Anda pengunjung ke :
47657082
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S1

Nama Prodi :S1 Pendidikan Sejarah
Ketua Prodi: Drs.Herimanto,M.Pd,M.Si
Website : http://sejarah.fkip.uns.ac.id
Email : sejarah@fkip.uns.ac.id

Pengantar

    Program Studi s1 Pendidikan Sejarah adalah salah satu prodi di FKIP UNS yang memiliki nilai akreditasi A (SK Ban PT No. 174/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VIII/2013), yakni dengan skor 371.

    Sejalan dengan visi-misi dan capaian nilai akreditasi tersebut, Program Studi Pendidikan Sejarah berupaya mempersiapkan lulusannya menjadi tenaga pendidik dan peneliti pendidikan sejarah yang profesional. Selain itu, Program studi Pendidikan Sejarah juga membekali lulusannya kompetensi tambahan sebagai pemandu wisata sejarah. Pada akhir studinya, lulusan S1 Program Studi Pendidikan Sejarah berhak atas ijazah sarjana pendidikan Sejarah, dan berhak menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S. Pd).

Visi

Sebagai penghasil sarjana Pendidikan Sejarah professional yang bereputasi internasional berdasarkan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pembelajaran yang inovatif untuk menghasilkan sarjana pendidikan sejarah yang professional berdasarkan perkembangan mutakhir.
  2. Menyelenggarakan penelitian pendidikan kesejarahan beserta pengajarannya yang mampu menghasilkan berbagai kegiatan inovatif dalam bidang pendidikan.

       3.Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama dengan instansi mitra menuju   terwujudnya inovasi pembelajaran sejarah

Fasilitas

      Program Studi Pendidikan Sejarah dilengkapi dengan berbagai fasilitas perkuliahan yang cukup memadai, modern, dan berbasis ICT. Berbagai fasilitas itu antara lain; ruang kuliah yang representatif; perkuliahan dengan LCD Proyektor; free akses wifi; ruang laboratorium dan ruang baca yang menyediakan buku-buku sejarah, sosial, budaya serta metode penelitian lebih dari 1500 judul, serta ratusan skripsi mahasiswa; maket dan benda-benda sejarah maupun pra sejarah; dan perlengkapan audio visual untuk menyusun media pembelajaran sejarah

     Kegiatan akademik prodi juga ditunjang oleh UPT-UPT yang ada di lingkup universitas seperti UPT Pusat Pengembangan Bahasa, UPT Pusat Komputer, UPT Perpustaan Pusat, UPT Program Pengalaman Lapangan (PPL), serta laboratorium Micro Teaching yang digunakan untuk praktik mengajar kelas kecil mahasiswa.

Selain fasilitas untuk kegiatan akademik, Prodi Sejarah juga didukung oleh fasilitas kegiatan untuk aktualisasai mahasiswa seperti ruang HMP Ganesha (Himpunan Mahasiswa Prodi Sejarah), lapangan tenis dan sepakbola (bidang olahraga), Motivasi (penerbitan pers mahasiswa), Peron (bidang seni teater), SKI (bidang kerohanian), Badan Eksekutif Mahasiswa dan lain-lain

Profil Pengajar

     Program Studi Pendidikan Sejarah didukung oleh 14  orang dosen tetap. Dari ke-14 orang dosen itu, 7 orang.sudah bergelar doktor, dan 7 orang lainnya bergelar magister (1 orang di antaranya sedang studi S3).Jadi dosen sejarah sampai tahun 2017 yang bergelar doktor sudah mencapai 50%.

    Program Studi Pendidikan Sejarah senantiasa mendorong dosen-dosennya yang masih S2 untuk segera lanjut ke S3. Karena target program studi untuk tiga tahun ke depan adalah lebih dari 50% persen dosen-dosennya sudah bergelar doktor.

Prodi Sejarah mempunyai 3 orang Guru Besar,  Lektor kepala sebanyak 8 orang dosen. Sedangkan dosen yang memiliki jabatan Lektor sebanyak 2 orang dosen dan  1 orang dosen berstatus dosen tetap non PNS.

Prodi Sejarah juga didukung oleh Dosen dari luar Prodi Sejarah dan dosen-dosen tamu dari luar negeri seperti Peter Careey dari Trinity College, Oxford, Inggris, David Reeve dari New South Wales University, Australia dan Balraj Singh dari Punjabi University,India

Kerjasama

   Program Studi Pendidikan Sejarah menjalin kerjasama seluas-luasnya kepada mitra. Kerjasama dan kemitraan merupakan sarana untuk pengembangan program studi, antara lain menjalin kerjasama melalui penelitian dan pembelajaran, perbaikan kurikulum dan materi perkuliahan, latihan kepemimpinan mahasiswa, peningkatan kemampuan ilmiah mahasiswa dan dosen melalui penyelenggaraan seminar-seminar, pameran, dan bedah buku, pertukaran dosen-dosen prodi ke perguruan tinggi mitra, menjalin kerjasama tetap dengan para alumni, dan lain sebagainya.Berbagai kerjasama tersebut dilakukan melalui lembaga-lembaga seperti kerjasama dengan Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dalam rangka studi banding penyusunan borang sertifikasi internasional (AUN-QA), pertukaran dosen dengan Universitas Mitra seperti UNES dan UNESA, kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dalam rangka Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan MGMP Sejarah.

Selain itu untuk menunjang UNS menuju ke World Class University (WCU), maka Prodi Sejarah mengikuti program  internasionalisasi Prodi Sejarah,antara lain menyiapkan borang Sertifikasi  Internasional (AUN-QA) dan menjalin kerjasama internasional dengan berbagai universitas di luar negeri seperti Trinity College Oxford, Inggris, New South Wales University, Australia, Punjabi University, dan Azam Premji University Bengalore, India

Lapangan Kerja

    Lulusan Program Studi Pendidikan Sejarah memiliki kompetensi sebagai pendidik, peneliti dan penulis di bidang pendidikan sejarah, maka lulusan Program Studi Pendidikan Sejarah tidak hanya mampu menjadi guru sejarah yang profesional baik di tingkat SLTP dan SLTA, namun bisa juga bekerja di bidang lain seperti peneliti,penulis dan editor di lembaga penerbitan, pegawai museum, arsip, dan perpustakaan, maupun di sektor lainnya.

Alumni

   Sampai dengan sekarang Program Studi Pendidikan Sejarah telah meluluskan lebih dari 1000 lulusan. Para lulusan tersebut telah tersebar di berbagai pelosok daerah di Indonesia, bahkan ada yang terserap di luar negeri seperti sebagai guru di Sekolah International Indonesian School Riyadh  atau Sekolah Indonesia Riyadh (SIR). Mereka sebagian besar bekerja di lingkungan pendidikan, seperti menjadi guru dan dosen, kepala sekolah, pengawas sekolah, LPMP, menjadi penulis dan editor di lembaga penerbitan. Sedangkan sebagian lain bekerja di luar pendidikan seperti wartawan, lembaga legislatif (anggota DPRD), LSM, pegawai museum, arsip dan perpustakaan nasional, biro perjalanan, bahkan ada yang menjadi pengamat militer tingkat nasional dan bekerja di bidang perbankan

Kompetensi Lulusan

Lulusan S1 Program Studi Pendidikan Sejarah memiliki kompetensi pokok sebagai guru dan peneliti sejarah. Selain itu juga memiliki kompetensi tambahan sebagai pemandu wisata sejarah, konsultan pendidikan sejarah, editor dan penulis buku pendidikan sejarah, serta pengembang kurikulum pendidikan sejarah di sekolah.

Prestasi Mahasiswa

    Di bidang akademik capaian mahasiswa prodi Pendidikan Sejarah antara lain lolosnya sejumlah proposal PKM mahasiswa yang berhasil didanai oleh dikti. Sedangkan prestasi non akademik antara lain diperolehnya berbagai perhargaan di bidang olahraga maupun kesenian, seperti pemenang ke-3 lomba baca puisi tingkat Jawa Tengah, juara 1 dan 2 tingkat fakultas, juara 2 lomba peraturan baris-berbaris, juara lomba kemahiran berbahasa, serta juara 1 Taekwondo Kategori Under 46 Kg Putri Tingkat Universitas, dan lain-lain.



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda