Anda pengunjung ke :
47657110
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S1

Nama Prodi :S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreas
Ketua Prodi: Drs. Sunardi, M.Kes
Website : http://penjaskesrek.fkip.uns.ac.id/
Email : m.kes_sunardi@yahoo.com

Pengantar

Selamat datang di Program Studi (Prodi) Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi "PENJASKESREK" FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.

a. Kekhasan Prodi Penjaskesrek 

1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas dan akuntabel untuk menghasilkan guru penjaskesrek dan tenaga profesional keolahragaan yang cerdas dan berkarakter kuat berbasis nilai-nilai luhur budaya nasional, utamanya pada lingkup olahraga pendidikan.

2. Menghasilkan lulusan berstandar Sarjana S1 (kualifikasi 6 dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia/KKNI), yakni sarjana dalam lingkup olahraga pendidikan, yang kompeten dan memiliki dasar-dasar kuat dalam hal kompetensi pedagogis, kompetensi profesional, kompetensi moral, dan kompetensi sosial.

3. Menghasilkan dan mempublikasikan karya penelitian unggul dan gagasan ilmiah inovatif di kalangan dosen dan mahasiswa yang bertumpu pada persoalan teoretis dan praktis lingkup olahraga pendidikan dengan terus bersinergi pada persoalan lingkup olahraga lain, yakni lingkup olahraga prestasi dan lingkup olahraga rekreasi.

4. Mengembangkan serangkaian kegiatan pengabdian pada masyarakat yang terencana dan berkesinambungan melalui mekanisme penyuluhan, pelatihan, pendampingan, pemberdayaan masyarakat terkait dengan isu-isu strategis lingkup olahraga pendidikan melalui kemitraan dengan seluruh stakeholder dan komunitas olahraga pada level lokal, nasional, bahkan internasional.

b. Akreditasi

1. BAN-PT ; Akreditasi A (2015-2020)

2. ISO 9001:2008 (2016-2018)

Visi

"Untuk meghasilkan tenaga kependidikan jasmani yang berkualitas unggul secara fisik, mental, emosional, sosial, intelektual, dan moral serta menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha ESA serta memiliki kompetensi dan komitmen untuk mengembangkan pendidikan jasmani dan olahraga bagi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara".

Misi

Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi FKIP Universitas Sebelas Maret mengemban misi untuk:

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pembelajaranyang berkualitas dan akuntabeluntuk menghasilkan guru penjaskesrek dan tenaga profesional keolahragaan yang cerdas dan berkarakter kuat berbasis nilai-nilai luhur budaya nasional utamanya pada lingkup olahraga pendidikan.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengembangan inovatif pada lingkup olahraga pendidikan yang mengakomodasi pada persoalan yang berkembang pada lingkup olahraga yang lain, yakni lingkup olahraga prestasi dan lingkup olahraga rekreasi.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang terkait dengan pengembangan hasil belajar, hasil-hasil penelitian dan persoalan aktual yang dihadapi oleh stakeholder olahraga pendidikan pada khususnya, juga pada stakeholder lingkup olahraga yang lainnya.

Fasilitas

PENJASKESREK dilengkapi Fasilitas Laboratorium.  Laboratorium ini dapat digunakan untuk berbagai kegiatan antara lain, Studi Mahasiswa, Penelitian Olahraga & Pembinaan Atlet Baik dilingkungan Kampus, daerah maupun tingkat Nasional.

Fitnes Center dan Sport Smart menjadi salah satu penunjang kebutuhan Mahasiswa, Atlet & Masyarakat Surakarta pada umumnya.

Profil Pengajar

Pengajar / Dosen PENJASKESREK berjumlah 19, Terdiri dari ;

a. 2 Dosen bergelar Guru Besar (Proffesor-Doktor)

b. 2 Dosen bergelar Doktor dan

c. 15 Dosen Bergelar Magister. 

Kerjasama

PENJASKESREK Sering sekali mengadakan kerjasama dengan berbagai instansi. diantaranya KEMENPORA, Disdikpora, Sekolah, Club Olahraga dan Event Organizer Keolahragaan.

Lapangan Kerja

Lapangan Pekerjaan bagi Lulusan PENJASKESREK yang Utama linier dengan Bidang studi adalah TNI & POLRI Guru Penjas, PNS, Staf KEMENPORA Dan Dosen. Lulusan & Mahasiswa PENJASKESREK dapat juga menjadi Atlet ataupun pelatih Cabang Olahraga dan Fitness.

Alumni

Kompetensi Lulusan

Lulusan Prodi Penjaskesrek Disiapkan untuk Memiliki Kompetensi:  1) Kepribadian, 2) Pedagogi, 3) Profesional, dan 4) Sosial.

Dengan secara praktis beberapa kompetensi tersebut terinci menjadi:

 

  1. Kompetensi Utama: Guru Penjas, Guru Penjas Sekolah Dasar, Pelatih, Prajurit TNI-POLRI, Peneliti, Pengelola Olahraga, Kesehatan Olahraga, dll.
  2. Kompetensi Penunjang: Manuasia Berkepribadian / berkarakter Kuat dan Cerdas.
  3. Kompetensi Lainnya: Wirausahawan dalam Olahraga

Prestasi Mahasiswa

Prestasi Mahasiswa:

1.      Bidang Akademik:

Lokal :Karya ilmiah, diskusi ilmiah. ICT (Information and Comunication Technology)

2.      Bidang Olahraga:

Internasional:Pencak Silat, Karate, Taekwondo

Nasional:Panahan, Atletik, Bulutangkis, Bolavoli.

Wilayah : Bola Basket

Provinsi:Softball, Sepakbola, Futsal, Tenis,

3.      Bidang Lainnya:

Lokal: Seni, Budaya, Kepemimpinan.



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda