Anda pengunjung ke :
47660743
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi D3

Nama Prodi :D3 Perpustakaan
Ketua Prodi: Drs. Haryanto, M.Lib
Website : -
Email : bmaryanto@yahoo.com

Pengantar

Program Studi D-3 Ilmu Perpustakaan Fisip UNS diselenggarakan sebagai manifestasi keprihatinan Fisip UNS atas kondisi perpustakaan pendidikan dan perpustakaan umum yang ada di Indonesia, utamanya berkaitan dengan langkanya tenaga terampil yang tersedia. Pada sisi lain, lembaga pendidikan tinggi yang seharusnya bertindak sebagai \\\\\\\"penyedia\\\\\\\" tenaga tersebut masih sangat terbatas.

Fisip UNS berusaha mengisi kekosongan tersebut dengan menyelenggarakan program pendidikan ilmu perpustakaan berjenjang D-3. Ini merupakan pilihan jangka pendek, yaitu menyediakan tenaga terampil bidang perpustakaan dalam waktu yang relatif singkat (dibandingkan jenjang S1), agar kebutuhan tenaga kerja bidang keperpustakaan segera terisi, yang pada gilirannya akan mampu meningkatkan layanan perpustakaan sebagaimana fungsi yang sebenarnya.

Program pendidikan ini, diharapkan tidak hanya berhenti pada jenjang D-3 saja, akan tetapi akan dikembangkan sampai tingkat S-1 dan program pasca sarjana. Ini menjadi program pengembangan jangka panjang, dengan tujuan utama membantu mengembangkan perpustakaan pendidikan maupun perpustakaan umum agar mampu menjadi pusat-pusat dokumentasi ilmiah dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Visi

Mengembangkan Program Studi menjadi Satuan Pendidikan yang profesional di bidang perpustakaan dan sekaligus sebagai pusat pengumpulan, pengelolaan dan penyajian informasi bagi akselerasi pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi menuju UNS World Class University

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam rangka menciptakan lulusan yang memiliki wawasan dan kompetensi di bidang pengelolaan dokumentasi berbasis information technology 2. Menyelenggarakan pengkajian bidang pengelolaan informasi dan dokumentasi berbasis Information Technology yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan masyarakat umum 3. Menyelengarakan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat untuk meningkatkan wawasan kemandirian dan daya saiing masyarakat di bidang pengelolaan informasi dan dokumentasi berbasis information technology 4. Mengembangkan pusat dokumentasi dan informasi bagi kepentingan lembaga dan jasa konsultasi.

Fasilitas

Didorong atas kesadaran untuk menciptakan tenaga terampil dan profesional di bidangnya, Program Pendidikan D-3 Ilmu Perpustakaan Fisip UNS dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang, diantaranya adalah:

  1. Laboratoorium jaringan: dengan kapasitas 25 mahasiswa
  2. Laboratorium Bibliografi dan preservasi: dengan kapasitas 30 mahasiswa
  3. Laboratorium komputer: dengan kapasitas 40 mahasiswa
  4. HotSpot: bisa diakses dari selasar di loingkugan Fisip UNS

Profil Pengajar

Sesuai dengan tujuan penyelenggaraan pendidikan ini, yaitu menghasilkan tenaga terampil dan profesional yang siap pakai, maka semua tenaga pengajar yang bertanggung jawab atas kompetensi dasar/utama bidang perpustakaan diambilkan dari para praktisi yang sudah berpengalaman, yang hampir semuanya sudah menyandang gelar s-2 atau magister.

Secara keseluruhan tenaga pengajar yang membantu proses belajar-mengajar pada program pendidikan D-3 Ilmu Perpustakaan Fisip UNS ada sebayak 32 orang dan 80% diantaranya sudah atau sedang menyelesaikan jenjang pendidikan S-2 atau magister.

Kerjasama

Untuk menunjang kelancaran proses belajar-mengajar, Program Pendidikan D-3 Ilmu Perpustakaan Fisip UNS, bekerjasama dengan berbagai pihak, diantaranya adalah:

  1. Program Diploma III Manajemen Informasi dan Dokumen, UI Jakarta.
  2. Universitas Pekalongan
  3. Indonesia-Korea ICT Training Center, Cikarang, Bekasi
  4. STAIN Surakarta
  5. ISI Surakarta
  6. STIE Wijaya Mulya Surakarta
  7. The University of Newcastle, Australia (tingkat universitas)
  8. Curtin University of Technology, Perth Western, Australia (Tingkat Universitas)
  9. University Technology Malaysia (tingkat universitas)

Lapangan Kerja

Dari hasil pemantauan Program Studi (:melalui tracer study), mayoritas alumni (95%) bekerja di lembaga perpustakaan baik diperpustakaan daerah, perpustakaan perguruan tinggi maupun di perpustakaan sekolah.

Dengan dikembangkannya kurikulum baru (kurikulum 2012) lulusan D-3 Ilmu Perpustakaan Fisip UNS diharapkan mampu merambah ke departemen lain selain perpustakaan, utamanya ke SKPD yang bertanggung jawab atas layanan informasi publik. Ini sejalan dengan diberlakukannya Undang Undang Keterbukaan Informasi publik; dimana semua SKDP di Indonesia membutuhkan operator: pengumpul, pengolah, penyaji dan pelayanan informasi, baik untuk keperluan arip dan dokumentasi maupun untuk keperluan layanan publik.

Dengan demikian lapangan pekerjaanutama alumni D-3 ini tidak hanya terbatas di lembaga perpustakaan saja tetapi juga lembaga lain yang berkaitan dengan layanan informasi (ke) publik.

Sampai dengan tahun 2012, kebanyakan alumni

Alumni

Program Pendidikan D-3 Ilmu Perpustakaan sudah menghasilkan 390 alumni/lulusan, yang bekerja di berbagai instansi swasta maupun pemerintah. Mayoritas alumni bekerja di lembaga perpustakaan. Prestasi terbagus yang pernah dicapai oleh alumni adalah sebagai kepala perpustakaan daerah di Banjarmasin, Kalimantan Timur. Ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan.

Rata-rata alumni bisa mendapatkan pekerjaan dalam waktu kurag dari 3 bulan. Bahkan banyak yang mendapatkan pekerjaan sebelum mendapatkan gelar AMd.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi Utama:

Alumni D-3 Ilmu Perpustakaan Fisip UNS harus mampu melakukan:

  1. Klafisikasi koleksi perpustakaan
  2. Katalogisasi koleksi perpustakaan
  3. membuat tajuk dan subyek koleksi perpustakaan
  4. membuat indeks dan abstrak koleksi perpustakaan

Kompetensi Penunjang:

Selain kompetensi utama tersebut, lulusan D-3 Ilmu Perpustakaan juga dibekali kemampuan/ketrampilan bidang:

  1. design grafis
  2. jaringan komputer
  3. web design

 

Prestasi Mahasiswa

Sekalipun belum banyak prestasi mahasiswa di tingkat nasional, namun kepedulian mereka terhadap kondisi lingkungan patut dibanggakan. Kepedulian mereka terhadap lingkungan tercermin dalam kesediaan mereka dalam membantu membenahi dan mengembangkan perpustakaan sekolah dasar yang ada di Solo dan sekitarnya.

Ini merupakan aktivitas independen mahasiswa. Artinya mahasiswa mempunyai inisiatif sendiri, mencari pengalaman dengan menjadi volunteer atau sukarelawan. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh mahasiswa selepas semester 3.



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda