Anda pengunjung ke :
47657104
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S1

Nama Prodi :S1 Pendidikan Bahasa jawa
Ketua Prodi: Budi Waluyo, S.S. M.Pd.
Website : jawa.fkip.uns.ac.id
Email : budiwaluyo@staff.uns.ac.id

Pengantar

Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa merupakan satu dari program studi di lingkungan Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP UNS. Sebagai program studi baru Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa telah memiliki banyak prestasi antara lain beberapa proposal mahasiswa berhasil lolos seleksi dan didanai oleh DIKTI, beberapa mahasiswa berhasil menjuarai beberapa perlombaan, dan mengisi berbagai pentas seni tradisional bekerjasama dengan sanggar seni yang ada di Surakarta. Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa memiliki kurikulum yang memenuhi kebutuhan dunia kerja dengan hadirnya mata kuliah pilihan, program magang, dan praktik pentas. Sebagai wadah kreativitas mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa memiliki wadah UPKD (Unit Pengembang Kesenian Daerah) di bawah bimbingan PD 3, dosen, dan praktisi yang handal.

Visi

Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa adalah menyiapkan guru dan tenaga profesional yang berkarakter kuat dan cerdas dalam bidang bahasa dan sastra Jawa yang mampu bersaing baik di tingkat regional maupun nasional serta mampu mengantisipasi perkembangan tuntutan masyarakat dalam era globalisasi dengan tetap berpijak pada nilai-nilai luhur budaya Jawa.

Misi

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa adalah menghasilkan tenaga guru dan tenaga ahli dalam bidang bahasa dan sastra Jawa yang profesional yang mampu melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Fasilitas

 

  1. Ruang Kuliah
  2. Lab bahasa
  3. Lab mikroteaching
  4. Perpustakaan
  5. Sanggar Seni

 

Profil Pengajar

Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa memiliki dosen tetap maupun DLB sejumlah 34 Dosen, yang terdiri dari:

10 Lulusan S3

21 Lulusan S2

3 Profesor

Kerjasama

1. SMP/MTs, SMA/MA, SMK baik negeri maupun swasta

2. Radio

3. Penerbit

4. Sanggar Seni (Ngampung, Kemasan, Kentroeng Rock and Roll)

5. MGMP

6. TBJT

7. Media Massa Cetak

Lapangan Kerja

 

  • Guru Bahasa Jawa SMP/MTS,SMA/MA,SMK
  • Penyiar Program Bahasa Jawa radio/TV
  • Wartawan media cetak berbahasa Jawa
  • Penyunting buku berbahasa Jawa
  • Peneliti
  • Pekerja seni tradisional dan moderen 
  • Tutor Bahasa Jawa
  • Penulis

Bisa dilihat pada bagan ber

No

Profil Lulusan

Deskripsi Profil

1.

Pendidik pemula bahasa Jawa

Pendidik/guru pemula bahasa jenjang pendidikan dasar dan menengah (SMA/MA/SMK, SMP/MTs, SD/MI) dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

2.

Asisten peneliti bidang pendidikan bahasa, sastra, dan budaya Jawa.

Asisten peneliti yang mengkaji permasalahan bidang pendidikan bahasa, sastra, dan budaya Jawa .

3.

Praktisi bidang bahasa

Praktii bidang bahasa (pewara, penyunting, penyuluh, jurnalis, dll.)

 

Alumni

Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa sampai pada tahun 2017 ini sudah meluluskan dua angkatan, yaitu angkatan 2011 dan 2012. Dari berbagai alumni ini sekitar 70% sudah menjadi guru (pengajar) di berbagai sekolah yang tersebar di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DIY. Kemudian sekitar 20% melanjutkan studi S2 yang tersebar di berbagai perguruan tinggi di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DIY. Sementara itu, sekitar 10% alumni bekerja di bidang lain seperti editor, konsultan pendidikan, penulis, profesi kesenian, dan sebagainya.

Kompetensi Lulusan

-Mahasiswa dinyatakan lulus dan menjadi sarjana Pendidikan Bahasa Jawa apabila telah menyelesaikan SKS yang ditentukan. Mahasiswa harus lulus mata kuliah yang dibedakan atas keahlian utama, keahlian pendukung, dan keahlian tambahan. Keahlian utama meliputi mata kuliah kebahasaan dan kesasteraan Jawa, keahlian pendukung meliputi mata kuliah pendidikan dan keahlian tambahan adalah matakuliah pilihan yang membekali mahasiswa keterampilan di luar pendidikan meliputi kepenyiaran,kejurnalistikan, dan kepenyuntingan. Selain matakuliah tersebut mahasiswa juga harus lulus matakuliah pembentuk kepribadian.

Secara lebih detail kompetensi lulusan yang harus dimiliki oleh setiap alumni Prodi Pendidikan Bahasa Jawa adalah sebagai berikut:

SETIAP LULUSAN

PROGRAM SARJANA PENDIDIKAN BAHASA JAWA

MEMILIKI CAPAIAN PEMBELAJARAN SEBAGAI BERIKUT:

 

PROFIL LULUSAN

No

Profil Lulusan

Deskripsi Profil

1.

Pendidik pemula bahasa Jawa

Pendidik/guru pemula bahasa jenjang pendidikan dasar dan menengah (SMA/MA/SMK, SMP/MTs, SD/MI) dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

2.

Asisten peneliti bidang pendidikan bahasa, sastra, dan budaya Jawa.

Asisten peneliti yang mengkaji permasalahan bidang pendidikan bahasa, sastra, dan budaya Jawa .

3.

Praktisi bidang bahasa

Praktii bidang bahasa (pewara, penyunting, penyuluh, jurnalis, dll.)

 

1. SIKAP:

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
  11. mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya

2. PENGUASAAN PENGETAHUAN:

  1. Menguasai konsep teoretis bahasa, sastra, dan budaya Jawa;
  2. menguasai konsep teoretis pendidikan (paedagogi);
  3. menguasai konsep teoretis karakteristik perkembangan peserta didik;
  4. menguasai konsep teoretis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media, dan sumber belajar untuk pendidikan bahasa Jawa;
  5. menguasai pengetahuan tentang fungsi dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa, sastra, dan budaya Jawa;

3. KETERAMPILAN KHUSUS:

  1. Terampil berbahasa Jawa secara lisan (menyimak dan berbicara) dan tulis (membaca dan menulis) dalam konteks formal dan nonformal dengan menggunakan kaidah bahasa dan unggah-ungguh bahasa Jawa yang tepat;
  2. terampil membaca dan menulis menggunakan aksara Jawa sesuai dengan kaidah penulisan aksara Jawa;
  3. mampu mengapresiasi (menikmati, memahami, menginterpretasi, menilai, mengkreasi) dan mencipta karya sastra (puisi, prosa, dan drama) Jawa sesuai dengan struktur dan kaidah genre sastra;
  4. mampu melagukan atau mengekspresikan puisi tradisional (tembang macapat) dan modern (geguritan) sesuai dengan konvensinya masing-masing;
  5. mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran bahasa Jawa dengan pendekatan yang relevan untuk membangun kemampuan berkomunikasi sesuai tujuan kurikulum;
  6. mampu merancang, memilih aktivitas, strategi, dan sumberdaya pembelajaran yang mempertimbangkan keberagaman profil belajar, kearifan lokal, aspek sosio kultural, emosional, intelektual, fisik peserta didik serta menumbuhkan motivasi belajar peserta didik menggunakan laboratorium bahasa dan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) yang relevan;
  7. mampu mengevaluasi kinerja dan kemajuan belajar peserta didik secara kontinu dan efektif melalui perancangan dan penggunaan teknik, alat, dan strategi evaluasi pembelajaran yang relevan baik formal maupun informal (pengamatan, portofolio pekerjaan peserta didik, kinerja dalam tugas, proyek, penilaian diri (self assesment), penilaian kelompok) yang valid dan reliabel;
  8. mampu meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Jawa secara berkelanjutan dengan memanfaatkan hasil evaluasi hasil belajar dan proses pembelajaran;
  9. mampu membangun budaya literasi melalui pelaksanaan pembelajaran integratif;
  10. memiliki wawasan metodologi penelitian yang berpotensi mampu melakukan penelitian;
  11. mampu menganalisis berbagai solusi alternatif yang ada berdasarkan kaidah dan prinsip pembelajaran terhadap permasalahan pembelajaran bahasa Jawa dan menyimpulkannya untuk pengambilan keputusan yang tepat;  

 

4. KETERAMPILAN UMUM:

  1. mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

Prestasi Mahasiswa

No. Nama Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan Tingkat (Lokal, Nasional, atau Internasional) Prestasi yang Dicapai
1 Lomba Geguritan Tingkat Mahasiswa, Pada Tanggal 17 November 2011 Lokal Juara I
2 World Dance Day 2012 Solo 24 Jam Menari, Pada Tanggal 29 April 2012 Nasional Peserta
3 Lomba Paduan Suara Mahasiswa Sapta Gita Universitas Semarang, Pada Tanggal 26-27 Mei 2012 . .


Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda