. Hal tersebut disebabkan karena kerjasama dengan menggunakan payung MOU hanya terjadi antara pihak tertentu dengan institusi di tingkat universitas atau fakultas. Namun demikian, upaya penjaringan peluang kerjasama tetap dilaksanakan oleh program studi untuk menindak lanjuti MOU dengan MOA dan bahkan memungkinkan untuk sampai pada ranah mengusulkan kerjasama tertentu kepada fakultas data universitas. Merujuk pada sasaran mutu yang ditetapkan bersama pada tingkat jurusan, jumlah kerjasama minimal yang harus dilaksanakan oleh program studi sudah memenuhi target sasaran yang ditetapkan. Beberapa peran program studi dalam kerjasama misanya pada beberapa event misalnya:

1.       Training olimpiade tingkat nasional, bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional

2.       PLPG (pendidikan Pelatihan Profesi Guru) bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional

3.       Pendampingan Interrnational Scientific Project Olimpiad, bekerjasama dengan penyelenggara di Denhaag dan Sragen Bilingual Boarding School

4.       Kerjasama dengan University of Washington untuk training dosen

5.       Kerjasama dengan University of Illinois

6.       Kerjasama dengan University Utara Malaysia

 

Lapangan Kerja

Sesuai dengan profil kompetensinya, profil lapangan kerja yang dibidik oleh program studi adalah guru untuk bidang studi biologi/guru biologi. Adapun secara fakta, beberapa lulusan program studi Pendidikan Biologi telah bekerja di beberapa instansi baik pemerintah ataupun swasta sebagai peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), sebagai dosen dan sebagai pelaku wirausaha yang berhasil.

Alumni

Profil Lulusan Pendidikan Biologi FKIP UNS

Lulusan Pendidikan Biologi FKIP UNS telah tersebar di seluruh Indonesia. IPK lulusan sarjana alumni telah melampaui batas IPK persyaratan rekruitmen pegawai yang mematok IPK sebesar 2,75 dan melampaui target sasaran mutu yang ditetapkan (3,00). Rerata IPK lulusan Pendidikan Biologi FKIP UNS pada 4 tahun terakhir berturut-turut dapat disajikan sebagai berikut:

 

\"\\"\\\\"\\\\"\\"\"\"\\"\\\\"\\\\"\\"\"

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Masa studi rata-rata relatif pada kisaran yang baik. Sasaran mutu hingga 2015 telah menetapkan bahwa masa studi pada akhir tahun tersebut adalah 4 tahun 6 bulan. Capaian Masa studi mahasiswa program studi Pendidikan Biologi selama tiga tahun terakhir dapat disajikan  pada tabel di bawah ini:

Tahun

Lama Studi

2010

5 thn 11 bln

2011

5 thn 11 bln

2012

4 thn 4 bln

Rata-Rata

5 thn 7 bln

 

Merujuk pada target tersebut, masa studi terakhir telah melampaui target sasaran yang ditetapkan. 

Berdasarkan data yang diperoleh melalui tracer study secara online sewaktu lulusan melakukan  legalisir ijazah, waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan  pertama adalah 5 tahun 7 bulan. Secara keseluruhan waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan pertama dapat disajikan pada tabel di bawah ini.

 

 

No

Keterangan

Jumlah

%

1

< 3 Bulan

315

52%

2

3 - 6 Bulan

156

26%

3

6 - 12 Bulan

70

12%

4

> 12 Bulan

63

10%

 

Jumlah Total

604

 

 

Selain waktu tunggu mendapatkan pekerjaan yang relatif pendek, nilai positif juga disumbangkan oleh tingginya relevansi pekerjaan yang dimiliki lulusan dengan kompetensi lulusan. Berdasarkan data yang diperoleh melalui tracer study secara online sewaktu lulusan melakukan  legalisir ijazah, 90% lulusan bekerja sebagai guru pada bidang studi yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Tabel 11 di bawah ini menujukkan capaian tersebut.

 

 

 

No

Keterangan

Jumlah

%

1

Tidak Sesuai

16

3%

2

Kurang Sesuai

47

8%

 

Kompetensi Lulusan

PROFIL KOMPETENSI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI ;

 

Analisis tugas terkait dengan profil lulusan yang ditetapkan dilakukan dengan merujuk pada pasal 1 ayat (1), PP no 74 tahun 2008 tentang guru yaitu bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Tugas mendidik tersebut memerlukan seperangkat kompetensi yang harus dimiliki yaitu meliputi empat ranah kompetensi yaitu  keilmuan, pedagogi, kepribadian dan sosial.

Tuntutan penyesuaian antara wilayah akademik dengan dunia kerja yang ternuat dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia/KKNI (Perpres no 8 tahun 2012 tentang KKNI) dipenuhi dengan menyelaraskan profil kompetensi lulusan yang merujuk pada pasal 1 ayat (1), PP no 74 tahun 2008 dengan elemen dan deskriptor KKNI (* untuk jenjang S1, deskriptor KKNI yang digunakan adalah level 6). Dengan demikian kompetensi lulusan yang ditetapkan telah sesuai dengan standar kompetensi pendidik dan KKNI. Relevansi kompetensi pendidik dengan elemen dan deskriptor KKNI disajikan dalam tabel 1 sebagai berikut::

 

Tabel 1. Kesesuaian kompetensi pendidik dengan elemen dan deskriptor penguat profil lulusan

Kompetensi Pendidik

Paragraf 1

Deskriptor KKNI Level 6

Kompetensi Pedagogi dan Keilmuan

Kemampuan di bidang kerja

Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang  dihadapi dalam penyelesaian masalah

 

Paragraf 2

Deskriptor KKNI Level 6

Kompetensi Keilmuan dan kompetensi pedagogi

Pengetahuan yang harus dikuasai

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara  prosedural.

 

Paragraf 3

Deskriptor KKNI Level 6

Kompetensi Kepribadian dan sosial

Kemampuan Manajerial

Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data serta memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok

 

Paragraf 4

Deskriptor KKNI Level 6

Kompetensi kepribadian dan sosial

Sikap

Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat memberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi

 

Prestasi Mahasiswa

No.

Nama Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan

Tingkat (Lokal, Wilayah, Nasional, atau Internasional)

Prestasi yang Dicapai

1

LKTI Nasional Universitas Jember Tahun 2015 (Mutiara Ramadhan dan Asma Himmatul Chasanah)

Nasional

Juara III

2

LKTI Nasional Polines Tahun 2015 (Mutiara Ramadhan)

Nasional

Finalis 5 Besar

3

LKTI Lingkar Studi Pendidikan (LSP) UNS Tahun 2014 (Mutiara Ramadhan, Asma Himmatul Chasanah, Dian Fajarwati)

Lokal

Juara I

4

Program Mahasiswa Wirausaha PPKWU UNS Tahun 2015 (Gilang Akbar Nugroho)

Lokal

Finalis

5

Program Mahasiswa Wirausaha PPKWU UNS Tahun 2016 (Alwan Ulinnuha)

Lokal

Finalis

6

Pelatihan Nasional Psychosocial Support Progamme KSR Pengguruan Tinggi se-Indonesia Tahun 2015 (Miya Nisaul Khoiroh)

Nasional

Peserta Terbaik Nasional

7

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Dikti Tahun 2015 (Zayyana Fatati A, Jumiati, Rika Astuti Kusuma W, Atika Ayu K) 

Nasional

Peserta

8

Olimpiade Karya Tulis Ilmiah (OKTI)  PPI Prancis Tahun 2015 (Nurul Syamsiyah)

Internasional

Finalis

9

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Dipa UNS Tahun 2015 (Nurul Syamsiyah, Anik Wulandari, Windi Mega Widianingrum)

Lokal

Peserta

10

Participant of 2nd Batch Sea-teacher Project SEAMO Tahun 2016 (Citra Mashita)

Internasional

Peserta

 

2015  prestasi PKMM Kemenristek dikti 2015 an Nurul faiqoh, 2016 PKM GT kemenristek dikti , dan SMG UNIBRAW MLANG

Adifa Riza bagass 2016 International Event tapak Rinjani IX UNIV Mataram Lombok, juara tiga kebut gunung.

 

 

 

11

Lomba karya Tulis ilmiah, Di Kuala lumpur Malaysia 2015 (Redza Dwi Putra)

Internasional

Juara III

12

Lomba Tari (Ratna Azizah)

Daerah

 

 

 

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda