Anda pengunjung ke :
47660744
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi D3

Nama Prodi :D3 Teknik Informatika
Ketua Prodi: ABDUL AZIZ S.Kom., M.Cs.
Website : http://d3ti.mipa.uns.ac.id/
Email : d3ti@mipa.uns.ac.id

Pengantar

Prodi D-3 Teknik Informatika FMIPA Universitas Sebelas Maret bertujuan mengembangkan sistem pendidikan dan kurikulum berbasis kompetensi untuk mengantisipasi kebutuhan lapangan kerja yang professional dan mengantisipasi pesatnya perkembangan teknologi informasi. Program D-3 Teknik Informatika FMIPA Universitas Sebelas Maret didukung dengan sumber daya manusia yang cukup, baik kualitas maupun kuantitas dan dilengkapi sarana dan prasarana yang memadai. Karena itu, Program D-3 Teknik Informatika FMIPA Universitas Sebelas Maret siap mendidik calon-calon tenaga profesional untuk menjadi tenaga terampil di bidang teknologi informasi melalui pendidikan profesional 3 tahun. Program Studi Diploma Teknik Informatika sampai tahun 2012 memiliki perbandingan sebagai berikut : .......

Visi

Menjadi Program Studi yang Unggul dan Mampu Berkiprah Dalam Pendidikan Ahli madya Profesional Bidang Teknologi Informasi  sehingga menjadi andalan nasional dalam memberikan sumbangan pada dunia kerja untuk menghadapi tantangan dan merebut peluang global.

 

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan ahli madya profesional dalam bidang pengembangan teknologi informasi.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan bidang teknologi informasi
  3. Menyelenggarakan kepelatihan bagi pengguna teknologi informasi di masyarakat, instansi pendidikan, dan perusahaan.

Fasilitas

Untuk mendukung proses belajar mengajar, Program D-3 Teknik Informatika FMIPA Universitas Sebelas Maret menyediakan berbagai fasilitas, seperti :
1. Laboratorium Komputasi Dasar;
2. Laboratorium RPL;
3. Laboratorium Pemrograman Dasar;
4. Laboratorium Multimedia;
5. Laboratorium Jaringan Komputer;
6. Laboratorium Jaringan Komputer Lanjut;
7. Laboratorium Trouble Shooting;
8. Laboratorium Mikrokontroler;
9. Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi;
10. Laboratorium Sertifikasi;
11. Kerja sama dengan UPT Pusat Komputer;
12. Perpustakaan FMIPA dan Pusat;
13. Internet melalui hotspot area;
14. Musala;
15. Sertifikasi TOEIC;
16. Sertifikasi ORACLE; dan
17. Sertifikasi CISCO.

Profil Pengajar

Prodi D-3 Teknik Informatika FMIPA Universitas Sebelas Maret didukung tenaga pengajar yang profesional dan berpengalaman dengan jumlah dan kualifikasi pendidikan yang cukup memadai. Kualifikasi pendidikan tenaga pengajar berasal lulusan S-1, S-2 dan S-3 perguruan tinggi dalam negeri (ITB, UI, UGM, ITS, STT Telkom) dan luar negeri (Australia, Inggris, Kanada).

Kerjasama

Prodi D-3 Teknik Informatika FMIPA Universitas Sebelas Maret telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, antara lain:

(1) PT Invision Astrindo Pratama Jakarta; (2) DISOLO.BIZ; (3) DPPKA Surakarta; (4) SD Negeri 4 JATEN; (5) Translaticlab; (6) Telkom Purworejo;

(7) SMA Negeri 1 Sukoharjo; (8) SMA Negeri 3 Pati; (9) Badan Pusat Statistik Surakarta; (10) PT Data Energy Infomedia Surakarta; 

(11) SMP Negeri 2 Jekulo Kudus; (12) SMP Negeri 17 Surakarta; (13) Webdistro; (14) RS. Ortopedi; (15) Monumen Pers Nasional Surakarta;

(16) PT. Smartlink Global Media; (17) RS Panti Waluyo Surakarta; (18) SMKIT Smart Informatika Surakarta; (19) Lembaga Studi Desain;

(20) PTINKA Madiun; (21) ICT FKIP Universitas Sebelas Mret; (22) ISI Surakarta; dan sebagainya. 

Lapangan Kerja

Lapangan perkerjaan untuk lulusan Prodi D-3 Teknik Informatika FMIPA Universitas Sebelas Maret di antaranya adalah:

  1. Administrator Jaringan, seseorang yang mampu melakukan instalasi, konfigurasi, pemeliharaan, dan optimasi infrastruktur jaringan, atau sebagai system admin yang mampu melakukan instalasi, konfigurasi, pemeliharaan, dan optimasi sistem operasi baik client maupun server.
  2. Administrator Basisdata, seseorang yang memiliki kemampuan untuk merancang, membuat, konfigurasi, pemeliharaan, dan optimasi sistem basisdata untuk sebuah aplikasi.
  3. Aplication programmer, seseorang yang memiliki kemampuan mendesain, menulis kode program, dan testing untuk membangun aplikasi berbasis software.
  4. Application Desainer, seseorang yang memiliki kemampuan menganalisis masalah bisnis, menuangkan dalam desain software serta melakukan studi kelayakan sebuah aplikasi
  5. Game Desainer, seseorang yang memiliki kemampuan untuk menganalisis dan merancang aplikasi game atau berbasis mobile
  6. Game Programmer, seseorang yang memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan rancangan game/aplikasi mobile dengan menggunakan bahasa pengembangan untuk game atau aplikasi mobile.

Alumni

Alumni Prodi D-3 Teknik Informatika FMIPA Universitas Sebelas Maret telah tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan, beberapa alumni ada yang melanjutkan studi dan bekerja di luar negeri.

Kompetensi Lulusan

“Lulusan program studi D3 Teknik Informatika FMIPA UNS adalah seseorang yang memilki kemampuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi teknologi informasi dan multimedia, mengelola sistem basis data, mengelola sistem jaringan komputer dengan berlandaskan budaya kerja kreativitas, kerjasama, inisiatif, integritas dan keluwesan.”

Prestasi Mahasiswa

Prestasi yang diraih mahasiswa Prodi D-3 Teknik Informatika FMIPA Universitas Sebelas Maret, antara lain: (1) 10 Proposal PKM didanai 2011; (2) 29 Proposal PKM DIdanai 2012; (3) 1 judul lolos PIMNAS 2012; (4) 1 judul lolos PIMNAS 2013; (5) Medali perunggu PIMNAS 2013; dan (6) Juara 4 INAICTA tahun 2012.



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda