Anda pengunjung ke :
47657091
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S1

Nama Prodi :S1 Pendidikan Ekonomi
Ketua Prodi: Drs. SUNARTO, M.M.
Website : http://ekonomi.fkip.
Email : ekonomi@fkip.uns.ac.id

Pengantar

Selamat Datang adik-adik Calon Mahasiswa UNS. Setelah Lulus SMA/SMK/MTs tentunya anda akan meneruskan studinya ke Perguruan Tinggi. Akan tetapi, hati-hatilah dalam menentukan pilihan Perguruan Tinggi yang akan dituju sebagai tempat belajar. Pilihlan Perguruan Tinggi yang bereputasi dengan Program Studi yang Prospektif artinya Program Studi yang menjanjikan lulusannya di masa depan. Program Studi Pendidikan Ekonomi adalah salah satu Program Studi yang memenuhi persyaratan tersebut di atas. Untuk itu, marilah bergabung dengan Program Studi Pendidikan Ekonomi untuk mewujudkan impian anda. Jika anda memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi sebagai tempat belajar tentu akan merasa puas dan bangga karena diajar oleh para Guru Besar dan Doktor yang berkualitas serta mendapatkan pelayan prima dalam proses pembelajaran. Selain itu, Prodi Pendidikan Ekonomi merupakan salah satu Program Studi terakreditasi A oleh BAN-PT 3 kali berturut-turut dan sudah tersertifkasi ISO 9001:2008. Prestasi lain yang dicapai adalah merupakan satu-satunya Program Studi penyelenggara PPG-SM3T yang meluluskan 100% Mahasiswa tanpa ujian ulang pada tahun 2016. Untuk mengenal lebih jauh eksistensi Prodi Pendidikan Ekonomi dapat diikuti informasi selanjutnya. Akhirnya selamat bergabung dan terimakasih atas perhatiannya.

 

CATATAN:

  1. Untuk mata kuliah yang ditampilkan pada semester I-IV menggunakan Kurikulum 2015 berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia)
  2. Untuk mata kuliah yang ditampilkan pada semester V-VIII menggunakan Kurikulum 2011 berbasis KBK

Visi

Menjadi program studi penghasil pendidik ekonomi yang cerdas menuju reputasi internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pembelajaran, dan bimbingan secara efektif untuk menghasilkan lulusan di  bidang pendidikan ekonomi yang cerdas, berdaya saing tinggi, mandiri, dan berkepribadian.
  2. Menyelenggarakanpenelitian yang menghasilkan temuan baru dalam bidang pendidikan  dan pembelajaran ekonomi.
  3.  Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ekonomi dan  pendidikan ekonomi yang  berorientasi pada peningkatan  mutu pendidikan dan pembelajaran ekonomi.

 

Fasilitas

Fasilitas yang dimiliki oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi adalah:

  1. 4 Ruang Kelas, masing-masing kelas dapat menampung 50 mahasiswa
  2. Ruang Dosen yang memadai
  3. Laboratorium Pembelajaran Pendidikan Ekonomi
  4. Laboratorium Produktif (Mini Market Tania)
  5. Ruang Ujian Skripsi
  6. Ruang Sidang
  7. Ruang Micro Teaching

Profil Pengajar

Jumlah dosen 19 orang, 17 dosen PNS dan 2 Dosen Tetap Non PNS  (100% berijazah minimal S2).  Secara rinci sebagai berikut : Guru besar/profesor 3 Orang, S3/Doktor : 6 Orang, Telah tersertifikasi memiliki kualifikasi mengajar 19 orang, dengan rasio dosen:mahasiswa 1:16.

Kerjasama

Kerjasama yang dilakukan o;eh Program Studi Pendidikan Ekonomi adalah:

  1. SMA/SMK se Solo Raya dalam kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan
  2. SMK se Solo Raya dalam menunjang Prakerin di Laboratorium Produktif (Mini Market TANIA)
  3. PErusahaan Ritel dalam menunjang Magang DU/DI

Lapangan Kerja

Lapangan pekerjaan Lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi adalah:

  1. Pendidik/Guru disemua jenjang Pendidikan
  2. Tentor atau Instruktur bimbingan belajar ekonomi
  3. Wirausaha (Edupreneur)
  4. Perbankan

Alumni

Dari hasil studi pelacakan lulusan yang telah dilakukan Program Studi Pendidikan Ekonomi dari 108 Alumni, didapatkan bahwa:

  1. 84% Lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi bekerja sebagai Pendidik/Guru
  2. 16% Lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi bekerja sebagai Non Pendidik/Guru (Wirausaha, Perbankan)

Kompetensi Lulusan

Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS menyelenggarakan pendidikan akademik untuk jenjang sarjana (S-1). Dengan mengacu deskripsi kualifikasi sumberdaya manusia (SDM) dalam Perpres No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Permendikbud No. 49 tahun 2014 tentang SN-DIKTI, maka kualifikasi lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS untuk capaian pembelajarannya sesuai dengan kemampuan kerja pada level enam. Deskripsi generik level enam tersebut diturunkan dan diadopsi menjadi kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Kompetensi utama lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS dijabarkan secara terperinci sebagai berikut:

 

A. SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

 

B. KETRAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; 
  7. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

C. KETRAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik ekonomi dan keilmuan ekonomi serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS;
  2. Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran ekonomi secara inovatif;
  3. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan ekonomi serta mempublikasikan hasilnya;
  4. Mampu menerapkan konsep dan prinsip manajerial yang didukung oleh soft competence dalam bidang pendidik;
  5. Mampu merintis, mengelola  dan mengembangkan usaha jasa di bidang pendidikan ekonomi

 

D. PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep pedagogik ekonomi untuk melaksanakan pembelajaran ekonomi;
  2. Menguasai konsep teoritis ekonomi yang mendukung pembelajaran ekonomi;
  3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pengelolaan, dan evaluasi pembelajaran ekonomi;
  4. Menguasai metodologi penelitian untuk melaksanakan penelitian di bidang pendidikan ekonomi;
  5. Mampu menganalisis fenomena perilaku ekonomi berdasarkan data yang diperoleh secara langsung dan tidak langsung;
  6. Menguasai konsep dan prinsip manajerial (leadership)

 

Prestasi Mahasiswa

Berikut adalah data antara lain prestasi mahasiswa Prodi. P. Ekonomi yang terupdate terakhir :

  1. Esti Nur Wakhidah, dkk (Pendidikan Ekonomi 2010)    ; Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Dikti Nasional.
  2. Yudik Eko Purnomo, dkk (Pendidikan Ekonomi 2009) PKM Dikti Nasional
  3. Rahmawati, dkk (Pendidikan Ekonomi 2011) PKM Dikti Nasional
  4. Rahmawati, dkk (Pendidikan Ekonomi 2011) Juara II Debat Nasional
  5. Rifda Nabila, dkk (Pendidikan Ekonomi 2010) PKM Dikti Nasional
  6. Sendhy Kurniawan Jodhy, dkk (Pendidikan Ekonomi 2012) PKM Dikti Nasional
  7. Agata Martha Wardani (Pendidikan Ekonomi 2014) Juara IV Internationaler Chorwettbewerb Spittal an der Drau in Austria 2015 kategori Folksong
  8. Agata Martha Wardani (Pendidikan Ekonomi 2014) Juara VI Internationaler Chorwettbewerb Spittal an der Drau in Austria 2015 kategori Classic
  9. Wahyu Nugraha (Pendidikan Ekonomi 2013) Juara II SDGNCF
  10. Laelatu, Wesi (Pendidikan Ekonomi 2015) Juara I Debat Nasional Universitas Siliwangi Tasikmalaya
  11. Virginia (Pendidikan Ekonomi 2014) Juara III Nasional Taekwondo

 



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda