Anda pengunjung ke :
47657135
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S1

Nama Prodi :S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Ketua Prodi: Dr. Budhi Setiawan,M.Pd.
Website : www.bastind.fkip.uns.ac.id
Email : buset.74@gmail.com

Pengantar

Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta merupakan program studi yang bertujuan menghasilkan lulusan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang unggul serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut, Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta didukung oleh tenaga pengajar yang profesional di bidangnya, terdiri atas empat Guru Besar, lima Doktor, dan delapan Magister (dua di antaranya sedang menempuh pendidikan S3). Selain tenaga pengajar yang profesional, proses pembelajaran didukung pula dengan fasilitas yang lengkap dan memadai.

 Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta telah menghasilkan banyak lulusan yang diserap ke berbagai instansi, baik negeri maupun swasta, baik pendidikan maupun nonpendidikan yang relevan dengan bidang studinya. Lulusan program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta terbukti mampu menunjukkan kinerja terbaiknya di instansi yang ditempatinya.

Visi

Menjadi pusat pengembangan ilmu, teknologi, dan seni di bidang bahasa, sastra Indonesia, dan pengajarannya yang bereputasi internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang inovatif berdasarkan perkembangan ilmu mutakhir di bidang bahasa, sastra Indonesia, dan pengajarannya.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan temuan baru di bidang bahasa, sastra Indonesia, dan pengajarannya.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang bahasa, sastra Indonesia, dan pengajarannya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

Fasilitas

Fasilitas yang dimiliki Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta sebagai penunjang proses pembelajaran meliputi ruang dosen, ruang kuliah, ruang perpustakaan, ruang pengelola program studi, ruang microteaching, dan sanggar dan laboratorium bahasa. Semua ruang sudah dilengkapi dengan fasilitas pendingin ruang (AC). Di setiap ruang kuliah dan ruang microteaching sudah terpasang LCD, speaker aktif, whiteboard, dan meja kursi yang memadai. Perpustakaan program studi menyediakan berbagai macam koleksi buku bahasa, sastra, dan pengajarannya, jurnal ilmiah penelitian, serta kumpulan skripsi mahasiswa yang dapat dimanfaatkan sebagai referensi dalam proses perkuliahan. Ada pula lab bahasa yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan praktik perkuliahan jurnalistik, penyuntingan, dan kepenyiaran. Di dalam lab bahasa terdapat sejumlah komputer yang terhubung dengan jaringan internet, dilengkapi dengan fasilitas headset yang dapat digunakan untuk menunjang perkuliahan menyimak. Seluruh ruang sudah dilengkapi dengan fasilitas hotspot area.

Selain fasilitas yang dimiliki Prodi PBI, fasilitas pembelajaran pada tingkat Fakultas dan Universitas dapat pula dimanfaatkan untuk menunjang proses pembelajaran, antara lain:

  1. Perpustakaan Pusat UNS
  2. Perpustakaan FKIP UNS
  3. Perpustakaan UPT P2B UNS
  4. Lab. Komputer Pusat UNS
  5. Lab. Bahasa UPT P2B
  6. Panggung Pertunjukan Arga Budaya
  7. Student Centre
  8. dan sebagainya.

Profil Pengajar

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta didukung oleh tenaga pengajar yang profesional di bidangnya, terdiri atas empat Guru Besar, lima  Doktor, dan delapan Magister (dua di antaranya sedang menempuh pendidikan S3). Berikut ini daftar tenaga pengajar Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Sebelas Maret.

 

 

Kerjasama

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga pemerintah dan nonpemerintah di berbagai bidang pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan softskill bagi mahasiswa. Lembaga-lembaga tersebut antara lain: (1) Badan Bahasa; (2) Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah; (3) Perpustakaan Nasional; (4) Penerbit Putra Nugraha; (5) Solopos; (6) Suara Merdeka; (7) Joglosemar; (8) TATV; (9) RRI Surakarta; (10) MGMP Bahasa Indonesia se-Solo Raya; dan sebagainya.

Lapangan Kerja

 

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta membekali lulusannya dengan kompetensi utama sebagai tenaga pendidik bidang bahasa dan sastra Indonesia yang profesional. Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta siap diterima di berbagai instansi pendidikan, baik tingkat menengah maupun tinggi, baik swasta maupun negeri. Selain kompetensi utama, ada pula kompetensi pendukung lainnya yang diperoleh mahasiswa melalui mata kuliah pilihan, seperti jurnalistik, penyuntingan, dan kepenyiaran. Dengan demikian, lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta memiliki kesempatan pula untuk bekerja sebagai jurnalis, editor, atau penyiar.

Alumni

Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta telah diserap di berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta, dan menunjukkan kinerja yang membanggakan di tempat kerjanya. Instansi yang telah merasakan buah pendidikan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta antara lain:

1.      UNS, UPI, UIN Yogyakarta, Unnes, UMS, dan beberapa perguruan tinggi lainnya

2.      SMAN 7 Bekasi, SMAN 2 Sukoharjo, SMKN 1 Tanjungsari Gunungkidul, SMPN 1 Brebes, SMPN Satu Atap 3 Sambirejo, dan beberapa sekolah lainnya

3.      PT Intan Pariwara, Harian Joglosemar, dan sebagainya.

Kompetensi Lulusan

CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI SARJANA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA

SIKAP DAN TATA NILAI

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. Memahami konsep, teori bahasa, sastra Indonesia dan penggunaannya secara baik sesuai dengan konteks dan tujuan.
  2. Memahami konsep, teori apresiasi, ekspresi, dan kreasi dalam bersastra, baik lisan maupun tulis.
  3. Memahami konsep, teori pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  4. Memahami konsep, teori tentang desain pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  5. Memahami karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran.
  6. Memahami bagaimana memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya.
  7. Memahami/mengenal bagaimana mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  8. Memahami konsep, teori tentang pembelajaran yang mendidik, dengan cara: (a) memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan; (b) memahami konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan; (c) menguasai teori belajar dan pembelajaran bahasa Indonesia; (d) memilih pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran bahasa Indonesia.
  9. Memahami dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk kepentingan perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran.
  10. Memahami konsep, teori tentang kualitas pembelajaran yang baik berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar.
  11. Memahami konsep lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan menantang peserta didik untuk berkreasi.
  12. Memahami/menguasai kurikulum dan bidang kajian dengan cara: (a) menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan; (b) menguasai konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian; (c) melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkugan dan perkembangan jaman; (d) mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas; dan
  13. Memahami konsep, teori pengelolaan kurikulum tingkat satuan pendidikan.

 

KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Berbahasa dan bersastra Indonesia, secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan; serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah.
  2. Mengapresiasi, mengekspresi, mengkreasi karya sastra Indo-nesia secara lisan dan tulis.
  3. Menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  4. Menghasilkan desain pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  5. Melakukan identifikasi terhadap karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
  6. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya.
  7. Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  8. Memraktikkan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang mendidik sesuai dengan: (a) landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan; (b) konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan; (c) teori belajar dan pembelajaran bahasa Indonesia; (d) pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian yang dikembangkan;
  9. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pem-belajaran dan pengelolaan pembelajaran.

10. Memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar.

11. Mengembangkan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan menantang peserta didik untuk berkreasi.

12. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas.

13. Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan

 

KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

Prestasi Mahasiswa

Prestasi Akademik yang pernah diperoleh mahasiswa di antaranya:

  1. Lolos seleksi PKM DIPA  2011
  2. Lolos seleksi PKM DIKTI 2011
  3. Lolos seleksi PKM DIKTI 2013

Prestasi mahasiswa dalam bidang minat dan bakat antara lain:

  1. Finalis Blogfest Asia (Festival Blog) di Penang, Malaysia 2010
  2. Grand chmapion kategori mixed chamber pada kompetisi paduan suara \\\\\\\"6th world choir games\\\\\\\"  di Shaoxing China
  3. Juara I Pencak Silat UMS Cup
  4. Juara III lomba menulis puisi sayembara UNS
  5. Juara III kreativitas mahasiswa FKIP dalam bidang seni musik


Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda