Anda pengunjung ke :
47657138
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi S1

Nama Prodi :S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Ketua Prodi: Teguh Sarosa, S.S., M.Hum.
Website : english.fkip.uns.ac.id
Email : hasan@fkip.uns.ac.id

Pengantar

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris menyiapkan calon tenaga guru yang profesional, cerdas, berkarakter kuat dan cerdas melalui penyajian mata kuliah yang disusun dengan kurikulum yang selalu up to date dan didukung dengan sumber daya manusia (SDM) dosen yang handal, serta sarana prasarana pendukung yang memadai.

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris berasal dari berbagai latar belakang budaya, sosial, dan ekonomi. Mahasiswa dijaring melalui tes tertulis dan melalui jalur khusus (undangan dan penerimaan mahasiswa asing). Saat ini Prodi Pendidikan Bahasa Inggris juga memiliki sejumlah mahasiswa Asing yang mengikuti perkuliahan reguler.

Prodi Bahasa Inggris menyadari bahwa akses untuk pendidikan harus terbuka seluas-luasnya untuk semua lapisan masyarakat. Oleh karena itu, Prodi memfasilitasi mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi dan memiliki prestasi yang baik untuk memperoleh salah satu skema beasiswa yang disediakan universitas maupun pihak swasta. Sejumlah beasiswa yang dapat diraih antara lain: PPA, Djarum, BNI, dll.

Alumni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mayoritas bekerja pada bidang pendidikan baik sebagai guru maupun dosen di institusi pendidikan negeri dan swasta baik dalam maupun luar negeri. Sebagian kecil lulusan memanfaatkan ilmu kependidikan untuk berwirausaha bidang pendidikan atau pada bidang yang terkait dengan pendidikan.

Visi

Menjadi pusat pengembangan pendidikan bahasa Inggris yang unggul di tingkat nasional berdasarkan nilai-nilai luhur budaya nasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bahasa Inggris yang menuntut pengembangan diri dosen dan mendorong kemandirian mahasiswa dalam mengembangkan kompetensinya.
  2. Melaksanakan penelitian yang mengarah pada pengembangan pendidikan bahasa Inggris sesuai dengan paradigma mutakhir.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dalam bidang pendidikan bahasa Inggris.

Fasilitas

Sarana prasarana penunjang pembelajaran di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris meliputi ruang kelas standar dan ruang kelas laboratorium serta ruang micro teaching yang seluruhnya dilengkapi pendingin ruangan dan LCD Projector. Sebuah ruang Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP), English Student Association (ESA), juga tersedia yang sekaligus sering dimanfaatkan untuk study club.

Untuk menunjang sistem pembelajaran tatap muka dan untuk memudahkan administrasi pendidikan, FKIP menyediakan dukungan sistem IT yang handal termasuk untuk Prodi Bahasa Inggris. Sistem IT tersebut mencakup portal untuk dosen, mahasiswa, dan karyawan, e-learning serta ketersediaan jaringan hotspot yang dapat diakses melalui Single Sign On (SSO) hanya dengan melakukan proses otentifikasi satu kali saja dengan menggunakan akun email UNS.

Selain itu, mahasiswa juga dapat menggunakan resource sharing untuk mengembangkan keilmuan mereka. Resouce sharing yang tersedia antara lain, Unit Pelayanan Teknis Pusat Pengembangan dan Pelatihan Bahasa (UPTP2B), Self Access Centre (SAC), dan Perpustakaan Universitas dan Fakultas.

Gedung E FKIP yang merupakan lokasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki posisi strategis karena dekat dengan semua prasarana kampus, antara lain: Masjid Kampu (Nurul Huda), Gereja, Pura, dan Wihara, Medical Centre, Student Centre, serta GOR UNS.

Profil Pengajar

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris seluruhnya memiliki kualifikasi latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang. Saat ini, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memilik 21 dosen yang terdiri dari 16 dosen tetap PNS, 1 dosen tetap CPNS, dan 4 dosen tetap non PNS yang berkualifikasi Profesor, Doktor, Magister, dan banyak diantaranya yang sedang menempuh Pendidikan Doktor baik di dalam maupun luar negeri. Saat ini Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris juga memiliki guru besar pada bidang yang relevan.

Kerjasama

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris membuka kesempatan bekerjasama dengan pihak-pihak lain, khususnya dalam bidang pengembangan profesionalisme guru (dalam bentuk pelatihan dan pengabdian pada masyarakat, serta penyelenggaraan event ilmiah: seminar, workshop, dan konferensi). 

Lapangan Kerja

Lapangan pekerjaan bagi alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris terbuka luas terutama untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik baik di lembaga pendidikan formal maupun non formal. Masa tunggu lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris rata-rata kurang dari tiga bulan.

Mayoritas mahasiswa bahkan telah banyak mendapat tawaran pekerjaan sebagai pengajar bahkan sebelum mereka lulus. Sebagian mahasiswa juga telah mengaplikasikan ilmu kepengajaran Bahasa Inggris di luar negeri.Beberapa alternatif pekerjaan bagi alumni setelah menempuh pendidikan di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

  1. Guru bahasa Inggris di pendidikan formal
  2. Pelatih bahasa di lembaga dan perusahaan
  3. Instruktur bahasa Inggris di pendidikan non-formal
  4. Penerjemah bahasa
  5. Pemandu wisata asing

Alumni

Alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mayoritas bekerja sebagai tenaga pendidik baik guru maupun dosen di institusi negeri dan swasta dalam dan luar negeri. Sejumlah kecil alumni bergerak di bidang non formal dengan berwirausaha.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi Utama lulusan

      Lulusan PSPBIng memiliki kompetensi utama yang terdiri atas: yang meliputi (1) penguasaan bidang studi, (2) pemahaman tentang peserta didik, (3) penguasaan pembelajaran yang mendidik, dan (4) pengembangan kepribadian dan keprofesionalan.

 

Kompetensi Pendukung

            Mata kuliah khusus seperti Language Teaching Management, Language Laboratory Management dan Kewirausahaan sekaligus disajikan    untuk    mengembangkan    kompetensi    pendukung  berupa kompetensi manajerial-bisnis/kewirausahaan. Mata kuliah khusus lain, terutama Cross-culture understanding, English for Specific Purposes (ESP) dan Program Pengalaman Lapangan (PPL) mengembangkan kompetensi lain yang bersifat afektif, seperti perilaku bersopan santun berdisiplin, kepemimpinan dan toleransi sosial. Sedangkan mata kuliah pilihan disajikan untuk mengembangkan kompetensi sesuai dengan minat mahasiswa pengambilnya.

Kompetensi Tambahan

            Lulusan PSPBIng memiliki kompetensi tambahan berupa kompetensi–kompetensi yang dikembangkan melalui mata kuliah pilihan dalam kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya dan kelompok Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB), yang meliputi bidang-bidang penelitian, ketrampilan berbahasa Inggris, dan kesusastraan bahasa Inggris, serta dikembangkan melalui mata kuliah lain. Selain itu, di dalam setiap mata kuliah terkandung hidden curriculum untuk mengembangkan soft skills yang meliputi kepemimpinan, team work, kejujuran, kerja keras, sopan santun, kepercayaan diri, dan sebagainya, serta life skills yang meliputi kemampuan-kemampuan praktis dan strategis sebagai individu.

Prestasi Mahasiswa

Mahasiswa Bahasa Inggris telah berpartisipasi aktif dalam berbagai forum dan kompetesi ilmiah. Mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris berperan aktif sebagai pembicara dalam sejumlah seminar Internasional di manca negara.  Selain itu, banyak forum diskusi, students summit dan exchange tingkat nasional dan internasional yang telah diikuti sejumlah mahasiswa. Sejumlah negara manca yang menjadi pernah menjadi tujuan mahasiswa dalam berbagai forum antara lain: Thailand, Malaysia, Jepang, Rusia, Taiwan, dll

Dalam bidang kompetisi, sejumlah mahasiswa Prodi menorehkan prestasi di bidang penulisan (karya tulis ilmiah) baik pada tingkat regional maupun nasional serta pada forum pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional.  Kompetisi di bidang non akademik seperti olahraga beladiri dan seni vokal juga telah diikuti beberapa mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.Berikut merupakan prestasi yang diraih mahasiswa dalam lima tahun terakhir:

No.

Nama Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan

Tingkat (Lokal, Regional, Nasional, atau Internasional)

Prestasi yang Dicapai

(1)

(2)

(3)

(4)

1

Kejuaraan Antar Mahasiswa Beladiri Kempo se DIY dan Jawa Tengah

Regional

Juara 3

2

Youth Paper Competition Gebyar Indonesia Berkarya 2012

Nasional

Juara 2

3

ASEANpreneurs Business Idea Competition 2013

International / ASEAN

Runner Up 1

4

3rd SSC English Essay Competition 2013

Regional

Juara 2

6

LKTIN ISRF LEPPIM UPI 2013

Nasional

Juara Harapan 2

7

The 6th Annual National Ling Art Essay Competition 2013

Nasional

Juara 1

8

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Lembaga Pers Mahasiswa Solidaritas UIN Sunan Ampel Surabaya 2013

Nasional

Juara 1

9

Lomba Paduan Suara Folklore Tingkat Nasional 2012

Nasional

Juara Harapan 3

10

Biennial Conference of the Comparative Education Society of Asia (CESA)

ASEAN

Presenter

11

International Language for Communication Conference (ILCC) 2013

International

Presenter

12

National English Education Debate (NEED) UMY 2013

Regional

Semifinalis

13

International Conference on Business, Economics, and Social Science (ICBESS) 2013

International

Presenter

14

Speech Contest of Education Fair 2013 LSP FKIP UNS

Lokal

Juara 1

15

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2014

National Essay Competition

Nasional

Juara I

16

USIM Language and Education Conference 2014

Internasional

Presenter

17

Scientific Integrative System for New Acquaintance SISTEMA 2014

Lokal

Pembicara

18

Lomba Essay ”Belajar Merawat Indonesia 3” tahun 2014

Lokal

Juara 1

19

Lomba Mahasiswa Beprestasi FKIP UNS 2014

Lokal

Juara 1

21

National English Competition IV (Writing Competition), Universitas Negeri Medan

Nasional

Juara 2

22

ASEAN Speech Contest

International ASEAN, 2017

 

23

Edcom English Debate Competition UNS (2016)

Lokal UNS

Perempat Final

24

UNISRI Solo English Debate Competition 2016

Lokal Surakarta

Juara 2

25

Lomba Menulis Biografi Puskomda Soloraya 2016

Lokal Surakarta

Juara 1

 



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda