Anda pengunjung ke :
47660738
Sejak 26 Nop 2008
 
 

Profil Program Studi D3

Nama Prodi :D3 Bahasa Mandarin
Ketua Prodi: Siti Muslifah, S.S., M.Hum.
Website : http://fib.uns.ac.id
Email : uns.d3mandarin@gmail.com

Pengantar

Program pembelajaran Vokasi DIII Bahasa Mandarin menitikberatkan pada ketrampilan dan ketangkasan mahasiswa dalam 4 kompetisi utama, yaitu : Menyimak, Berbicara, Membaca, dan Menulis. Keahlian umum meliputi kemampuan menggunakan Bahasa Mandarin baik secara lisan maupun tulisan, aktif maupun pasif. Keahlian khusus merupakan target dari konsentrasi yang ditawarkan oleh program studi yang meliputi:

  1. Bahasa Mandarin untuk Dunia Usaha (Bussiness)
  2. Bahasa Mandarin untuk Kehumasan (Public Relation)
  3. Bahasa Mandarin untuk Pariwisata (Guiding)
  4. Bahasa Mandarin untuk Pengajaran (Teaching)

Demi menjamin kualitas mutu lulusan sebagai salah satu persiapan memasuki dunia kerja Program Vokasi DIII Bahasa Mandarin mewajibkan mahasiswa untuk mengikuti dan lolos Ujian Kemahiran Bahasa Mandarin HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi) Level 3 dan Ujian Kemahiran Berbicara Bahasa Mandarin HSKK (Hanyu Shuiping Kouyu Kaoshi) Level Dasar.

Desain kurikulum disempurnakan atas masukan dari calon pengguna alumni (pengusaha, praktisi bisnis dan pelaku wisata), pengajar, mahasiswa, alumni dan pakar bahasa asing lainnya, sehingga mampu mendidik dan menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan  dan kompetensi Bahasa Mandarin, yang bisa bekerja baik secara mandiri maupun bekerja dalam tim.

Visi

Visi Prodi DIII Bahasa Mandarin :

Menjadi prodi yang maju dan berkualitas serta mampu bersaing dalam keterampilan bahasa Mandarin baik tulis maupun lisan pada bidang dunia usaha (business), kehumasan (public relation), kepariwisataan (guiding), pengajaran (teaching) pada tahun 2018.

 

Misi

Misi Prodi DIII Bahasa Mandarin :

1. Menyelenggarakan pendidikan profesional untuk menghasilkan tenaga Ahli Madya yang kompeten dalam bidang Bahasa Mandarin.

2. Menyelenggarakan penelitian yang menitikberatkan pada kompetensi di bidang Bahasa Mandarin.

3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat di bidang Bahasa Mandarin yang mampu beradaptasi dengan perkembangan kemajuan zaman dan sesuai kebutuhan di masyarakat.

Fasilitas

Sarana dan prasarana untuk Proses Belajar Mengajar cukup memadai dan lengkap dengan  ruang laboratorium komputer, laboratorium bahasa,  perpustakaan pusat, hotspot area, didukung UNS sebagai Green Campus . Sarana dan Prasarana yang selama ini digunakan adalah dengan cara sharring dengan prodi/ jurusan lain di fakultas dan universitas, juga ditunjang oleh SDM Dosen yang profesional lulusan universitas-universitas ternama di Tiongkok, serta mendatangkan praktisi, pakar ahli/ native speaker dari Tiongkok.

Profil Pengajar

Pengajar adalah tenaga ahli yang profesional di bidang bahasa Mandarin lulusan S2 dari Universitas-Universitas ternama di Tiongkok, Praktisi Bisnis dari alumni dan Stakeholder, serta mendatangkan pakar ahli/ native speaker dari Universitas di Tiongkok yang telah bekerja sama dengan Prodi DIII Bahasa Mandarin sejak awal prodi ini didirikan.

Kerjasama

Program Studi DIII Bahasa Mandarin FIB UNS telah menjalin kerjasama dengan Asosiasi Prodi Bahasa Mandarin se-Indonesia (APSMI) dan Universitas-Universitas ternama di Tiongkok di antaranya yaitu :

1. Jinan University, Guangzhou
2. Guangdong University of Foreign Studies, Guangzhou
3. Huaqiao University, Xiamen
dalam bentuk kerjasama penelitian bahasa dan budaya, beasiswa pertukaran mahasiswa maupun staf pengajar.
Selain itu juga telah dirintis kerjasama dengan Universitas-Universitas dalam negeri yang menyelenggarakan Program Studi Bahasa Mandarin yang tergabung dalam APSMI, seperti Universitas Indonesia, Universitas Maranatha, Universitas Kristen Petra, Universitas Machung, dll, serta beberapa sekolah di sekitar wilayah Solo Raya yang memiliki mata pelajaran bahasa Mandarin.

Prodi ini juga didukung oleh Perkumpulan Masyarakat Tionghoa di Solo, seperti HooHap. Prodi DIII Bahasa Mandarin dibawah payung kerjasama Universitas Sebelas Maret bekerja sama dengan instansi pemerintahan, di antaranya : Pemkot Solo, Kementerian Hukum dan HAM, dan Kementerian Pariwisata.

 

Lapangan Kerja

Prospek lapangan kerja bagi lulusan Program Studi DIII Bahasa Mandarin meliputi :

1. Penerjemah/ Interpreter Bahasa Mandarin;

2. Guru/ Pengajar Bahasa Mandarin;

3. Guide/ Pemandu Wisata Bahasa Mandarin;

4. Penyiar/ Presenter Radio/ TV;

5. Wirausaha;

6. Public Relations baik Pemda maupun Swasta;

7. Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Swasta;

8. Pegawai Perusahaan Nasional dan Internasional;

9. Pekerjaan yang memerlukan keahlian Bahasa Mandarin.


 

 

Alumni

Alumni Program Studi DII Bahasa Mandarin FIB UNS sudah tersebar di berbagai instansi baik pemerintah pusat, pemda maupun perusahaan swasta. Para Alumni tergabung dalam organisasi KAFIB (Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Budaya) yang dibentuk pada 2015 yang sampai saat ini diketuai oleh salah satu alumni yang telah bekerja sebagai anggota TNI AU aktif.

KAFIB dibentuk untuk mewadahi seluruh alumni DIII Bahasa Mandarin untuk meningkatkan jalinan komunikasi serta  memberikan kontribusi bagi program studi dalam hal beasiswa, lowongan kerja, informasi akademik, maupun masukan bagi perbaikan kurikulum pembelajaran bahasa Mandarin.

Kompetensi Lulusan

Lulusan DIII Bahasa Mandarin UNS memiliki prospek lulusan yang sangat menjanjikan di berbagai bidang. Banyak perusahaan level nasional maupun internasional yang membutuhkan keahlian Bahasa Mandarin khususnya dalam bidang penerjemahaan. Perusahaan multinasional yang sudah menjadi link Prodi DIII Bahasa Mandarin di antaranya : PT. TPS Food, PT. Gemopia, PT. Kiky Solo Murni, PT. Delta Merlin, dll. Berbagai permintaan lulusan ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan ternama ke pihak Prodi, seperti PT. Krakatau Steel dan PT. Garuda Indonesia. Serta bidang-bidang lain seperti industri pariwisata dan bisnis memberikan prospek cerah untuk lulusan prodi ini.

Kompetensi Bahasa Mandarin diukur dengan sertifikasi Ujian Kemahiran Bahasa Mandarin HSK dan HSKK.
Kompetensi Bahasa Inggris melalui sertifikasi Ujian TOEIC.
Selain itu lulusan Program Studi DIII Bahasa Mandarin juga dibekali dengan kemampuan Sempoa, Kewirausahaan, pengetahuan ekspor-impor, Advanched Motivation Training (AMT) dan Sertifikasi papikostik.

Prestasi Mahasiswa

Mahasiswa Program Studi DIII Bahasa Mandarin sering berkompetisi dalam berbagai lomba dan mendapat beberapa prestasi yang membanggakan diantaranya :

1. Peringkat terbaik Ujian HSK 2012 wilayah Solo Raya;

2. Juara II Kejuaraan Wushu PORDA Jateng;

3. Juara I Mengarang Bahasa Mandarin pada "Ma Chung Chinese Culture Festival" di Universitas Ma Chung tahun 2013;

4. Juara I dan III Lomba Ketangkasan Bahasa Mandarin tingkat Jawa Tengah di Universitas Jenderal Soedirman tahun 2012;

5. Juara III Lomba Ketangkasan Bahasa Mandarin tingkat Jawa Tengah di Universitas Negeri Semarang tahun 2015 ;

6. Juara II Lomba Ketangkasan Bahasa Mandarin tingkat Jawa Tengah di Universitas Sebelas Maret tahun 2016;

7. Juara III Lomba Ketangkasan Bahasa Mandarin tingkat Jawa Tengah di Universitas Jenderal Soedirman tahun 2017;

8. Beasiswa Mahasiswa ke Huaqiao University, Xiamen Tiongkok atas nama Tessa Lukmaniar dan Dara Aisyiah tahun 2015;

9. Beasiswa Mahasiswa ke Youshi Shifan Xuexiao, Guangzhou Tiongkok atas nama Gayus Pambudi tahun 2016;

serta berbagai prestasi membanggakan lainnya.



 

 



Peta Lokasi

 

 


 
13-03-2017 , 11:00:10
Pengunduran Jadwal SPMB PMDK 2017

Selengkapnya >>


22-02-2017 , 11:22:33
Ketentuan Khusus Bagi Peserta SNMPTN yang memilih Program Studi di UNS

Selengkapnya >>


27-01-2017 , 10:56:02
Informasi Penerimaan SPMB Program Vokasi UNS Tahun 2017

Selengkapnya >>


16-01-2017 , 09:51:45
Informasi dan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

Selengkapnya >>


 
Copyright©2008 spmb.uns.ac.id Terima kasih atas kunjungan anda