Anda pengunjung ke :
47660756
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi D3

Nama Prodi :D3 Bahasa Inggris
Ketua Prodi: Agus D. Priyanto, MCALL
Website : http://fib.uns.ac.id/program-studi/d3-bahasa-inggris/
Email : d3inggris@mail.uns.ac.id

Pengantar

Program D3 Bahasa Inggris merupakan pilihan tepat bagi generasi muda yang bervisi jauh ke depan, yang tidak ingin gagap berkomunikasi dengan siapapun. Lebih dari dua miliar orang berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris. Karena itu, Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional, bahkan menjadi bahasa pergaulan. Lebih dari separoh konten yang tersedia di internet menggunakan bahasa Inggris. Bukan banya itu, bahasa Inggris juga menjadi bahasa paling dominan di dunia bisnis internasional. Fakta-fakta inilah yang mendorong Program Studi D3 Bahasa Inggris terus berupaya menyajikan pendidikan bahasa Inggris yang mudah dan menyenangkan; sehingga lulusan kami akan mampu memenangkan persaingan global.

Aktif sejak tahun 1999, Program Studi D3 Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Budaya UNS mendapatkan akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Program ini telah berhasil mencetak tenaga profesional yang mahir berkomunikasi berbahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan. Mahasiswa dididik dan dilatih untuk menguasai dasar seperti speaking, reading, listening, maupun writing. Untuk memenangkan persaingan global, mahasiswa juga dibekali dengan English for Specific Purposes, seperti misalnya English for Business, English for Public Relations, English for Journalism, English for Tourism. Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan porsi lebih untuk melatih kemampuan mereka dalam menerjemahkan, baik secara tertulis maupun secara lisan (interpreting).

Visi

Pada tahun 2023 menjadi institusi utama (center of excellence) dalam pendidikan profesional di bidang bahasa Inggris untuk mendukung manajemen pemerintahan dan bisnis, baik di tingkat nasional maupun internasional berdasarkan nilai-nilai luhur budaya bangsa.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran profesional ahli madya yang kompeten dalam bidang Bahasa Inggris untuk mendukung manajemen pemerintahan dan bisnis, terutama melalui ketrampilan penerjemahan  dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia,
  2. Menyelenggarakan dan menyebarluaskan hasil penelitian terapan dalam bidang Bahasa Inggris, untuk mendukung manajemen pemerintahan dan bisnis, terutama dalam bidang ilmu penerjemahan dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia,
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pemberdayaan masyarakat dalam bidang Bahasa Inggris untuk mendukung manajemen pemerintahan dan bisnis, dengan fokus utama pada ketrampilan penerjemahan dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia

Fasilitas

FASILITAS FISIK

Prodi D3 Bahasa Inggris memiliki fasilitas yang lengkap. Ada empat gedung, tiga diantaranya adalah gedung kuliah berlantai tiga dan satu gedung berlantai empat. 

Setiap ruang kuliah dilengkapi dengan white board, komputer, dan LCD projektor.

Terdapat beberapa perpustakaan, diantaranya Perpustakaan Pusat UNS, ILC (Independent Learning Center), SLC (Self Learning Center) dan SAC (Self Access Center) yang menyediakan buku-buku dan berbagai materi pembelajaran terutama bahasa Inggris yang dilengkapi dengan pendingin ruangan.

Disamping itu, di seluruh wilayah Fakultas Ilmu Budaya dan Universitas Sebelas Maret terdapat fasilitas Wifi atau hot spot yang bisa diakses oleh mahasiswa dan dosen dengan menggunakan password.

Fasilitas penunjang lainnya adalah UNS Medical Center yang bisa dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa UNS untuk berobat jalan. Fasilitas perbankan berupa ATM dari beberapa bank ternama serta kantor cabang beberapa bank di dalam kompleks kampus UNS.

Untuk menunjang kelengkapan bisnis dan kebutuhan dosen dan mahasiswa, juga terdapat toko swalayan milik KPRI UNS dan Koperasi Mahasiswa (KOPMA).

Selain itu masih banyak resource center yang bisa diakses secara sharing oleh mahasiswa dan dosen.

FASILITAS NON-FISIK

Selain fasilitas fisik, Prodi D3 Bahasa Inggris juga menyediakan fasilitas non-fisik yang berupa bimbingan dan konseling oleh dosen Pembimbing Akademik (PA) yang bisa dilakukan setiap waktu (dalam jam kerja) atas permintaan mahasiswa atau kesepakatan antara mahasiswa dan dosen pembimbing akademik.

Profil Pengajar

Staf pengajar prodi D3 Bahasa Inggris terdiri dari 32 orang dosen tetap yang bidang keilmuannya satu bidang dengan prodi, yang mayoritas merupakan lulusan dari perguruan tinggi di luar negeri, yakni Amerika Serikat, Inggris, Belanda dan Australia.

Dari 32 orang tersebut 3 diantaranya adalah Guru Besar atau profesor. Sepuluh orang bergelar doktor dan 22 orang bergelar master atau magister yang 5 diantaranya sedang menempuh atau menyelesaikan program doktor di dalam dan luar negeri.

Selain staff pengajar tetap yang bidang keilmuannya sebidang dengan prodi, masih ada beberapa orang dosen tetap yang bidang keilmuannya tidak sebidang. Mereka adalah dosen tetap dari luar prodi D3 Bahasa Inggris yang berasal dari satu fakultas, luar fakultas dan luar UNS, baik dosen maupun praktisi.

Kerjasama

Program D3 Bahasa Inggris telah menjalin kerjasama secara tertulis (MOU) dan tidak tertulis dengan beberapa instansi, baik negeri maupun pemeintah, lembaga pendidikan, perguruan tinggi dan perusahaan, diantaranya:

  1. Hong Kong Polytechnic, Hong Kong
  2. The Body Shop Jakarta
  3. Universitas Sahid Surakarta
  4. Pemkot Surakarta
  5. PT Danar Hadi Solo
  6. PT Telkom Kandatel Surakarta
  7. RSUD dr. Moewardi Surakarta
  8. RS dr. Oen Kandang Sapi Surakarta
  9. RS Islam Yarsis Surakarta
  10. RSUD Kartini, Karanganyar
  11. Dinas Pariwisata Surakarta
  12. Dinas Pariwisata Karanganyar
  13. PT Aksara Solopos
  14. Berbagai Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di wilayah eks Karesidenan Surakarta
  15. Dinas Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga Kabupaten Pacitan
  16. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Surakarta
  17. Pasar Triwindu Surakarta
  18. Transbahasa Malang
  19. Radio Republik Indonesia Surakarta
  20. Taman Satwa Taru Jurug Surakarta
  21. Museum Sangiran Sragen
  22. Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta

Lapangan Kerja

Lulusan Program Studi D3 Bahasa Inggris sudah tersebar di berbagai lapangan kerja. Rata-rata, alumni hanya membutuhkan waktu 2-3 bulan untuk mendapatkan pekerjaan pertama dengan gaji pokok rata-rata 150% – 200% dari Upah Minimum Regional (UMR). Beberapa profesi yang digeluti alumni adalah:

  1. Penerjemah.
    Ini adalah profesi yang paling banyak digeluti alumni. Lulusan Program Studi D3 Bahasa Inggris sudah mampu mengalih-bahasakan teks tulis maupun lisan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, maupun sebaliknya. Selain itu, lulusan Program Studi D3 Bahasa Inggris juga mampu menerjemahkan film (subtitling).
  2. Copywriter
    Copywriter adalah ahli menyusun draft, menulis, menyunting berbagai teks berbahasa Inggris untuk tujuan promosi bisnis. Copywriter banyak dibutuhkan oleh lembaga-lembaga penyedia jasa informasi dan promosi.
  3. Editor
    Program Studi D3 Bahasa Inggris juga menyiapkan lulusan agar siap menjadi editor, yaitu seseorang yang mampu menyunting berbagai jenis teks asli maupun teks terjemahan, baik berbahasa Indonesia maupun bahasa Inggris

Alumni

Secara umum, alumni prodi D3 Bahasa Inggris mempunyai kecakapan dalam menggunakan bahasa Inggris baik secara tulis maupun lisan. Selain itu mereka juga dibekali keahlian menggunakan bahasa Inggris untuk tiga bidang utama, yakni teaching, public relations, tourism dan translation. Adapun mulai tahun 2014 prodi D3 Bahasa Inggris hanya akan berkonsentrasi pada satu ranah saja yaitu translation.

Kompetensi Lulusan

  1. Memiliki pengetahuan penerjemahan terutama dari Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia di bidang industri dan bisnis tingkat nasional dan internasional.
  2. Mempunyai pengetahuan ruang lingkup dunia kerja bidang industri dan bisnis tingkat nasional dan internasional.
  3. Memiliki keterampilan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris di bidang industri dan bisnis tingkat nasional dan internasional.
  4. Memiliki keterampilan menerjemahkan teks di bidang industri dan bisnis terutama dari Bahasa Inggris kedalam Bahasa Indonesia.
  5. Memiliki sikap profesional berdasarkan moralitas dan nilai luhur budaya bangsa.

Prestasi Mahasiswa

Berikut ini adalah beberapa prestasi mahasiswa Program Studi D3 Bahasa Inggris: 

1. Juara I Mahasiswa Berprestasi Tingkat Fakultas Ilmu Budaya (2016, 2017)

2. Juara II Mahasiswa Berprestasi TIngkat Universitas (2017)

3. Juara I Kompetisi Penerjemahan Film (2016)

4. Juara I Kompetisi Disain Brosur Wisata Berbahasa Inggris (2016)

5. Juara I Kompetisi Pembuatan Video Promosi Wisata Berbahasa Inggris (2016)

 



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda