Anda pengunjung ke :
47657080
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S1

Nama Prodi :S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Ketua Prodi: Warananingtyas Palupi, S.Sn., M.A.
Website : paud.fkip.uns.ac.id
Email : paud@fkip.uns.ac.id

Pengantar

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini merupakan bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di lingkungan Universitas Sebelas Maret. Program Studi PG-PAUD bertempat di Kampus IV Kompleks Prodi PGSD-PG-PAUD yang beralamatkan di Jalan Slamet Riyadi No. 449 Kleco, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta.

Bidang Penddikan Anak Usia Dini merupakan bidang yang sedang berkembang di Indonesia. Data menunjukkan bahwa pada tahun 2009, dari 28,8 juta anak usia 0-6 tahun yang mendapatkan layanan PAUD hanya sekitar 53,7%, sebagai lembaga pendidikan tinggi dengan fokus program pendidikan anak usia dini,

Visi

Visi

Menjadi pusat pengembangan ilmu, teknologi, dan seni di bidang pendidikan anak usia dini bereputasi internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional

Misi

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang inovatif berdasarkan perkembangan mutakhir di bidang pendidikan anak usia dini
  2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan temuan baru di bidang pendidikan anak usia dini
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan anak usia dini untuk meningkatkan mutu pendidikan
  4. Pengembangan bidang kependidikan anak usia dini

Fasilitas

Ruang Kuliah

Sarana Olahraga.

Laboratorium Microteaching.

Laboratorium Gizi.

Laboratorium Komputer

Perpustakaan

Aula

Profil Pengajar

Program Studi PG-PAUD FKIP UNS memiliki delapan (delapan) tenaga pengajar (dosen tetap) dan satu (1) orang tenaga pendidik profesional (dosen tidak tetap) dengan bidang ilmu yang linier dari dalam Prodi PG-PAUD. Selain itu, untuk mendukung suasana akademik dan kegiatan pembelajaran, Prodi PG-PAUD juga memiliki tenaga pendidik dengan bidang ilmu linier dari program studi lain. Dosen dengan homebase di Program Studi PG-PAUD memiliki latar belakang akademik yang menunjang dan linier, antara lain dari bidang ilmu PAUD murni, Psikologi, Seni, Teknologi Informasi, dan Bahasa Inggris serta bidang ilmu lain dari dosen yang memiliki homebase diluar program studi.

Sebagai tenaga pendidik yang menjalankan tugas Tridharma Perguruan Tinggi, dosen di lingkungan program studi telah melaksanakan tugasnya untuk mempersiapkan, mendidik dan mencetak calon pengajar PAUD didunia kerja, melaksanakan penelitian sesuai rumpun ilmu PAUD dan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Aktifitas dosen sebagai bukti peran aktif didunia pendidikan dan aplikasi keilmuan tidak hanya ditunjukkan melalui kegiatan tridharma perguruan tinggi, namun juga sebagai narasumber/ tenaga ahli/ pakar dikegiatan ilmiah seperti seminar, workshop, dsb, dengan skala nasional maupun internasional.

Kerjasama

Program Studi PG PAUD FKIP UNS menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga kemitraan baik dalam maupun luar UNS. Bentuk kerjasama yang dilakukan program studi PG PAUD bertujuan untuk menunjang pengembangan keilmuan dan soft skill mahasiswa PG PAUD serta mendorong eksistensi program studi PG PAUD dalam memenuhi kebutuhan guru PAUD yang berkualitas. Lembaga Kemitraan dan bentuk kerjasama yang dilakukan meliputi:

  1. Program Pengalaman Lapangan (PPL), bentuk kerjasama prodi PG PAUD dengan sekolah Taman Kanak-Kanak di Kota Solo Raya meliputi: Banjarsari, Laweyan dan Karanganyar
  2. SEATEACHER (PPL Internasional) di Phranakon Rajabad University Thailand pada tahun 2017
  3. IGTKI Sukoharjo pada tahun 2017, yaitu penyelenggara pelatihan guru PAUD dan penyedia pakar
  4. SEATEACHER (PPL Internasional) di Phranakon Ayyutthaya Rajabad University Thailand pada tahun 2016
  5. IKA PG PAUD FKIP UNS 2016-sekarang, penyelenggaraan berbagai kegiatan pengembangan kompetensi guru PAUD terutama alumni dan penyedia pakar
  6. Pemerintah Kabupaten Paser Kalimantan Timur pada tahun 2010-2014 dalam bentuk pengiriman mahasiswa Paser kuliah ke PG PAUD UNS
  7. Rotary Club pada tahun 2004-2013, pengadaan buku-buku Pendidikan Anak Usia Dini

Lapangan Kerja

PG-PAUD FKIP UNS memiliki tugas memberikan pendidikan, pelatihan, pengalaman lapangan dan mencetak sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dibidang PAUD. Pendidikan dan pengalaman yang diberikan kepada mahasiswa bertujuan sebagai bekal menghadapi dunia kerja. Kompetensi lulusan atau Learning Outcomes yang dimiliki oleh mahasiswa Prodi PG-PAUD ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja. Prospek lapangan kerja yang dapat diperoleh lulusan PG-PAUD FKIP UNS sesuai dengan kompetensi lulusan/ learning outcomes adalah sebagai berikut. 

1. Pendidik/ guru lembaga PAUD.

2. Kepala sekolah/ kepala lembaga/ yayasan PAUD.

3. Tenaga pendidik di perguruan tinggi setelah menempuh studi lanjutan.

4. Aparatur sipil negara lainnya.

5. Praktisi PAUD/ tumbuh kembang anak.

6. Konsultan bidang PAUD.

7. Produsen APE PAUD

8. Seniman bidang AUD (penulis lagu anak-anak, pelukis cerita anak)

9. Penulis buku dengan cakupan bidang AUD (penulis buku cerita bergambar anak usia dini, dsb)

10. Wirausaha lainnya.

Alumni

Alumni Program studi PG PAUD FKIP UNS tersebar diberbagai wilayah di Indonesia baik di pulau jawa mapuan luar Pulau Jawa. Alumni Program studi PG PAUD FKIP UNS banyak diserap di bidang Pendidikan Anak Usia Dini seperti: guru PAUD, kepala sekolah, dosen, wirausaha di bidang PAUD, dll. Alumni aktif dalam berbagai bidang profesi ke-PAUD-an sebagai bentuk kontribusi untuk memajukan layanan pendidikan anak usia dini.

Alumni PG-PAUD FKIP UNS juga tergabung dalam Ikatan Alumni PG-PAUD (IKA PG-PAUD) yang resmi terbentuk di tahun 2015. Ikatan alumni ini memiliki peran penting sebagai wadah komunikasi antar alumni, sebagai media untuk kepentingan tracer atau pelacakan alumni, dan juga dapat difungsikan untuk memberikan wawasan dunia kerja kepada mahasiswa aktif di program studi.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusan Program Studi PG PAUD FKIP UNS, meliputi:

1. Aspek Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalama menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada warga negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi, nilai, norma dan etika akademik.
  9. Menunjukan sikap tanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  11. Mempunyai ketulusan, komitmen serta kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai dan kemampuan peserta didik.
  12. Menunjukan sikap sabar dan kasih sayang dalam mendidik anak usia dini..

2. Aspek Pengetahuan

  1. Menguasai landasan religius, filosofis, yuridis, antropologis, psikologis, sosiologis dan pedagogik PAUD.
  2. Menguasai perkembangan dan belajar anak usia dini.
  3. Menguasai konsep hidup sehat, prinsip-prinsip dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini.
  4. Menguasai teori belajar dan pembelajaran PAUD serta pendekatan-pendekatan yang dapat mengoptimalkan potensi perkembangan anak usia dini.
  5. Menguasai pembelajaran anak usia dini.
  6. menguasai kurikulum PAUD.
  7. Menguasai asesmen perkembangan anak usia dini dan evaluasi program pembelajaran di lembaga PAUD.
  8. Menguasai konsep pengembangan profesionalisme
  9. Menguasai pengelolaan penyelenggaraan PAUD.
  10. Menguasai konsep dan prinsip berkomunikasi pada anak, orang tua dan rekan sejawat.

3. Aspek Keterampilan Umum

  1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terstruktur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik dibidang PAUD serta sesuai dengan standart kopetensi kerja bidang yang bersangkutan.
  2. Menunjukan kinerja sebagai pendidik PAUD yang mandiri, bermutu dan terukur.
  3. Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keilmuan PAUD berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau berpikir kritis.
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang PAUD berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaannya.
  8. Melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

4. Aspek Keterampilan Khusus

  1. Menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran melalui kegiatan bermain sesuai dengan perkembangan anak, pengetahuan dan teknologi yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa.
  2. Mengkonstruksi, memodifikasi, menganalisis, menciptakan secara terstruktur  media pembelajaran (APE) sesuai tahapan perkembangan anak usia dini.
  3. Mengeksplorasi dan mengekspresikan diri secara kreatif dan berimajinasi dengan gerakan, musik, drama, dan seni rupa.
  4. Mengimplementasikan kurikulum di lembaga PAUD.
  5. Menentukan berbagai alternatif pemecahan masalah AUD secara mandiri atau kelompok untuk pengambilan keputusan yang tepat.
  6. Merencanakan, melaksanakan, menganalisis dan melakukan inovasi pembelajaran pada bidang PAUD.
  7. Melakukan pengelolaan kelas dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.
  8. Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan melalui tindakan reflektif.
  9. Melakukan komunikasi yang efektif dengan anak, teman sejawat, orang tua, masyarakat, instansi terkait lainnya.
  10. Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

Prestasi Mahasiswa

Juara I lomba menari tingkat Kota Surakarta



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda