Anda pengunjung ke :
47657067
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S1

Nama Prodi :S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ketua Prodi: Drs. Hadi Mulyono, M.Pd.
Website : pgsd.fkip.uns.ac.id
Email : pgsd@fkip.uns.ac.id

Pengantar

Lokasi kampus PGSD yang cukup strategis ditengah kota ternyata membuat mahasiswa bisa nyaman dan kondusif untuk beraktivitas. Hal itu terlihat dengan suasana kampus yang selalu hidup. Suasana kampus yang kondusif membuat iklim pembelajarannya menjadi lebih baik dan maksimal. Selain lokasi yang strategis Prodi PGSD UNS juga memiliki sistem informasi terpadu sehingga semua informasi yang ada berbasis web dan dapat dilihat pada layar yang sudah disediakan di titik dimana mahasiswa mudah untuk mengakses. Materi yang dipelajari selama perkulihan tentunya tidak terlepas dari kajian ke SD an, yakni lima bidang mata pelajaran SD dan muatan lokal seperti bahasa inggris, bahasa jawa, karawitan, keroncong, kajian seni rupa dan musik, olahraga, dan kebudayaan Tenaga Pendidik yang dimiliki oleh PGSD UNS juga merupakan Tenaga Pendidik yang ahli di setiap bidangnya, hal ini dibuktikan dengan prestasi Tenaga Pendidik yang aktif menghasilkan Buku setiap Tahun, Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang kesemuanya melibatkan mahasiswa. Mahasiswa Prodi PGSD banyak yang telah berprestasi di tingkat lokal hingga Internasional.  Selain itu Tenaga Kependidikan din lingkungan Prodi PGSD UNS memiliki kualitas yang baik, hal ini dibuktikan dengan pada tahun 2016 lalu PGSD UNS mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008, sertifikat ini merupakan bukti pengakuan dunia Internasional kepada Prodi PGSD UNS yang menyatakan bahwa pelayanan akademik di Prodi PGSD UNS sudah sesuai dengan standar Internasional, sertifikat ini didukung dengan pengakuan dari Badan Akreditasi Nasional bahwa Kampus PGSD UNS telah terkareditasi A sehingga baik secara proses dan hasil pelaksanaan perkuliahan di Prodi PGSD memiliki kualitas yang baik dan bermutu denga demikian lulusan Prodi PGSD UNS banyak yang langsung mendapat pekerjaan sesuai dengan bidang yang diminati. Selain itu Prodi PGSD UNS juga sudah memiliki program lanjutan khusus magister PGSD ( S2 ) dan PPG SM3T serta PPG Reguler sehingga lulusan program S1 PGSD UNS akan mendapatkan informasi yang cepat tentang keberlanjutan karir dan tentunya informasi yang valid dan aktual.

Visi

Menjadi pusat pengembangan ilmu, teknologi, dan seni di bidang keguruan dan ilmu pendidikan Sekolah Dasar berdasarkan pada nilai- nilai luhur budaya lokal dan nasional.

Misi

Misi yang dirumuskan tidak dapat dilepaskan dari core bisnis pendidikan tinggi yang terangkum dalam tri dharma perguruan tinggi. Berdasarkan isi dan tri dharma perguruan tinggi, rumusan misi Program Studi PGSD FKIP UNS adalah sebagai berikut:

1. Menyelenggarakan pendidikan yang inovatif dan bermutu tinggi sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi mengembangkan dan mengelola pendidikan Sekolah Dasar yang dapat bersaing di tingkat global.

2. Menyelenggarakan penelitian menghasilkan inovasi dan temuan baru di bidang keguruan dan ilmu pendidikan Sekolah Dasar.

3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penerapan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang keguruan dan ilmu pendidikan Sekolah Dasar.

4. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam lingkup nasional maupun internasional.

Fasilitas

Program studi PGSD UNS berada di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Program Studi PGSD FKIP UNS memiliki dua kampus untuk perkuliahan yaitu kampus IV Solo dan Kampus VI Kebumen. Kampus Solo berada berada di kawasan Kleco kota Solo, tepatnya di Jl. Slamet Riyadi No. 449 Surakarta. Lokasi kampus yang strategis ini berdekatan dengan wilayah perkembangan pendidikan Dasar dan menengah, dengan kemudahan akses transportasi, kesehatan, dan pusat perbelanjaan. Sedangkan kampus PGSD Kebumen, lokasinya juga strategis di lingkupi area pendidikan, dan tidak jauh dari pusat kota Alun-alun Kebumen. Lokasi Kampus tepatnya di Jl. Kepodang No. 67A Panjer, Kebumen, yang juga memiliki kemudahan akses tranportasi, kesehatan, dan ekonomi. Di kedua Kampus PGSD tersebut, tersedia fasilitas perkuliahan yang lengkap di antaranya: ruang perkuliahan dengan satu gedung berlantai empat dan 5 gedung berlantai satu, 20 ruang laboratorium dengan satu gedung berlantai tiga, untuk mendukung proses perkuliahan. Ruang laboratorium (lab) di antaranya lab. IPA, lab. IPS, lab. Matematika, lab. Bahasa, lab. Komputer dan TIK, lab. Seni Musik, lab. Seni Rupa, lab. Karawitan, lab. Drama serta lab. Micro Teaching. Selain itu, tersedia juga berbagai fasilitas penunjang kegiatan mahasiswa antara lain: fasilitas olah raga yaitu lapangan voly, lapangan tenis, lapangan Bulutangkis, lapangan Ping-pong, lapangan Basket, serta fasilitas penunjang minat seni dalam bentuk studio musik Band, Keroncong, dan Paduan Suara. Kampus prodi PGSD juga dilengkapi Hot Spot area yang mencapai 15 titik, untuk kemudahan akses internet mahasiswa dan dosen dalam menunjang proses pembelajaran, serta sistem informasi terpadu dari web dan layar yang ditempatlkan ditempat mahasiswa mudah mengakses informasi. Selain itu untuk memberi kemudahan civitas akademik beribadah, di kampus PGSD juga memiliki masjid berkapasitas 200 jamaah. Satu hal yang menjadi nilai tambah kampus PGSD baik Solo maupun Kebumen adalah tersedianya fasilitas asrama mahasiswa berkapasitas 300 mahasiswa, yang dapat digunakan oleh mahasiswa dengan syarat dan ketentuan yang diatur oleh kebijakan rektorat.

Profil Pengajar

Kegiatan perkuliahan di Prodi PGSD FKIP UNS jenjang strata 1 (S1) dikelola dengan profesional, melibatkan 68 tenaga pengajar (dosen) dengan kualifikasi akademik serendahnya magister, yang linear dengan program ke-SD-an dan pendidikan dasar. Dari 68 dosen tersebut terdapat 3 Guru Besar, 10 dosen bergelar Doktor (S3), dan 55 dosen berderajat magister.

Kerjasama

Prodi PGSD UNS menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga mitra yaitu: sekolah dasar di Kecamatan Laweyan Kota Surakarta dan Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar.Merumuskan bentuk kesepakatan kerjasama dengan lembaga-lembaga mitra, yang tertuang dalam bentuk MoU (Memorandum of Understanding). Menyelenggarakan forum ilmiah dengan lembaga-lembaga mitra dalam bentuk lokakarya, diantaranya membahas tentang penyusunan kurikulum beserta perangkatnya (RPP dan Silabi), penyelenggaraan PPL di SD, pembuatan media pembelajaran di SD, dan penelitian tindakan kelas. Selain dengan institusi pendidikan dasar Prodi PGSD juga membuat kerjasama dengan perguruan tinggi lain seperti UPI Bandung, UHAMKA, dan STKIP Garut. Prodi PGSD UNS juga menjalin kerja sama dengan institusi pemerintah dalam hal perkembangan IpTek di dunia Pendidikan dan budaya. Secara periodik PGSD UNS juga melaksanakan kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan di luar kota Solo dalam Hal Penelitian dan Pengabdian yang dilaksanakan oleh Dewan Dosen dengan menyertakan Mahasiswa sehingga diharapkan mahasiswa mampu mendapat pengalaman yang lebih luas tentang kajian pendidikan secara kontekstual.

Lapangan Kerja

Lapangan kerja bagi lulusan prodi PGSD adalah dunia pendidikan Sekolah Dasar. Dalam lingkup pendidikan Sekolah Dasar ini lulusan prodi PGSD dapat bekerja sebagai Tenaga Pendidik sekolah dasar (guru SD) dengan menempuh pendidikan profesi guru. Selain itu lulusan PGSD dapat juga bekerja sebagai tenaga pendidik perguruan tinggi (dosen) dengan melanjutkan menempuh jenjang magister pendidikan. Bidang riset pendidikan dasar juga dapat menjadi lapangan kerja bagi lulusan prodi PGSD. Selain itu, lulusan prodi PGSD juga dapat bekerja sebagai praktisi dan konsultan pendidikan dasar sebagai pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, evaluator pelaknsanaan pembelajaran, dan pengembang media serta sumber belajar.

Alumni

Sejak berdiri di tahun 2002 hingga tahun 2016 Prodi PGSD FKIP UNS telah meluluskan lebih dari  3000 Sarjana Pendidikan. Proses belajar hingga lulus dari prodi PGSD FKIP UNS di rancang kurang dari4 tahun, Para lulusan prodi PGSD FKIP UNS telah tersebar di berbagai daerah di Indonesia, di berbagai instansi pendidikan, maupun di berbagai bidang kerja pendidikan baik negeri maupun swasta. Para lulusan tumbuh dan berkembang dalam karier kerja di antaranya sebagai guru kelas SD, Kepala Sekolah SD, Pengawas Sekolah SD, Dosen prodi PGSD, Konsultan Pendidikan, tentor bimbingan belajar, hingga wirausahawan di bidang bimbingan belajar. Para alumni prodi PGSD FKIP UNS secara intens menjalin hubungan melalui ikatan alumni PGSD, yang di dalamnya berisi kegiatan berbagi pengalaman dan informasi dunia kerja..

Kompetensi Lulusan

Penyelenggaraan perkuliahan jenjang sarjana strata 1 (S1) di prodi PGSD FKIP UNS, baik dalam bentuk kurikulum maupun tata kelola pelaksanaannya, telah disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Oleh karena itu, lulusan Prodi PGSD FKIP UNS di bimbing untuk mencapai keterampilan dan pengetahuan di level 6 KKNI, dengan keahlian sebagai: (1) Tenaga Pendidik pada jenajng sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan, (2) Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar, (3) Praktisi dan Konsultan Pendidikan di tingkat satuan pendidikan dasar dalam bidang pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, evaluator pelaksanaan pembelajaran, dan pengembang media serta sumber belajar. Sesuai visi dan misi UNS, ketiga keahlian tersebut di rancang untuk selalu berlandaskan pada wawasan kearifan lokal budaya Jawa dan semangat Kewirausahaan, dalam pengembangan pribadi di sekolah dan masyarakat.

Prestasi Mahasiswa

Beberapa hasil prestasi mahasiswa PGSD UNS dibawah bimbingan  Unit Pengembangan Mahasiswa Prodi adalah sebagai berikut:

  1.  PGSD pernah menjuarai karya ilmiah nasional juara II.
  2.  Lomba cerita bahasa jawa di Yogyakarta meraih juara III\
  3. Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Fair FKIP UNS (2013) Lokal Juara 3
  4. Lomba Pekan Olah Raga Provinsi Pencaksilat (2013) Regional Juara 3
  5. Debat Pendidikan tingkat Provinsi Jateng DIY (2013) Juara 3
  6.  Lomba Fotografi UNS (2014) Lokal Juara 1
  7. Debat Pendidikan FKIP UNS (2014) Lokal Juara 1
  8. Pemilihan Putra Putri Lawu Duta Wisata Kabupaten Karanganyar tahun 2015 Regional Juara 2
  9. Lomba Media Pembelajaran Sekolah Dasar Antar MAhasiswa PGSD Se- Jawa Tengah dan DIY Kategori Media 3 Dimensi (2014)Regional Juara 3

10. Lomba Media Pembelajaran Sekolah Dasar Antar Mahasiswa PGSD Se- Jawa Tengah dan DIY Kategori Video Pembelajaran (2014) Regional Juara 2

11. Lomba Debat Mahasiswa dengan Tema ”Kontribusi Positif Pendidikan Dasar Dalam Pengembangan Kualitas Bangsa” (2014) Nasional Juara 1

12.  Kejurnas Pencaksilat antar Perguruan Tinggi Nasional (2014) Nasional Juara 3

13. Kejuaran Pekan Olah Raga Mahasiswa Daerah Regional Juara 1

14.  Lomba Debat Mahasiswa dengan tema "Keseteraan Pendidikan Indonesia Menuju Integritas Bangsa"(2015) Nasional Juara 1

15.  Lomba cerpen ”Pendidikan: Antara Harapan dan Kenyataan” (2015) Lokal Juara 2

16.  Lomba baca puisi (2015) Regional Juara 1

17. Lomba Mas dan Mbak UNS 2015 ”Festival Seni dan Budaya” (2015) Lokal Juara 3

18.  Debat Mahasiswa PPDN (Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional) 2015 Nasional Juara 1

19. Lomba Parade Musik Akustik (2015) Regional Juara 2

20. Kejurprov Pencak SIlat Jawa Tegah (2015) Regional Juara 3

21.  Kejurnas Tapak Suci Antar Perguruan Tinggi (2015) Nasional Juara 2

22. Lomba Debat Pekan Mahasiswa UNS (2015) Lokal Juara 1

23. Call of Paper Malaysia 1 presenter (2016)

24. Lomba LKTI Grafika UNESA (2016) Juara  II Nasional

25. Lomba LKTI PPDN (2016) Juara III Nasional

26. Lomba Debat UNISRI (2017) Juara I



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda