Anda pengunjung ke :
47657090
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S1

Nama Prodi :S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Ketua Prodi: Dr. HERY SAWIJI, M.Pd.
Website : http://adp.fkip.uns.ac.id/
Email : pap@fkip.uns.ac.id

Pengantar

Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran merupakan Program Studi yang berada dibawah naungan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (PAP FKIP UNS) yang menghasilkan :

  1. Lulusan yang mempunyai kompetensi tinggi di bidang administrasi perkantoran yang siap menjadi tenaga pendidik yang profesional;
  2. Lulusan studi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran diproyeksikan mampu melaksanakan kegiatan Perkantoran secara Profesional.
  3. Penelitian dan pengembangan ilmu PAP yang berguna bagi masyarakat
  4. Lulusan studi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran diproyeksikan mempunyai kompetensi kepribadian dan social, sehingga dapat menjadi modal dasar dalam melakukan usaha Enterpreneur  karena  sudah  dibekali  Life skill yang memadah.

Semua lulusan Prodi PAP diharapkan mampu mengimplementasikan dalam ilmu bidang Administrasi Perkantoran baik pada dunia pendidikan maupun non pendidikan dengan berbasis teknologi informasi agar dapat bersaing secara nasional maupun internasional. Diharapkan juga lulusan Prodi PAP mampu mengaplikasikan ilmu dibidang Administrasi Perkantoran dengan baik dalam pembelajaran sehingga mempunyai daya saing tinggi di dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja secara umum.

Ketetatan persaingan untuk masuk ke Prodi PAP selama 5 tahun terakhir: tahun 2011/2012     (1:4); tahun 2012/2013 (1:4); tahun 2013/2014 (1:3); tahun 2014/2015 (1:3); dan tahun 2015/2016 (1:3). Berdasarkan data tersebut terlihat ketetatan persaingan masuk dan peminat  di rpodi PAP

Selama lima tahun teakhir (2011-2016) Prodi PAP meluluskan 235 orang, dengan IPK: tahun 2011/2012: 3,11 ; tahun 2012/2013: 3,24 ; tahun 2013/2014: 3.31 , tahun 2014/2015: 3.27 ;  dan tahun 2015/2016: 3.30. Selanjutnya rata-rata lama mahasiswa menyelesaikan studi tahun 2011/2012: 4 tahun 3 bulan 2012/2013: 4 tahun 5 bulan 2013/2014: 4 tahun 6 bulan 2014/2015: 4 tahun 10 bulan, dan tahun 2015/2016: 4 tahun 7 bulan. Masa studi banyak dipengaruhi oleh masa penyelesaian Tugas Akhir (TA),

Visi

“Menjadi pusat pengembangan bidang keguruan dan ilmu PAP bereputasi internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional”

Misi

Sesuai dengan visi yang telah disebutkan di atas, maka yang menjadi misi dari program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) adalah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan secara efektif berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini dalam bidang PAP.

  2. Melaksanakan penelitian untuk menghasilkan temuan yang mendukung pelaksanaan pendidikan agar mampu menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang PAP.

  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang PAP yang bermanfaat bagi masyarakat.

Fasilitas

Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS memiliki beragam fasilitas yang digunakan sebagai sarana penunjang perkuliahan, antara lain : 

  1. Ruang Perkuliahan Ber-AC serta dilengkapi perlatan penunjang pembelajaran seperti whiteboard dan proyektor LCD

  2. Laboratorium Mini Office

  3. Laboratorium Teknologi Perkantoran

  4. Laboratorium Keyboarding

  5. Laboratorium Komputer

Profil Pengajar

Kerjasama

Program studi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran telah bekerjasama dengan Jurusan/ Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran se-Indonesia dalam pengembangan keilmuan Administrasi Perkantoran, dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta, seperti Direktorat PK-LK Kemdikbud, Balitbangdikbud, Ditjen Dikti Kemenristek, Dinas Pendidikan Propinsi dan Kabupaten/Kota. Dalam rangka pengembangan dan pendampingan, ditandatangani kerjasama dengan SMK Negeri maupun Swasta, Perusahan, Instansi penyelenggara pendidikan Di Propinsi Jawa Tengah, Instansi luar negeri seperti Universitas Teknologi Mara (UiTM) Selangor Malaysia; Universiti Kebangsaan Malaysia; National Dong Hwa University Hualien, Taiwan; The Australian Council For Educational Research Ltd, Murdoch University, Australia; Curtin University, Australia; Punjabi University Patiala, India; Thepsatri Rajabhat University, Lop Buri, Thailand; The University Of The Philippines Los Banos. Kerjasama juga dilakukan dengan Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI) Pusat, ASPAPI Jawa Tengah.

Lapangan Kerja

Lapangan pekerjaan bagi lulusan Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS diantaranya :

  • Instansi Pemerintahan
  • Lembaga Pendidikan
  • Perusahan Negara / Swasta
  • Wirausahawan

Alumni

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI PAP

(PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN)

KUALIFIKASI LULUSAN

Kualifikasi kompetensi lulusan yang diharapkan adalah :

  1. Program studi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran dipersiapkan untuk menghasilkan tenaga guru / instruktur yang mempunyai kompetensi paedagogis di bidang Pendidikan Administrasi Perkantoran bagi lembaga kependidikan SMK kelompok bisnis dan manajemen, SMA dan SMP.
  2. Lulusan studi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran diproyeksikan mampu melaksanakan kegiatan Perkantoran secara Profesional.
  3. Lulusan studi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran diproyeksikan mempunyai kompetensi kepribadian dan social, sehingga dapat menjadi modal dasar dalam melakukan usaha Enterpreneur  karena  sudah  dibekali  Life skill yang memadahi.

MANFAAT PROGRAM STUDI

Bagi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial:

  1. Memotivasi kinerja sumberdaya dosen dibidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  2. Lebih mengoptimalkan pendayagunaan sarana, prasarana dan sumberdaya manusia yang dimiliki Jurusan PIPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
  3. Meningkatkan konsistensi dan komitmen lembaga pada pengembangan dunia pendidikan.

Bagi Masyarakat:

  1. Sebagai lembaga rujukan di bidang Pendidikan Administrasi Perkantoran yang mampu menghasilkan tenaga professional dan berkualitas.
  2. Pensuplai tenaga guru / instruktur yang professional dibidang keahlian Administrasi Perkantoran bagi sekolah / lembaga pendidikan.
  3. Pensuplai tenaga kerja yang handal di bidang keahlian Administrasi Perkantoran di lembaga pemerintah dan swasta / bisnis.

PROSPEK PEKERJAAN

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP Universitas Sebelas Maret diharapkan memiliki kualifikasi kompetensi dibidang Administrasi Perkantoran dan wirausaha bagi lembaga pendidikan, pemerintahdan swasta / bisnis.

Bidang keahlian Umum mahasiswa dibekali dengan dasar kemampuan teoritis dan praktis yang nantinya akan mendukung kemampuan sebagai tenaga guru / instruktur dan tenaga Administrasi Perkantoran. Sedangkan dibidang keahlian khusus mahasiswa dibekali dengan keterampilan praktis yang mengarah kepada penguasaan keahlian profesi Administrasi Perkantoran. Hal ini ditunjukkan dengan perbandingan mata kuliah praktek dibidang perkantoran lebih besar dari pada mata kuliah yang bersifat teoritis.

Prospek pekerjaan lulusan Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran ada di dunia pendidikan dan non pendidikan. Di dunia pendidikan khususnya di propinsi Jawa Tengah ada sejumlah 4.530 SMP / MTs, 1.386 SMA / MA, dan 951 SMK. Sedangkan dalam bidang non pendidikan yaitu, di Surakarta ( khususnya ) sebagai kota pendidikan dan budaya, memiliki lokasi yang relativ dekat dengan Jogjakarta sebadai kota pendidikan dan Semarang sebagai kota dagang dan industri di Jawa Tengah, Mempunyai potensi unggul dalam bidang pendidikan dan profesi Administrasi / wirausaha.

ANALISIS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DIPERGURUAN TINGGI LAIN DIKOTA SURAKARTA

Berdasarkan data dari Dikti dapat diketahui bahwa jumlah Perguruan Tinggi di Jawa Tengah yang mengelola Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran selain Universitas Sebelas Maret Surakarta adalah Universitas Negeri Semarang dan Universitas Satyawacana Salatiga. Struktur kurikulum yang relatif sama, yaitu menekankan pada pemberian bekal kemempuan dibidang Administrasi Perkantoran.

Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS diarahkan pada “ Penciptaan tenaga akademik dalam bidang keguruan sebagai tenaga pengajar di Sekolah Menengah, selain itu ada kemungkinan / menjadi tenaga dibidang pemasaran / kewirausahaan yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan bisnis dan industri “, yang selama ini masih belum mendapat perhatian secara khusus oleh Perguruan Tinggi lain. Disisi lain kebutuhan akan tenaga pendidik di SMK untuk bidang kewirausahaan perlu mendapat penanganan yang serius, mengingat bahwa pada saat ini tenaga pendidik dibidang kewirausahaan di SMK masih sangat dibutuhkan.

Kompetensi Lulusan

Alumni Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP Universitas Sebelas Maret diharapkan memiliki kualifikasi kompetensi dibidang Administrasi Perkantoran dan wirausaha bagi lembaga pendidikan, pemerintahdan swasta / bisnis.

Bidang keahlian Umum mahasiswa dibekali dengan dasar kemampuan teoritis dan praktis yang nantinya akan mendukung kemampuan sebagai tenaga guru / instruktur dan tenaga Administrasi Perkantoran. Sedangkan dibidang keahlian khusus mahasiswa dibekali dengan keterampilan praktis yang mengarah kepada penguasaan keahlian profesi Administrasi Perkantoran. Hal ini ditunjukkan dengan perbandingan mata kuliah praktek dibidang perkantoran lebih besar dari pada mata kuliah yang bersifat teoritis.

Kurikulum Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran juga dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Kompetensi utama lulusan Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS adalah:

No.

Profil Lulusan

Kompetensi Utama

1.

Guru Administrasi/ Manajemen Perkantoran

Mampu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, dan mengevaluasi peserta didik pada Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Administrasi/Manajemen Perkantoran.

2.

Praktisi Administrasi/ Manajemen Perkantoran

Mampu merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengawasi pekerjaan bidang administrasi/manajemen perkantoran.

Kompetensi Lainnya/Pilihan Lulusan

  1. Mampu mengembangkan ide-ide kreatif di bidang administrasi perkantoran.
  2. Mampu mengambil peluang usaha di bidang administrasi perkantoran
  3. Mampu mengelola usaha di bidang administrasi perkantoran

 

Prestasi Mahasiswa

No.

Nama Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan

Tingkat (Lokal, Regional, Nasional, atau Internasional)

Prestasi yang Dicapai

(1)

(2)

(3)

(4)

1

Lomba Futsal Universitas

Mahasiswa: Arwan Gunawan NIM. K7410005

Lokal

Juara II

2

PKM-K : Vegelate (Vegetable Chocolate) sebagai Kreasi Produk Cemilan yang Sehat & Berserat

Mahasiswa: Siti Fatimah NIM. K7514056

Lokal

Lolos Program Kreatifitas Mahasiswa

Bidang Kewirausahaan

3

Lomba Menulis Cerpen

Mahasiswa: Siti Fatimah

Lokal

Juara II

4

Program Kreatifitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa : Arwan Gunawan

Lokal

Lolos Program Mahasiswa Wirausaha

5

Program Kreatifitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat

Revitalisasi Permainan Tradisional

Mahasiswa : Dilla Octavianingrum, Bety Liana Sari, Dyah Budi Lestari

Lokal

Lolos Program Kreatifitas Mahasiswa

Bidang Pengabdian Masyarakat

6

Siti Fatimah

Nasional

Lolos PKM-K sampai Tingkat Nasional

7

Singgih Rakasiswa

Lokal

Lolos DIPA UNS (PKM-M)

8

Yonangga

Lokal

Lolos PMW

9

Ratri

Lokal

Lolos PMW

10

Rahajeng

Lokal

Lolos PMW

11

Aris Susanto

Lokal

Juara 1 lomba vocal dangdut Universitas

12

Aris Susanto

Lokal

Juara 3 lomba vocal pop Universitas

13

Aris Susanto

Regional

Juara harapan 1 pop singer kabupaten Klaten

14

Aris Susanto

Regional

Juara 1 lomba tembang kenangan kabupaten Klaten

15

Aris Susanto

Regional

Juara 2 Mas Klaten

16

Tri Wahyuni

Regional

Peserta Innovation Contest (ICON) UNY

17

Tri Wahyuni

Regional

Peserta LKTI FICTION BEM UNP

18

Tri Wahyuni

Lokal

LKTI LSP UNS



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda